‚Č° Menu

Tamron menyiapkan 3 lensa baru, akan rilis tahun ini

Produsen lensa asal Jepang yaitu Tamron menyatakan tengah mempersiapkan tiga lensa baru, dengan cakupan bidang gambar full frame (diberi kode Di). Dua diantaranya untuk DSLR (Canon dan Nikon) serta satu lagi untuk Sony E mount mirrorless.

Lensa yang pertama adalah lensa Tamron 35-150mm f/2.8-4 Di VC OSD, sebuah lensa serbaguna yang diklaim sebagai ‘compact portrait lens‘ yang punya bukaan besar f/2.8 di 35mm dan tetap bisa mempertahankan bukaan maksimal f/4 hingga fokal terpanjang 150mm. Bagi yang punya DSLR APS-C, lensa ini juga menarik karena bisa dianggap setara dengan lensa 50-200mm, yang menjadi lensa tele dengan kemampuan bukaan maksimal f/2.8-f/4 yang tentunya lebih berguna daripada lensa lain dengan bukaan f/5.6 (unggul satu stop).

Lensa kedua adalah lensa Tamron SP 35mm f/1.4 Di USD, lensa berkode SP menunjukkan kualitas tertinggi, dan fokal fix 35mm akan disukai di full frame, meski boleh juga dipasang di APS-C menjadi 50mm f/1.4 yang juga berguna di low light atau untuk bokeh yang menawan. Lensa ini akan menghadapi persaingan ketat di pasaran karena fokal 35mm f/1.4 memang sudah banyak dibuat oleh berbagai pihak, meski hal ini berdampak positif bagi konsumen karena akan memperbanyak pilihan.

Lensa ketiga adalah lensa khusus mirrorless, dalam hal ini lensa ultra lebar untuk Sony E mount yaitu Tamron 17-28mm f/2.8 Di III RXD yang berukuran kecil (filter 67mm), tapi punya bukaan besar f/2.8 sehingga akan menjadi pilihan menarik buat low light landscape seperti foto milky way. Sebelumnya Tamron sudah sukses membuat lensa untuk mirrorless E-mount yaitu 28-75mm f/2.8 Di III yang artinya kedua lensa ini akan saling melengkapi dan tidak ada overlap dalam rentang fokal.

Tamron terlihat mulai menunjukkan strategi produksi lensa ke depan adalah menjaga market di segmen DSLR sambil mulai perlahan masuk ke kancah lensa mirrorless. Pilihan fokal lensa yang dibuat juga menarik, misal 35-150mm ini tidak ada padanannya di merk lain dan akan disukai oleh pengguna full frame maupun APS-C, dan bahkan bisa diadaptasi oleh pengguna mirrorless dengan tambahan adapter. Lalu lensa 35mm f/1.4 menunjukkan kemampuan Tamron membuat lensa berkualitas tinggi, serta lensa wide 17-28mm f/2.8 untuk E-mount ini menjadi angin segar bagi pemilik Sony yang merasa sulit mencari lensa berkualitas dengan harga terjangkau.

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 1 comment… add one }
  • Andri February 28, 2019, 8:59 am

    agak ragu pake lensa tamron. dlu pernah beli dipake di body nikon. kadang udah disetting f nya angka besar tp pas foto hasilnya over. semacem diafragmanya ga menyempit sesuai settingan yg udah diatur. 3x bawa di service sama aja. aplg kjadianya ga slalu muncul, kadang baik2 aj

Leave a Comment