≡ Menu

Youtube : Lima alasan untuk memilih sistem Canon

Belum lama ini sudah dipost ke Youtube infofotografi sebuah video pendek berisi bincang-bincang dengan mas Erwin mengenai alasan untuk memilih sistem Canon, dan dijawab kalau alasan yang ada bisa jadi subyektif maupun obyektif. Berikut rangkumannya :

Alasan 1 (Subyektif)

Karena ergonomi, tata letak tombol, roda dan grip yang lebih enak dirasakan saat menggenggam kamera DSLR Canon.

Alasan 2 (obyektif)

Dual Pixel AF, yang kebetulan ditemui pertama kali di 70D. Fitur ini membuat perubahan besar kala itu, dengan menjadikan kamera DSLR saat mode live view menjadi cepat dan akurat saat mencari fokus (baik foto maupun video). Dipadukan dengan lensa STM membuat Dual Pixel AF ini makin mantap dan tidak bersuara.

Alasan 3 (obyektif)

Banyak pilihan lensa, baik dari Canon maupun pihak ketiga. Canon sendiri menyediakan berbagai lensa ekonomis yang punya value tinggi seperti lensa EF-S dengan motor STM. Misal lensa EF-S 10-18mm, EF-S 24mm dan EF 50mm f/1.8.

Alasan 4 (subyektif)

Suka dengan warna Canon, sehingga dalam banyak keadaan cukup mengandalkan pakai JPG sudah ‘enak’ warnanya. Fitur Auto WB juga bisa diandalkan untuk mendapatkan warna yang akurat khususnya dalam mereproduksi skintone.

Alasan 5 (obyektif)

Fitur flash yang lengkap, terintergasi melalui menu kamera, sehingga memudahkan saat mengganti setting flash tanpa harus menyentuh tombol di flash eksternal. Lagipula kompatibilas Canon dengan flash pihak ketiga seperti Godox juga termasuk baik, bahkan dicoba di EOS mirrorless juga bisa.

Disini tampak layar LCD Canon 70D menampilkan semua setting yang bisa dilakukan di trigger Godox. Padahal 70D termasuk kamera lama, sedangkan trigger Godox ini termasuk baru.

Baiklah, berikut adalah videonya, selamat menyaksikan…

 

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+

{ 4 comments… add one }
  • Way May 12, 2019, 7:41 pm

    Malam, mau minta pendapat. Sekarang saya pakai canon eos 7d dg lensa canon 17-55 f2.8 dan canon 50 f1.4. Rencana mau pindah k mirrorless. Tujuan penggunaan untuk dokumentasi travelling aja. Kira2 rekomendasi kamera yg bagus apa? Budget 20an. Terimakasih

    • Enche Tjin May 13, 2019, 11:53 am

      Di merk Canon atau yang lain? Kalau Canon ada mirrorless Canon M50, dengan adaptor bisa pasang lensa 50mm.

      • way May 13, 2019, 4:41 pm

        g harus merk canon. rencana DSLR nya mau tak lepas, lumayan buat nambah2 budget

Leave a Comment