≡ Menu

Kamera Terbaik 2019

Di penghuhung tahun 2019 ini seperti biasanya kami akan membuat daftar kamera terbaik tahun ini, untuk masing-masing kelas. Pemilihan kamera terbaik didasarkan pada dua kategori yaitu terbaik secara fitur, peningkatan atau inovasi yang bermanfaat; dan kategori kedua lebih kepada best buy atau produk yang paling seimbang antara harga jual dan spesifikasinya.

Entry level

Di kelompok pemula, atau biasa disebut entry level, setiap produk dirancang untuk kemudahan pemakaian dan harga yang lebih terjangkau. Karena teknologi terus meningkat, kabar baiknya di kelas pemula pun kamera modern sudah punya fitur yang sangat menarik misal Canon EOS M200 sudah bisa rekam video 4K, Fuji X-A7 sudah punya 425 titik PDAF, dan sebagainya.

Kamera pemula yang dibuat di tahun 2019 adalah Canon EOS M200 (APS-C), FujiFilm X-A7 (APS-C), Sony A6100 (APS-C), Olympus E-PL10 (M43) dan Canon 200D mkII (DSLR APS-C).

Dari semua pilihan yang ada, kami menobatkan Fuji XA7 sebagai kamera entry level terbaik karena implementasi layar sentuh ukuran besar 3,5 inci aspek rasio 16:9 dan titik fokus yang mewah untuk ukuran kamera pemula. Selain itu Canon EOS M200 kami pilih sebagai kamera pemula best buy yang mudah dipakai, simpel tapi fungsional dan hasil foto videonya sudah tidak diragukan.

Enthusiast

Dengan rentang harga 10-20 jutaan, kamera enthusiast dibuat untuk memuaskan para penghobi foto amatir yang mencari kamera dengan fitur lebih dari sekedar pemula. Ciri kamera di kelas ini adalah punya spesifikasi lebih tinggi, kendali yang lebih lengkap, bodi yang lebih solid dan bisa dipakai juga oleh fotografer semi-profesional.

Kamera enthusiast yang dibuat di tahun 2019 adalah Canon EOS 90D (DSLR APS-C), Sony A6400-A6600 (APS-C), Canon EOS RP (full frame), Nikon Z50 (APS-C), Olympus E-M5 Mk-III (M43), Panasonic Lumix G95 (M43) dan FujiFilm X-T30 (APS-C).

Dari pilihan diatas, Sony A6600 kami pilih sebagai kamera enthusiast terbaik berkat auto fokusnya, Steadyshot dan baterai besar. Tapi dengan harga sedikit diatasnya, kita juga bisa mendapat Canon EOS RP yang sensornya sudah full-frame, maka itu EOS RP kami nobatkan sebagai kamera enthusiast best buy.

Profesional

Segmen kamera profesional dulunya tidak banyak pilihan, namun kini tren yang berkembang para produsen lebih banyak membuat kamera profesional high-end demi menjauhkan diri dari gempuran smartphone. Lagipula fotografer profesional masa kini lebih menuntut kamera yang mampu melakukan hal-hal ekstrim seperti sangat cepat, resolusi sangat tinggi atau bahkan sensor yang lebih besar dari full frame.

Beberapa kamera profesional yang diluncurkan tahun ini adalah Sony A7R mk-IV (full frame), Sony A9 mk-II (full frame), Olympus E-M1X (M43), trio Panasonic Lumix S1-S1R-S1H (full frame), FujiFilm GFX100 (medium format), FujiFIlm X-Pro3 (APS-C).

Kamera profesional 2019 terbaik menurut kami adalah Fuji GFX100 berkat sensor 100MP medium format yang dilengkapi dengan PDAF dan sensor shift stabilizer, dalam kemasan mirrorless yang relatif ringkas namun tetap punya vertikal grip terpadu. Bila harganya dirasa terlalu tinggi, profesional bisa melirik Lumix S1R yang kami posisikan sebagai kamera best buy yang memberi bodi yang mantap (weathersealed, banyak roda-tombol-tuas, dual slot memori, baterai besar), sensor 47MP full frame dan kinerja tinggi.

Honorable Mention : Sebagai bonus, kami pilihkan Sigma FP, sebuah kamera mirrorless full frame 24 MP yang dimensinya kecil dan modular, dengan desain tahan debu dan cipratan air. Memakai L-mount, Sigma FP ini bahkan sepenuhnya mengandalkan shutter elektronik. Kemampuan videonya juga menarik dengan 12bit CinemaDNG yang disukai profesional.

Simak juga kamera terbaik 2019 versi video di Youtube:

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 5 comments… add one }
  • Firman November 13, 2019, 12:00 am

    Bang, saya hendak membeli kamera yang cocok untuk digunakan baik dalam hobi maupun sebagai fotografer pernikahan. Sebagai hobi saya tertarik dengan fotografi makro/alam karena menunjang profesi tetap saya sebagai guru biologi dalam menangkap gambar detail dari makhluk hidup yang akan saya ajarkan di kelas. Namun, sebagai profesi sampingan, saya hendak terjun ke dunia fotografi pernikahan. Sebaiknya saya pilih jenis kamera seperti apa dengan budget -/+15?
    Untuk saat ini saya bingung menentukan antara a7 mark 2, a6400 ataukah fuji xt30. Mohon saran dan masukannya. Terima kasih

    • Enche Tjin November 13, 2019, 11:03 am

      Ketiga kamera yang disebutkan sebenarnya sudah bagus-bagus, untuk bekerja sebenarnya enak A7III, tapi kalau budget terbatas bisa pilih A6400. Alasannya ekosistem lensa-lensa sony dari Sony atau pihak ketiga sangat banyak pilihannya.

      • Reza November 15, 2019, 10:33 am

        Apakah a7rii masih bisa jadi pertimbangan?
        Masih bingung antara a6400 dan a7rii

        • Enche Tjin November 15, 2019, 11:00 am

          Bisa kalau ingin foto yang resolusi dan detailnya maksimal, spt untuk landscape atau cetak besar, kalau untuk travel light, video, A6400 sudah cukup.

        • Enche Tjin November 15, 2019, 11:00 am

          Alternatif lain Sony A7III.

Leave a Comment