≡ Menu

Review Leica Q2: Pengalaman di Bhutan & Lasem

Kesan pertama saya terhadap kamera Leica Q2 adalah design retro yang cantik dan mudah digunakan. Tentu saja si “titik merah” (red dot)  identik sekali dengan kualitas gambar yang dihasilkan yang menunjukkan kesan serius dalam fotografi.

Yoese M. dengan kamera C-Lux (red case) dengan Leica Q2 (brown case)

Di belakang kamera, ada tiga tombol dalam 1 garis di sisi kiri. Dengan tombol tersebut, saya dapat menyesuaikan kontrol untuk membantu langsung ke pengaturan sesuai keinginan saya, seperti aperture dan shutter speed memiliki dial khusus sendiri (pada bagian lensa 28mm itu sendiri).

Selain penampilannya yang terlihat bagus, Q2 juga terasa kuat dan stabil. Saya tidak perlu khawatir, jika saat sedang motret tiba-tiba terciprat air/turun hujan, dengan adanya penambahan resistensi air yang membantu saya untuk tetap memotret dalam keadaan gerimis.  

Dengan sensor full frame 47.3 MP, memberikan extra detil saat bekerja dengan Leica Q2. Meskipun dengan lensa 28mm f/1.7 berkat resolusi yang diperbesar, memberi banyak pilihan crop digital 35mm, 50mm, dan 75mm, ini membantu sekali jika saya ingin lebih dekat dengan objek. Sehingga dengan 28mm ini tidak hanya bisa saya gunakan untuk street photography, tapi juga landscape dan portraiture. Mengenai kualitas warna  saya menyukai keduanya, baik color juga monochrome.

Rice Field at Chimi Lhakhang, Bhutan, ISO 400 F/16 1/250 detik
Rice Field at Chimi Lhakhang, Bhutan, ISO 400 F/16 1/250 detik

Bagi saya Leica Q2 ini bukan hanya cantik dan mudah digunakan tetapi ukurannya yang compact dan tidak memberatkan sangat sesuai untuk kebutuhan saya saat traveling dan  trekking/hiking khususnya perjalanan yang jauh.

Berikut adalah beberapa contoh hasil foto saya dalam photo trip ke Lasem, Jawa Tengah dan Kerajaan Bhutan.

Old lady, Gangtey, ISO 100 F/1.7 1/1000 detik
Penari dalam pertunjukan seni ketoprak di Lasem, ISO 100 F/3.5 1/250 detik
Pembatik di Pusaka Beruang Desa Karas Jajar, ISO 2000 f/1.7 1/250 detik

Bagi yang ingin mengikuti tour foto atau mendapatkan Leica Q2 atau belajar kamera Leica silahkan hubungi kami di WA 0858 1318 3069 / infofotografi@gmail.com

About the author: Yoese adalah seorang geologist dan juga photography enthusiasts, terutama untuk genre travel dan portrait photography. Karya karya fotonya bisa dilihat di Instagram @yoese_mariam

{ 5 comments… add one }
  • noteblack November 5, 2019, 5:47 pm

    Pak, apa kamera lowend bisa foto landscape (kayak diatas) dg lens kit? / Harus ganti lens fix / cukup pake filter nd, mohon pencerahanya ,trims

    • Enche Tjin November 6, 2019, 7:22 am

      Bisa tapi kalau dicetak atau ditampilkan di layar besar kurang begitu tajam dibandingkan dengan kamera dan lensa yang lebih bagus.

  • Mas Cakra November 3, 2019, 12:55 pm

    Apakah itu seperti indikator pencahayaan pada kamera slr lama asahi pentax?

  • Effendi October 29, 2019, 12:21 pm

    Penjelasan menarik dan bermanfaat. Menjadi pertimbangan untuk mencari camera yang paling sesuai dengan kebutuhan saya dan Q2 ini paling tepat setelah membaca penjelasan yang diberikan.
    Semoga terus sukses dan kita tunggu review selamjutnya. Salam

Leave a Comment