≡ Menu

Sony A9 II – Khusus untuk fotografer profesional?

Pada tanggal 3 Oktober yang lalu, Sony baru saja meluncurkan Sony A9 II, perbaharuan dari A9 yang diluncurkan April 2017 (2 tahun, 4 bulan) yang lalu. Kamera tingkat atas/flagship biasanya diperbaharui 4 tahun sekali, jadi 2 tahun terasa agak cepat seperti kamera Sony lainnya, tapi karena dirilis lebih cepat dari biasanya, maka peningkatannya bisa dibilang evolusi daripada revolusi.

Beberapa peningkatan Sony A9 II yaitu:

  • Peningkatan processor (peningkatan kinerja, kualitas proses gambar di ISO tinggi, autofokus)
  • Mechanical shutter dari 5 ke 10 fps, electronic shutter tetap 20fps
  • Weathersealing yang lebih bagus
  • Dapat menyimpan pesan suara ke setiap foto / Voice memo
  • Peningkatan performa steadyshot (IBIS) dari 5 menjadi 5.5 stop
  • Peningkatan grip dan handling seperti A7RIV
  • Peningkatan mekanisme shutter, teruji sampai 500rb aktuasi
  • Dual memory card slot, keduanya mendukung kartu cepat UHS-II
  • Kecepatan koneksi Ethernet untuk memindahkan foto
  • USB-C Connection untuk transfer foto yang cepat dan charging

Harga Sony A9 II USD 4500 atau sekitar Rp 64 juta.

Fotografer dan videografer yang mengharapkan A9 mengunakan sensor gambar baru yang memungkinkan kualitas foto dan video yang lebih bagus kecewa karena A9II mengunakan image sensor yang sama.

Apakah peningkatan Sony A9 II worth it?

Untuk fotografer profesional di bidang jurnalis terutama untuk Sports tentunya akan worth it, karena beberapa hal penting yang merupakan kekurangan A9 sudah dijawab Sony yaitu koneksi Ethernet yang cepat, juga kecepatan foto mechanical sudah sangat cepat yaitu 10 fps. Tidak semua fotografer suka mengunakan electronic shutter karena dalam beberapa kondisi kurang ideal dan tidak semua fotografer perlu 20 fps. Bonusnya fotojurnalis bisa menyimpan catatan suara ke setiap foto.

Menurut saya Sony A9 II ini kamera pro transisi, seperti Nikon D3s dan D4s, yang terletak diantara D3-D4-D5. A9 II saya yakin tetap merupakan kamera mirrorless yang paling kencang saat ini, dan waktu peluncurannya tepat sebelum Olympiade 2020.

Bagi teman-teman yang ingin belajar fotografi, baik kamera Sony atau lainnya, silahkan kunjungi jadwal belajar fotografi


Atau belajar dari panduan E-book yang kami buat.

Bagi yang ingin membeli kamera dan lensa, atau ingin titip jual boleh kabari kami di WA 0858 1318 3069

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment