≡ Menu

Sony A7S III – Penantian telah berakhir

Dalam mengembangkan sistem kamera mirrorlessnya, Sony membuat tiga type, Sony A7 untuk general purpose (umum), Sony A7R untuk yang membutuhkan resolusi (megapixel) besar, dan A7S untuk video. A7 & A7R sudah generasi ke-4 tapi sudah lama seri Sony A7S baru generasi ke-2, belum di perbaharui sejak bulan Oktober 2015. Akhirnya, tanggal 28 Juli 2020 ini, Sony mengumumkan Sony A7S III.

Alasan mengapa Sony tidak membuat A7S lebih cepat karena mereka berjanji akan membuat kamera yang sempurna sesuai dengan permintaan pelanggannya yang rata-rata videografer.

Apa yang baru?

Dibandingkan dengan Sony A7S II, banyak yang baru. Yang utama adalah kualitas videonya kini bisa merekam 4K 120fps, 4:2:2 10 bit internally atau 16 bit RAW via full HDMI port external recording.

Sony A7S III juga punya fitur yang terbaru dibandingkan seri A7 lain seperti layar LCD-nya bisa di putar ke samping dan ke segala arah (articulating screen), jendela bidik 9.44 juta titik (pertama di dunia), dan sistem autofokus 759 titik deteksi fasa, dan sistem menunya yang kini lebih mudah dinavigasi dan juga sudah bisa disentuh (Yay!)

Sistem menu baru Sony A7S III

Sistem pendingin (heat sink) juga mengalami peningkatan, yang membuat merekam video 4K 30/60p tidak akan ada masalah, dan di 4K 120p hanya akan overheat sekitar 45 menit (menurut pengalaman pengguna Sony A7S III).

Hebatnya ukuran kamera Sony A7S III tergolong compact dengan berat 699 gram dengan baterai. Kamera ini tentunya sangat dinantikan oleh videografer atau content creator profesional. Untuk fotografer resolusi A7SIII yang hanya 12MP mungkin akan membatasi kecuali untuk keperluan sosial media saja.

Harga kamera Sony A7S III ini dijual dengan harga US$ 3500 di pasar Amerika. Saya perkirakan akan dijual dengan harga dibawah Rp 60 juta di Indonesia.

A7S III punya dual card slot untuk SD card atau CF Express II

Spesifikasi Sony A7S III

  • 12.1 MP Full frame Sensor
  • 759 Phase detect AF sensor
  • 15 stop dynamic range
  • Steadyshot (built-in image stabilization)
  • Unlimited recording time
  • ISO 80-409.600
  • Jendela bidik 9.44 juta titik
  • Video 4K 120p
  • Dual Card slot (SD Card + CF Express Type A)

Ingin belajar fotografi, cara mengoperasikan kamera dll, silahkan kunjungi jadwal pelatihan kami dan panduan e-book untuk berbagai jenis kamera dan teknik fotografi.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 2 comments… add one }
  • EP July 30, 2020, 8:05 pm

    Sony A7 IV kira kira kapan ya keluar? Umurnya sudah hampir 3 th kl gak salah…..
    Yang A7R IV kan sudah…..
    Menarik untuk ditunggu…

Leave a Comment