≡ Menu

Apa kamera saingan Lumix S5? Sony A7III atau A7C?

Persaingan kamera mirrorless full frame di tahun 2020 semakin hangat. Dari awal tahun sampai akhir bulan September 2020 ini, saya mencatat ada 7 kamera mirrorless full frame. Yang terbaru yaitu Lumix S5 dan Sony A7C. Karena di rilis dalam waktu yang cukup dekat, banyak yang mengira Lumix S5 adalah saingan Sony A7C, tapi sebenarnya bukan.

Dari fisiknya saja, kita bisa melihat bahwa saingan Lumix S5 adalah Sony A7III yang dirilis bulan April 2018, lebih dari dua tahun yang lalu. Sebagai kamera yang lebih baru, tentunya Lumix S5 punya spesifikasi yang lebih tinggi, terutama di kualitas video.

Mungkin tidak adil membandingkan S5 dan A7III, karena kamera ini terpaut dua tahun lebih, dan harga Sony A7III juga sudah turun sehingga lebih murah sekitar 3-4 juta dibandingkan S5.

Sony A7C sendiri adalah lini kamera baru, yang desainnya mengadopsi gaya rangefinder dengan permukaan atas kamera yang flat/datar dengan grip(pegangan) yang lebih minimalis. Kamera ini specnya tidak jauh berbeda dengan Sony A7III, lebih baik dari beberapa hal, misalnya kit lens 28-60mm yang kinerjanya lebih baik daripada 28-70mm, dan autofokus video yang sudah meningkat 30% dari kecepatan maupun kemampuan deteksi wajah dan juga mata (A7III mendukung deteksi wajah saja).

Saat ini Sony A7C dan Lumix S5 tidak memiliki saingan yang sepadan. Ada bagusnya Lumix membuat kamera dengan gaya rangefinder full frame, yang mungkin dinamakan Lumix S7, dan memperbaharui seri kamera Sony A7-nya ke Sony A7IV, mungkin akan dirilis tahun depan (2021).

Baiklah, mari kita lihat keunggulan-kelemahan dari Lumix S5 dibandingkan dengan Sony A7III

Keunggulan Lumix S5

  • Punya high resolution mode, 96MP dan live composite untuk penggemar fotografi
  • Punya stabilizer yang lebih baik
  • Spesifikasi video lebih tinggi, misalnya kemampuan merekam 10-bit 4:2:2 dan 4K 60p.
  • Ergonomi, antar muka tombol, layar putar dan touchscreen
  • Menu yang lebih tertata dan terkategorikan lebih baik

Kelebihan Sony A7III

  • Autofokus kontinyu saat video lebih bisa diandalkan
  • Jendela bidik sedikit lebih besar
  • Foto berturut-turut lebih cepat (10fps vs 5-7 fps)
  • Pilihan aksesoris dan lensa saat ini (2020)
  • Harga lebih terjangkau

Ikuti kegiatan belajar fotografi/videografi dan editing di halaman ini. Panduan pengoperasian kamera bisa didapatkan di halaman ini.

Baca juga Review Lumix S5 dan Launching Sony A7III

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 4 comments… add one }
  • Melda October 14, 2020, 9:15 am

    Mas maaf agak keluar dari artike pertanyaannya. Saya sebelumnya punya kamera Nikkon D5500 sekarang mau pindah ke mirrorles. Saya suka ambil foto objeknya manusia, pemandangan, tidak untuk sport. Budget saya punya 10jt, kira2 kamera mirrorles yg mana bagus untuk saya?

  • Ridho October 11, 2020, 8:58 am

    Om maaf melenceng, mau tanya kenapa kenapa firmware sony a6000 3.21 sekarang tidak bisa di download di websitenya

    • Enche Tjin October 14, 2020, 10:29 am

      Mungkin ditarik karena ada masalah? Coba nanti kunjungi lagi secara berkala.

Leave a Comment