≡ Menu

Cara menjual Lightroom preset : Mudah & nambah income

Beberapa saat yang lalu, saya mendapatkan informasi dari teman fotografer yang mengenalkan saya dengan SociaBuzz, sebuah platform marketplace, tempat bertemunya fotografer, model, make-up artist untuk berkolaborasi atau menawarkan jasa.

Yang paling menarik yaitu SociaBuzz Shop, dimana fotografer, content creator atau editor dapat menjual produk-produk digital, misalnya Lightroom Preset, e-book, bahkan foto juga bisa dijual di marketplace tersebut.

Jualan produk digital di Indonesia tentunya tidak mudah. Jika kita menjual di platform internasional, mungkin akan terkendala dengan metode pembayaran yang tidak umum, misalnya kartu kredit dan paypal. Sedangkan Sociabuzz ini sudah menyediakan pembayaran yang lebih umum dan diterima oleh masyarakat Indonesia yang lebih luas seperti OVO, Gopay, transfer bank dan sebagainya. Akibatnya, calon pembeli akan merasa lebih nyaman dan aman.

Selain itu, produk digital kita tidak perlu mengurus produksi, stok, pengemasan dan pengiriman. Jualan produk digital bisa dibilang termasuk pendapatan pasif (passive income) bagi creator yang tentunya juga terdampak dengan pandemi tahun ini.

Menariknya kalau jualan di SociaBuzz juga ada affiliate marketingnya. Teman-teman yang sudah bergabung, atau akan bergabung di SociaBuzz bisa membantu untuk mempromosikan produk kita, dan sebagai imbalannya kita bisa memberikan komisi kepada mereka dan semuanya sudah diatur di SociaBuzz .

Cara menjual

  1. Teman-teman bisa langsung buka aja websitenya di SociaBuzz/shop dan klik tombol “Mulai Jualan”
  2. Lalu tinggal klik aja tombol “Daftar pakai Gmail”
  3. Lalu lengkapi informasi lainnya
  4. Kalau sudah, scroll ke bawah yang ada tulisan SociaBuzz Shop, lalu klik tombol “Buat”
  5. Lalu tinggal isi profile picture, bisa upload cover image juga kalau mau, lalu isi deskripsi
  6. Lalu tinggal upload file preset yang ingin dijual dengan klik “Tambah Yang Mau Dijual” dan pilih “File/Link (Satuan)”
  7. Lengkapi semua kolom isian yang ada, lalu klik “Simpan”
  8. Klik link halaman produknya untuk preview
  9. Lalu tinggal share linknya ke social media dan ke target customer yang kita miliki
  10. Nanti customer tinggal klik “Beli Sekarang” dan mereka bisa pilih metode pembayaran yang diinginkan, lalu langsung mengakses preset yang kita jual
  11. Dan kalau mau dibantu jualan oleh member2 yang sudah bergabung di SociaBuzz, bisa klik “Edit” di bagian yang ada tulisan “Komisi untuk affiliate”. Bebas mau kasih komisi berapa %. Lebih besar lebih menarik tentunya.

Cukup simple kan? Mudah-mudahan informasi ditata bisa membantu teman-teman creator yang sedang mencari penghasilan tambahan atau suka berbagi dengan sesama.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 4 comments… add one }
  • amiel December 1, 2020, 5:02 am

    Ulasan yang menarik dan banyak memberi manfaat, terima kasih koh.
    Mau nanya koh, saya pengguna a6400, saat ini mau beli lensa sony fe 16-35mm f4 zeiss oss (persiapan buat full frame nanti). bila dipasang di a6400, apakah fitur oss lensa tersebut bisa berfungsi dengan baik sama seperti bila digunakan pada kamera sony full frame atau malah tidak berfungsi sama sekali. Terima kasih

  • Farid November 29, 2020, 11:18 pm

    Om mau tanya dong mending z50 apa xt200 soalnya saya bingung mau beli yg mana

Leave a Comment