≡ Menu

Memilih kamera digital: Canon atau Nikon?

Banyak orang menanyakan kepada saya, beli kamera digital SLR mana yang baik, merek Canon atau Nikon. Kadang-kadang saya juga menerima pertanyaan tentang merek lain. Tapi kali ini saya akan mengupas secara singkat perbedaan antara Canon dan Nikon. Mudah-mudahan setelah membaca ini, semua menjadi lebih jelas. Kamera DSLR yang dibahas dibawah ini adalah kamera yang beredar tahun 2009.

Kamera DSLR pemula

nikon-d3000Di bagian pemula, Canon memiliki kamera seri 1000D, 450D dan 500D.   Kamera-kamera ini relatif ringan dan kecil. Tidak seperti kamera DSLR Sony, Pentax dan Olympus, kamera Canon dan Nikon tidak memiliki built-in image stabilization, tapi mereka mengunakan teknologi image stabilization di lensa. ada beberapa akibat yang ditimbulkan, misalnya kalau Anda beli lensa lama terutama lensa fixed (yang tidak bisa zoom), Anda tidak bisa menikmati fasilitas ini. Kelebihan kamera-kamera Canon adalah fitur yang lengkap dan juga kompatibilitas ke semua lensa Canon EOS dari yang murah sampai mahal.

Di sisi lain, Nikon memiliki D40, D60, D3000, dan D5000. Kamera-kamera ini tidak memiliki motor auto fokus, jadi bila Anda memakai lensa-lensa lama yang tidak ada motor fokusnya termasuk banyak lensa fixed, maka Anda terpaksa mengunakan manual fokus. Ini bukan masalah besar bila Anda tidak berniat membeli lensa tambahan atau cuma berniat membeli lensa baru yang ada motor fokusnya. Nikon D40, D60, D3000 tidak memiliki live view seperti kamera-kamera Canon, tapi ergonomi kamera-kamera Nikon saya rasa lebih baik (lebih pas ditangan). Khusus untuk Nikon D5000, kamera ini memiliki LCD yang bisa diputar dan mampu merekam video seperti Canon 500D.

Kamera DSLR tingkat menengah atas

canon-7dDi bagian kamera DSLR menengah ke atas, kamera Canon terkenal atas kualitas konstruksi badan kamera yang kokoh dan terbuat dari magnesium alloy. Kamera ini juga lebih tahan cuaca dan debu tapi tidak teruji saat hujan deras. Selain itu, kamera Canon seperti EOS 40D, 50D bisa menembak 6-6.5 kali per detik. Canon 7D yang baru bisa menembak 8 kali per detik. Kualitas gambar juga baik, walaupun ini tergantung dari lensa juga. Canon 40D hanya memiliki 10 mp, 50D memiliki 15 mp dan 7D memiliki 18 mp.

Di sisi lain, Keunggulan semua kamera Nikon di kelas ini terletak pada fitur wireless flash commander sehingga Anda bisa mengatur kekuatan flash dan menembak flash secara wireless. Meski sangat dasar dan tidak bisa bekerja di segala situasi, tapi ini sangat membantu terutama untuk foto potret.  Canon 7D juga memiliki fitur ini, tapi Canon 40D-50D tidak ada.  Nikon  juga memiliki keunggulan di ergonomi, kontrol kamera, dan sistem 51 auto fokusnya sudah terbukti jitu terutama mengikuti subjek. Filosofi Nikon agak berbeda dengan Canon, Nikon tetap bertahan mengunakan sensor 12 mp untuk semua kamera di kelas ini, tapi Nikon lebih memfokuskan pada kontrol noise (bintik2 pada gambar yang muncul di setting ISO yang tinggi).

Kamera DSLR kelas profesional

Kamera DSLR di kelas ini sangat mahal, ditandai dengan harga $2450 sampai $9900. Sensor kamera kelas ini lebih besar daripada kamera-kamera yang dibahas diatas, sehingga kualitas gambar meningkat.

Di kelas ini, terdapat dua jenis kamera, kamera jenis pertama berbadan kecil, seperti kamera kelas menengah.

Nikon memiliki Nikon D700, kamera ini terkenal karena kemampuannya menghasilkan gambar yang bersih dan terang di tempat yang gelap karena kemampuannya menekan noise di ISO tinggi. Kamera ini bisa menembak 5 kali per detik, dan bila dipakaikan battery grip, maka kamera ini bisa menembak sampai 8 kali per detik. Kekurangan kamera ini yaitu hanya beresolusi 12 megapiksel dan juga tidak bisa merekam video. Karakteristik inilah yang membuat Nikon D700 lebih diminati oleh para fotojurnalis dan fotografer olahraga. Disisi lain, Canon memiliki 5D mark II. Kamera ini beresolusi tinggi (21 mp) dan mampu merekam video. Namun ketepatan dan kecepatan auto fokusnya tidak sebaik Nikon D700.

canon-eos-1d-mark-iv-frontKamera profesional tingkat atas terbagi dua jenis (kamera ini ditandai dengan badan kamera yang besar dan bergabung dengan battery grip) – Lihat gambar disamping kanan.

Pertama di desain dengan penekanan kepada kecepatan, yang kedua untuk resolusi dan kualitas gambar. Di jenis pertama, Canon baru mengeluarkan Canon 1d mark IV, kamera super kencang ini bisa menembak 10 kali / detik, dan bisa merekam video. Nikon juga baru mengeluarkan Nikon D3s, yang bisa menembak 9-11 kali / detik dan juga bisa merekam video. Perbedaaan utama kamera tersebut ada dua. Canon 1d mark IV memiliki sensor lebih kecil, tapi memiliki jangkauan 1.3 lebih panjang, uniknya, Canon 1d mark IV memiliki resolusi gambar lebih besar yaitu 16 mp dibanding Nikon 12 mp. Akibatnya, Nikon D3s memiliki kontrol noise yang sangat baik di ISO tinggi. Keunggulan lain kamera Canon yaitu bisa mengatur nilai-nilai eksposur waktu merekam video. Kamera jenis ini banyak dipakai fotojurnalis atau fotografer olahraga.

Kamera profesional jenis kedua menekankan pada resolusi dan kualitas gambar. Kamera-kamera ini (Canon 1ds-mark III dan Nikon D3x) sangat mahal tapi  hasil gambarnya terbaik untuk kelas DSLR. Kamera-kamera ini cocok untuk studio seperti fashion, komersial, potret, produk dan sebagainya.

Kesimpulan

Kamera pemula Canon memiliki fitur yang lebih lengkap dari kamera Nikon. Kamera Canon juga sepenuhnya kompatibel dengan lensa-lensa Canon EOS. Tetapi, kamera pemula Nikon memiliki ergonomi yang lebih baik, jadi lebih pas ditangan. Di kelas menengah ke atas, Canon memiliki strategi untuk meningkatkan resolusi gambar, sedangkan Nikon lebih condong untuk meningkatkan kualitas gambar di ISO tinggi (baik untuk foto di situasi yang gelap). Kamera terbaru masing2, Nikon D300s dan Canon 7D bersaing cukup ketat dan sama-sama berkinerja dan berfitur cukup lengkap. Di kelas profesional, kamera Canon lebih cocok untuk foto studio, sedangkan kamera Nikon lebih cocok untuk foto olahraga, dan fotojurnalis.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 478 comments… add one }
  • andjar riyanto August 26, 2010, 3:24 am

    adakah yang mau jual kamera Nikon D3s atau Nikon D3x second ?

  • papadaan jua August 24, 2010, 2:42 am

    Mas Enche yg baik hati,salut dengan semua ulasannya.saya pemula dan awam soal dunia photografi.setelah membaca ulasannya akhirnya saya mulai mengerti tentang photografi (walaupun baru sedikit ngerti he he he).
    tolong bantu saya dunk utk memilih lensa,saya baru beli kamera Canon 500D dgn lensa standar.saya pengen beli lensa yg cocok utk photo jarak dekat (bisa close up) dan juga bisa memphoto dgn objek yg jauh.kira2 lensa ukuran berapa yg cocok buat saya (Lensa multifungsi gitu lho…).
    terima kasih atas bantuannya….

  • ello August 23, 2010, 11:22 pm

    perbedaan D100 n 10 D..??

  • ello August 23, 2010, 11:21 pm

    menurut mas,,D100 kelebihan dan kekuranganya apa..??

  • wahyu wibowo August 21, 2010, 5:05 am

    Salam Kenal Mas Enche…mohon pencerahannya. Saya lagi bingung membeli antara Canon 5D Mark II or Nikon D700. Saya lebih mengutamakan kualitas gambar yang sempurna dan kamera yang tangguh untuk iklim negara kita. Oh ya Mas mohon juga saran untuk lensa standart yang harus dimiliki. Anggaran paling mentok 30 jt. Trims berat atas sarannya.

    • Enche August 21, 2010, 8:42 am

      Saya sarankan Nikon D700 dengan lensa 24-120mm f/4 VR <-- lensa ini baru diumumkan dan akan tersedia 1-2 bulan ke depan.

  • krisna August 19, 2010, 11:01 am

    wah ulasannya bagus banget. mas kalo saya tipe suka jalan ke alam, pantai dll cocokan pake canon tipe brpa mas? kalo nikon tipe brpa juga? saya pemula dan punya budget 6 jutaanlah mas.. makasi ya mas 🙂

  • BAGOS August 18, 2010, 11:16 am

    Nikon D40 sama Nikon D3000 bagusan mn mas? barangnya second mas

    • Enche August 19, 2010, 7:16 am

      D3000 lebih baru dan memiliki beberapa keunggulan atas D40, seperti sistem auto fokus, resolusi dan kualitas foto. Sedangkan D40 mungkin lebih murah dan memiliki flash sync 1/500 dibandingkan 1/250 detik. Flash sync biasanya dipakai untuk foto dengan memakai flash di luar luangan di siang / sore hari.

  • Don August 16, 2010, 12:23 am

    Mas mo nanya kira2 bagusan mana nikon p100 dengan canon sx20 is??
    Soalnya ane gaptek banget tentang kamera… Hiks…

    • Enche August 16, 2010, 2:42 am

      Nikon P100 lebih baik.

  • Alvin Sunanda August 12, 2010, 1:31 am

    Mas Enche,

    Numpang tanya ya.
    Saya baru mau beli Canon, dan dihadapkan pada 2 pilihan : 5D Mark II, atau EOS 7D ?

    Saya sendiri baru mau mulai belajar. Tidak terpikir jadi professional. Mungkin nantinya untuk seneng seneng aja. Untuk foto foto acara keluarga, travelling, dan juga event event bareng teman teman. dan photonya jug autk koleksi pribadi.

    Ada saran untuk pilihannya mas? termasuk lensa nya?

    tks

  • ardhi August 4, 2010, 11:54 pm

    mas antara nikon 5000d sama canon 550d lbh bagus mana? kelebihan sama kekurangannya? kebetulan saya tertarik untuk membeli salah satu dari kamera tsb. tp dari bynk artikel yg saya baca, kebnykan menjagokan Nikon 5000d? kira2 yg simpel dan bgs pemula kyk saya pa yah!
    terima kasih

  • JS Sasongko August 3, 2010, 2:54 am

    Informasi nya menarik sekali, dan informasi yang di sampaikan begitu obyektif.. terima Kasih..

  • rinaldi July 31, 2010, 6:00 am

    mas mohon pencerahanya.,.,.,.,,.,.,
    kebetulan mau mencoba merambak ke fotografi
    jadi pengen beli kaera.,.,.,
    yg bagus kira2 ap yah buat prmula
    kira 550D or D5000.,.,.,.,.,
    atau ad saran kamera yg lain.,.,.,
    ohon bantuan nya..,.,
    terima kasih sebelumnya.,.,.,.,

  • awan July 28, 2010, 6:30 pm

    salam kenal mas enche… mohon bantuan nya ni mas..
    saya pemula yg bener2 masih gaptek dalam hal camera, bantuin sarannya donk….
    saya mau memiliki camera yg sesuai kemampuan dana dibawah 3,5 jt-an :
    – Canon S5IS atau Canon SX20IS,, mana yang lebih bagus mas.??
    tolong rekomendasi mas..??
    sekalian kalo ada alternatif lain yang terbaik menurut mas..
    Please dan trims sekali, kiranya dapat dibantu buat kita yg pemula dan plus gaptek ni….

    • Enche July 28, 2010, 9:16 pm

      Canon SX20 IS lebih baik wan. Dari lensa, kualitas fotonya.

  • zakki July 25, 2010, 3:49 am

    Bang Enche

    Saya pemula di dunia Fotografi, dan berniat utk membeli kamera DSLR, saat ini saya masih akan menetukan pilihan saya untuk membeli Nikon D700 atau D90.
    Yang saya tanyakan :
    1. Apakah tingkat kesulitan dalam mempelajari teknik fotografi dengan kamera di atas berbeda ?? Mana yang lebih sulit ??
    2. Menurut Anda, dengan keadaan saya sebagai fotografer Pemula, dari 2 tipe kamera di atas mana yang lebih baik untuk saya, mengingat saya sangat suka mengabadikan gambar alam atau background alam dan saya TIDAK MEMPERMASALAHKAN BERAPAPUN HARGA dari 2 kamera di atas.

    Terimaksih Mas Enche

    • Enche July 25, 2010, 6:41 am

      Wah, kebetulan saya punya dua kamera tersebut. Langsung jawab aja ya bung zakki:

      1. Nikon D700 lebih sulit dan lebih membingungkan untuk pemula
      2. Nikon D90 lebih cocok untuk pemula

      Kalau memang budget gak menjadi masalah, langsung beli D700 juga saya kira ga masalah, memang agak sedikit sulit pas belajar, tapi kalau nanti sudah lancar udah enak.

      Sedangkan kalau beli Nikon D90, nanti kalau memang sudah bisa, ingin upgrade lagi ke kamera yang lebih canggih lagi buang2 duit lagi untuk tukar tambah.

      Sama-sama.

  • dicky July 25, 2010, 2:08 am

    Bang saya tanya pilih canon 50d lensa 17-40 atau 7d lensa 50 mm fix , soalnya kisaran harganya mendekati pas buat butged saya…

  • Enche July 19, 2010, 3:56 am

    Dibandingkan dengan kamera2 yang ada sekarang, Kualitas bodi kamera cukup baik, Ada layar lcd di atas bodi kamera dan menembak juga cukup cepat (5 foto per detik).

    Kekurangannya di bandingkan dengan kamera sekarang antara lain terletak pada layar lcd yang hampir dua kali lebih kecil, Kualitas foto yang hanya beresolusi 6 megapixel.

  • bim July 19, 2010, 3:36 am

    Om Enche, saya punya kamera yang tergolong tua Nikkon D100. Termasuk jenis/type yang mana ya kamera ini?
    dan apa keunggulan dan kekurangannya?
    Terima Kasih

  • frisian July 14, 2010, 12:12 pm

    om… mau tanya nih buat yg baru banget nih aku mau beli kamera untuk pemula buanget lebih cocok/baik yg mana antara canon 1000D atau nikon 3000D…
    terima kasih atas sarannya..

    ***maaf klau tidak merepotkan tolong donk kelebihan dan kekurangannya dari masing-msing kamera***

    • Enche July 14, 2010, 12:25 pm

      dua-duanya baik untuk pemula

      kelebihan nikon D3000:
      – point auto focus ada 11 dan lebih baik dari yang 1000D
      – layar lcd sedikit lebih besar 3″ vs 2.5″
      – ergonomi lebih baik

      kelebihan canon 1000D
      – kompatibel dengan semua lensa Canon
      – ada live view jadi bisa komposisi dari layar lcd
      – bisa dihubungkan dengan komputer dan hasil langsung tampil di layar komputer

      selamat memilih

  • yoga July 13, 2010, 8:41 am

    om enche, ane biasa pake kamera pocket untuk potret2, sekarang ane dpt anggaran sekitar 3-4jtann ane pingin upgrade camera!
    camera apa yg cocok buat pemula seperti saya(merk & jenisnya) & mudah dlm hal penggunaan!

  • harry July 10, 2010, 11:51 pm

    Makasi mas infon2nya mantap !!

  • harry July 10, 2010, 11:08 pm

    Enche, kalo 50D vs D90, kalo mas pribadi milih mana? Alasannya ??

    • Enche July 11, 2010, 3:20 am

      Canon 50D, bodinya udah dari logam/magnesium alloy dan kecepatan menembaknya sampai 6.3 frame per detik.

  • Danny Chandra July 5, 2010, 11:58 pm

    “Di kelas profesional, kamera Canon lebih cocok untuk foto studio, sedangkan kamera Nikon lebih cocok untuk foto olahraga, dan fotojurnalis.”
    saya pikir itu kembali pada penguasaan kita akan fitur2 pada kamera pribadi dan kurang bijak kalau kita mengatakan satu kamera lebih cocok utk kamera yang bidang yang satu dan kamera yang lain untuk bidang yang lain.
    saya lebih setuju pada motto “The man behind the gear”

    IMHO

    • Enche July 6, 2010, 1:04 am

      Kalau semuanya sama, ada kamera yg lebih baik untuk jenis fotografi tertentu.

  • rizki pamula July 4, 2010, 11:57 am

    saya mau compare kamera ni mas nikon d90 yang 18-105 dan canon 550 yang 18-135. saya ingin ketika foto keluarga besar atau untuk memoto banyak orang, muka masing2 orang terlihat jelas.
    terima kasih

    • Enche July 4, 2010, 1:24 pm

      Dua-duanya bisa untuk itu, supaya muka masing-masing ornag terlihat jelas, lebih masalah ke masalah teknis.

  • agien June 24, 2010, 5:05 am

    terimakasih sebelumnya om.
    saya sangat pemula dalam bidang fotografi, yg mau saya tanya ttg perbedaan jpeg & RAW? lebih baik yang mana?
    juga ttg image: standar, portrai, vivid…etc
    saya pake D90 kit 18-105.

    terimakasih om.

    • Enche June 24, 2010, 12:30 pm

      Jpeg and RAW, perbandingannya saya pernah tulis di blog teman saya disini.

  • Enche June 23, 2010, 9:26 am

    Canon 1000D, 10 megapixel, 2.5 lcd screen, live view, 7 AF points, 3 fps continuous burst

  • ian June 23, 2010, 9:19 am

    yang saya pengen DSLR tapi masih bingung mening canon atau nikon .
    untuk pemula lebih baik yg mana ? dan apa jenisnya ?
    anggaran sekitar 5jtan .

    tolong sebutkan jg fitur dari kamera tersebut .

    terima kasih

  • qonmeaza June 22, 2010, 9:41 am

    salam om enche,,,
    Mohon pencerahannya, untuk membeli kamera DSLR,sebaiknya apa dulu (untuk newbie) yg diperhatikan?Lensa atau Body (jenis)Kameranya dulu…?
    karna sy agak sdkt bimbang mis; dipasaran canon 500D+Kit 18-55 harganya = Canon 1000D+Kit 18-55+55-250is
    atau nikon D5000 Kit 18-55VR harga = Nikon D3000 Kit 18-55+55-200VR
    menurut om enche bgmana…???Thx’s

  • Rayyan June 22, 2010, 6:43 am

    om enche,saya newbie butuh saran (lagi).
    untuk newbie bgt spt saya, lbh baik ambil mana?Canon EOS 500D yg hanya dpt lensa 18-55is, atau ambil 1000D dapat tambahan lensa 55-250is
    keduanya dijual dengan harga yg hampir sama (6.3jt-an).
    curhat:sbnrnya saya lebih suka 500D tp (sayang) dgn budget yg terbatas,sy tertarik juga dgn lensa tele 55-250is bgmana dong..? :))
    dahulukan kamera atau lensanya…???mohon pencerahannya Thx’s….

    • Enche June 22, 2010, 6:55 am

      @Rayyan Lensa.. jadi XS dan 55-250mm IS 🙂

  • terryy June 19, 2010, 8:18 pm

    mo tnya dunk..
    bngung neh yg pas buat sya nikon d90 ato d200 ia?
    dan prbndngn antra nikn d90 sma canon 50d..
    mksh:D

    • Enche June 22, 2010, 6:51 am

      Kebutuhan dan jenis fotografi yang ingin ditekuni seperti apa ter?

  • dwi June 18, 2010, 10:37 pm

    Salam kenal mas enche, saya masih pemula, mau tanya mana lebih gampang d pelajari canon 50D atau 7D. trims mas

    • Enche June 18, 2010, 10:41 pm

      Kurang lebih sama

  • basri azis June 15, 2010, 12:30 am

    kalau buat pemula kayak saya apa bagus kalau saya cuma pakai kamera CANON 1000D atau bagusnya pake yang mana,tlong yah masukannya…tks

    • Enche June 15, 2010, 12:33 am

      Bagus kok, jangan kuatir

  • basri azis June 15, 2010, 12:27 am

    kalau buat pemula kayak saya apa bagus juga kalau saya cuma pakai CANON 1000D,tolong dibantu yah…tks

  • Lucky June 14, 2010, 1:47 pm

    Salam kenal mas enche..membaca review dan coment anda saya jadi pengen nanya…sebenernya kamera anda Canon apa Nikon see..

    • Enche June 14, 2010, 2:10 pm

      Sekarang saya pakai Nikon mas, sebelumnya pakai Canon.

  • aulia June 14, 2010, 10:25 am

    Mas saya mau beli kamera tp bingung .
    Menurut mas bagusan nikon D5000 atau canon EOS 1000 .
    Tolong tuliskan perbedaannya secara keseluruhan

    • Enche June 14, 2010, 8:00 pm

      Nikon D5000 sekelas lebih baik dari EOS 1000. Perbedaan utamanya yaitu D5000 memiliki lcd yang bisa diputar, kualitas foto yang lebih baik, dan bisa merekam video.

  • ian June 12, 2010, 10:47 am

    mas saya mau beli kamera tetapi masih bingung memilih yg mana .
    untuk pemula seperti saya kamera apa yg cocok ?
    tolong jg sebutkan fitur dari kamera tersebut .

    terima kasih ^^

    • Enche June 12, 2010, 11:15 am

      Jenis kamera yang diminati itu seperti apa? kamera saku atau kamera SLR? lalu anggarannya berapa?

  • qonmeaza June 10, 2010, 11:48 pm

    Thx’s om atas Sarannya….
    malas sih nggak,cuman pengen ngirit budget aje..hehe…
    btw sudah ada yg pernah belanja di http://www.camera-dslr01.tk/ atau di http://www.camera-digital01.co.cc/ (penjual yang sama) kok dari harga2nya sepertinya Murah(kemurahan) buanget yakh….???klo ada yg pernah tolong sharing dunk….Thx’s B4

    • Enche June 11, 2010, 12:32 am

      Sebaiknya sangat berhati-hati terhadap toko seperti itu. Apalagi ga bisa lihat kondisi barangnya.

  • qonmeaza June 10, 2010, 8:06 am

    Halo mas,
    saya newbie bgt neh, rencananya mo belajar motret en klo nasib baek kali2 bisa dibuat usaha….
    rencananya saya mo beli Canon 500D cocoknya ikut lensa kitnya yg 18-55mm atw sekalian paket tambahan yg EFS 55-250mm yamas,,,???
    atw apa sy beli hanya dengan 1 lensa uk EFS 18-135?ada saran lain gak mas?
    dgn budget yg pas2an.pegennya lensa yg bisa dipake tuk disegala kondisi.
    thx’s berat neh web yang sangat bermanfaat….

    • Enche June 10, 2010, 10:54 am

      Kalau pengen lensa yang lebih fleksibel dan “malas” ganti-ganti lensa di lokasi, sebaiknya 18-135mm atau 18-200mm. Cuma yang terakhir lebih mahal. Kalau tidak malas, tentunya 18-55mm dan 55-250mm lebih baik, terutama dari segi jangkauan.

  • Enche June 10, 2010, 4:25 am

    Kalau ISO kurang lebih sama karena ukuran sensor sama. Soal ketajaman biasanya lebih banyak pengaruh dari lensa bukan kamera. White balance meski yang paling canggih juga kita perlu set manual.

    Jadi kalau upgrade dari 1000D ke 40D/50D mungkin yang paling terasa adalah:
    1. Badan kamera lebih kokoh, tapi lebih besar
    2. Continuous shooting dan auto focus lebih cepat.

    Beda 40D dan 50D terletak pada ukuran foto (10 dan 15 MP) dan juga layar LCD 50D itu lebih hi-res, sisanya kurang lebih sama, cuma ada perubahan sedikit sana sini.

    Alasan orang beli 40D/50D dari 1000D biasanya adalah bila mereka perlu kamera untuk merekam gerakan orang yang sangat cepat (seperti olahraga basket, balap mobil dsb) untuk gerakan orang biasa, yang diperlukan lebih ke banyak latihan dan lensa yang punya auto focus cepat (USM).

    Kalau ingin kualitas foto yang signifikan lebih baik (ISO, dynamic range), saya sarankan melirik kamera full frame seperti Canon 5D mark II, karena ukuran sensornya yang lebih besar.

  • nobel June 10, 2010, 2:33 am

    sesak = out of my expectation..kadang2 saya harus bilang ” i wish i could have more than this (The Iso, The Focus Point, The sharpness, the colour balance…)” anything that count to have a better picture. thx for your advice

  • Hamdi Kurniawan June 10, 2010, 12:41 am

    Saya sangat terkesan dengan review tentang Nikon D700, tapi apakah memang demikian faktanya menurut temen2 yang sudah menggunakannya?
    Saat ini saya masih menggunakan merk lain, tapi dalam hati sudah punya niat untuk pindah ke Nikon suatu saat.

  • Nobel June 9, 2010, 1:31 pm

    Hi..
    Saya pemula dengan eos1000D, sy lagi berpikir untuk upgrade ke 40D atau 50D. karena fitur 1000D ini terasa sudah agak sesak :). Apakah 40D sudah cukup?, apa perbedaan yang signifikan antara 40D dan 50D ? thx

    • Enche June 9, 2010, 1:56 pm

      maksudnya sesak apa ya? Apa yang kira2 ingin dicapai atau dibutuhkan?

  • adi wibawanto June 4, 2010, 6:42 am

    hi kang enche..mohon pencerahan yah maklum aku pemula…
    da yang aku tanyakan antara canon eos 450d dan nikon d5000
    menurut kang enche..dari segi kualitas gambar dan fitur..lebih bagus dan cocok yang mana yah???dengan menyampingkan fitur video HD pada nikon d5000..terima kasih!!

    • Enche June 4, 2010, 8:05 am

      Lebih lengkap fitur Nikon D5000 dibanding 450D. Kualitas foto juga D5000.

  • hendra June 4, 2010, 1:08 am

    mas klo D90 itu gmana ya?

    • Enche June 4, 2010, 1:21 am

      Nikon D90 bagus kok, kenapa ndra?

  • Novi June 2, 2010, 10:59 pm

    wah Thank you utk balasannya 🙂

    sip2, ini mau mulai nimba uang dulu deh biar bisa beli.. haha.. :p
    Terima kasih infonya sekali lagi.. sukses utk Anda! God bless! 🙂

  • Novi June 2, 2010, 2:00 pm

    Salam kenal Mas Enche 🙂
    lg browsing2 aja n ketemu site ini,, thanks utk info-nya krn sgt membantu 🙂

    mau tanya2 aja,, skrg sy punya compact camera sony cybershot (yg sebenernya sudah cukup bagus utk kebutuhan sy) tapi skrg lagi melirik2 dslr juga.. cuma untuk hobby krn emang seneng foto2 orang + pemandangan..

    utk dslr, sy tertarik Canon 550D, tp masih ragu apakah worth utk pemula spt sy? lalu kalau mau beli, bingung harus mulai hunting drmn.. di bbrp website lokal byk yg menawarkan kamera tsb dengan kisaran harga yg cukup jauh (bisa beda sekitar 1-2jt). Apa ada tips2nya utk membeli kamera yg aman dan bagaimana cara nge-tes kamera dslr saat hendak membeli?

    Terima kasih banyak sebelum dan sesudahnya, Mas 🙂

    • Enche June 2, 2010, 4:56 pm

      Halo Nov, Canon 550D baik untuk pemula. Soal perbedaan harga antara toko online, ini memang agak repot, mungkin saja ada yang kurang ter-update websitenya. Maka dari itu saya sarankan telpon langsung atau datang ke tokonya untuk menanyakan harga dan ketersediaannya. Kalau membeli baru, tentunya pastikan masih tersegel dan bergaransi.

      Untuk hunting, saya rasa dimulai dari daerah sekitar, mungkin mulai dari rumah sendiri (foto diri, keluarga dll) 🙂

  • Lim Kee Hien May 31, 2010, 3:34 pm

    Saya mulai pakai digital SLR baru 3 tahun yang lalu,ketulan saya penggemar Canon yan terkenal dengan kehalusan gambarnya.Saya
    bukan profesional di dunia fotografi(maksudnya cari makan lewat foto),cuma hobby saja.
    Kebetulan saya punya keinginan untuk beli kamera lagi,yang jadi pertimbangan saya harus beli 50D atau 7D.
    Sejauh mana perbedaan 50D dan 7D apa sangat menyolok sekali mengenai hasil dan fitur yang ada(selain bisa merekam).
    Mengingat perbedaan harga kedua kamera ini cukup lumayan.
    Terima kasih atas perhatiannya Mas.

    • Enche May 31, 2010, 4:39 pm

      Sangat menyolok perbedaan antara 7D dan 50D antara lain ukuran dan kualitas foto, sistem auto fokus, kecepatan menembak 8 frame per detik, ketahanan terhadap cuaca, ukuran jendela bidik, external viewfinder, dan tentunya kemampuan merekam video klip full ?HD.

      Tapi tentunya disesuaikan dengan anggaran juga, jangan sampai gara-gara memaksakan membeli 7D, duit habis dan tidak cukup untuk membeli lensa atau perlengkapan fotografi lain yang baik.

  • Indri Hafsari May 29, 2010, 2:02 pm

    Dear Mas Enche ….

    aku sedang bingung mau beli kamera…antara Canon EOS 50D atau 90D yah mas??? sejauh ini aku terbiasa punya kk ku Canon EOS 30D dn adekku Canon EOS 450D….antara beli baru atau second bagusan yang mana yah mas? krn aku mikirnya produsen kamera cepet banget ngeluarin produk2 terbarunya shgga aku pengen menyesuaikan dgn perkembangan juga….Baru atau 2nd yah mas utk kondisi begini??

    BR.

    INDRI

    • Enche May 29, 2010, 2:23 pm

      Halo mbak Indri, Kalau sudah terbiasa dengan Canon, terutama kalau ada saudara yang punya lensa Canon, kenapa pindah ke Nikon?
      Soal perkembangan ke arah teknologi digital, jangan terlalu dipikirkan, yang penting adalah kebutuhan mbak Indri itu seperti apa, dan juga selera masing-masing.

      Sebagai catatan, 40D dan 50D lebih ditujukan untuk fotografer action/sport. Kalau sebagian besar fotografi yang disukai adalah fotografi jenis ini, mbak Indri mungkin bisa melirik Canon 40D (mungkin tersedia second hand) cukup baik untuk segala suasana. Kenapa 40D cukup? karena saya pikir perubahan antara 40D dan 50D tidak terlalu besar.

      Kalau mbak Indri ingin ikut trend seperti merekam video memakai DSLR, maka Canon T2i / 550D yang baru mungkin lebih cocok buat mbak.

  • Enche May 24, 2010, 2:04 am

    Dari kualitas optik kurang lebih sama saja. Beda cuma ada VR untuk memungkinkan uki mengunakan shutter speed lebih lama tanpa blur karena kamera goyang.

  • uki May 24, 2010, 1:09 am

    enche..perbedaan signifikan antara lensa kit 18-55 dengan lensa yang ada dibelakangnya dibubuhi VR apa ya??khusus untuk nikon…apakah perbedaan tajamnya hasil foto,,thanks

  • Ano May 18, 2010, 1:58 am

    Salam hangat tuk semua, mas saya newbie dan senang ingin belajar dunia design n photografiku. Saya beli Canon Powershot 20 is itu bagus ga tuk pemula seperti saya. coz disesuaikan dgn saku :). Makasih informasinya bagus. maju terus

  • early b May 17, 2010, 7:55 am

    more learn from you, i’m newbie with nikon D90

  • ari May 16, 2010, 5:06 pm

    mau tanya kualitas gambar hasil nikon sama sony alpha bagus mana ? kalo dibandingkan sama cerahnya hasilnya tanpa modifikasi.
    untuk kelemahan nikon sama sony alpha dimana ?

    • Enche May 18, 2010, 4:21 am

      Hi Ari, masing-masing merek memiliki terlalu banyak model kamera untuk digeneralisasi.

  • Taufique May 16, 2010, 1:26 am

    mas, saya punya kamera nikon jadul D70s dan sekarang shutter countnya kira2 30.000. pertanyaannya berapa batas relatif shutter count pada kamera tersebut? kalau sudah sampai batas tertentu dan shutternya mati, apakah shutternya bisa diganti ( ada sparepartnya? ) dan body kamera tersebut masih bisa dipakai ? kalau ada kira2 berapa harga mengganti shutter tersebut? mohon penjelasannya, terimakasih..

    • Enche May 16, 2010, 1:37 am

      Sekitar 100,000, tapi bisa saja sebelum itu udah mulai macet2. Shutter bisa diganti, sekitar 3 jutaan (tepatnya coba tanyakan ke Nikon langsung). Kadang orang mikir daripada ganti mendingan beli baru yang lebih canggih.

  • mastrie May 14, 2010, 9:23 am

    Makasih mas atas infonya, jadi ngerti nih bwt pemula banget seperti aku..

  • nana yulisma May 11, 2010, 11:29 pm

    mas, saya baca artikel2 info fotografi kenapa kebanyakan jenis kamera yg sering disebut2 untuk canon adalah canon 1000D, 500D dan 450D? ketika saya browsing di internet, informasi tentang kamera tersebut tidak saya dapatkan, untuk pemula seperti saya lebih baik mana canon seri D atau SX20IS, apa kelebihannya masing2 kamera tersebut? saya jadi bingung kok jarang yang pakai tipe SX?

    • Enche May 11, 2010, 11:35 pm

      Coba cari Canon XS, T1i dan Xsi : itu sama dengan (1000D, 500D, 450D). SX itu tergolong kamera saku, tapi bisa zoom besar. Bedanya tentu banyak dibandingkan dengan DSLR.

  • nana yulisma May 11, 2010, 11:24 pm

    mas, saya baca artikel2 info fotografi kenapa kebanyakan jenis kamera yg sering disebut2 untuk canon adalah canon 1000D, 500D dan 450D? ketika saya browsing di internet, informasi tentang kamera tersebut tidak saya dapatkan, untuk pemula seperti saya lebih baik mana canon seri D atau SX20IS, apa kelebihannya masing2 kamera tersebut?

  • Enche May 10, 2010, 8:36 pm

    Soal harga kurang tau, coba tanya toko terdekat. 400D cukup untuk pemula.

  • helos May 10, 2010, 6:23 pm

    400D sudah cukup nggak mas untuk pemula?

  • helos May 10, 2010, 6:20 pm

    mas harga untuk D90 sekarang kisaran berapa ya ( second/baru )?

  • diaz May 7, 2010, 1:38 am

    mas fungsi motor af ap ya pd kamera..khusus nikon???bgmn dg nikon d5000 yg tdk pnya itu???kekuranganya jd ap??

    • Enche May 7, 2010, 6:38 am

      Kekurangannya ga bisa auto fokus kalau pake lensa lama dan sebagian besar lensa prime.

  • diaz May 7, 2010, 1:33 am

    hi enche, , bantu aku yachh..!!
    sebenarnya fungsi motor AF itu apa seh buat kamera DSLR..???apa akibatnya dengan NIKON D5000 yang tidak memiliki fitur spt itu???dmn aku bisa dapatkan yah,,biar aku jd semakin kLOp dgn nikon d5000???bagaimana pula dgn Harganya???thanks yahhh,,mohon dibantu!!

  • dhaafi May 3, 2010, 11:45 am

    Saya mw beli dslr mas.. Cm agak bingung antara nikon d90 atau canon 550d.. Bisa jelaskan ngga mas plus minus kamera ini??mending klo untuk foto bagus yang mana??secara harga kurang lebih sama soalnya..

    • Enche May 3, 2010, 11:49 am

      Kalau untuk foto saya sarankan Nikon D90, kalau Canon 550d lebih terkenal karena videonya.

  • Enche April 28, 2010, 1:33 am

    Salam kenal juga Uqi

  • UQI April 28, 2010, 1:33 am

    salam kenal mas!!! dapat pelajaran nih dari site mas!!!

  • pandora vega April 27, 2010, 1:55 am

    mas,saya newbie,biasanya pake panasonic lumix tz7,tp skr mo rada serius,klo milih nikon D5000 atau canon 550D?tks.

    • Enche April 27, 2010, 2:17 am

      Canon 550D

  • Rarin April 26, 2010, 3:10 am

    Mas Enche, berapa jumlah maksimal gambar/foto yang bisa diambil oleh canon EOS 450D ? Saya belinya bulan Maret 2009, sekarang sudah 5500 lebih gambar yang telah saya ambil. Tengkyu atas informasinya.

    • Enche April 26, 2010, 3:19 am

      Canon gak mengumumkan hal ini secara resmi, tapi saya tebak sekitar 50-100 ribu. Jadi masih lama. Kalaupun sudah rusak bisa di servis.

  • Santoso April 25, 2010, 1:32 am

    mas mau tanya,
    Kalau disuruh milih Canon 50D atau Nikon D90, menurut mas Enche lebih bagus yg mana? Dan apa alasannya? mohon pencerahan & bantuannya. Thanks sebelumnya.

    • Enche April 25, 2010, 1:39 am

      Saya akan memilih Canon 50D, alasannya secara umum, Canon 50D lebih baik dari D90 dari segi: kualitas badan kamera (metal vs plastik) dan kecepatan tembak, 6.3 fps vs 4.5 fps. Nikon D90 punya kelebihan juga, seperti kalau ISO 1600/3200, sedikit lebih bersih dari noise dan bisa merekam video.

      Karena harus memilih salah satu, saya lebih mementingkan badan kamera dan kecepatan tembak daripada video dan sedikit keunggulan di kualitas gambar dan video, maka saya pilih 50D. Selanjutnya, terserah Anda yang memilih sesuai kelebihan dan preferensi Anda 🙂

  • teguh April 10, 2010, 12:33 am

    mas..mau tanya..
    aku mau nawarin jasa poto liputan dan wedding..kadang saya juga pake kamera untuk liputan di luar ruangan..
    karena masih terbatas dana, bingung milih 1000d apa d3000

    dari 2 itu, mas recomended yang mana utk keperluan itu??

    klo berkenan, balas ke email saya ya mas..:)
    terima kasih

    • Enche April 10, 2010, 1:08 am

      Saya sarankan Canon 1000D. Perlu diperhatikan juga pentingnya lensa tambahan untuk keperluan itu.

  • Enche April 9, 2010, 10:10 am

    Masing-masing ada keunggulan kelebihannya. Dua-duanya cocok untuk pemula.

  • Fuad kamil April 9, 2010, 8:53 am

    Salam kenal mas…. saya lg mo blajar fotografer ceritanya !!! saya punya dua pilihan kamera yg pertama Cannon 1000D sama Nikon D 5000-VR. Minta pendapatnya kira2 kamera yg cocok untuk saya yg pemula pilih Cannon atau Nikon….mohon pencerahannya dan bantuannya,,,,

  • hapsah March 26, 2010, 3:49 am

    negara produk pabrik electronik skrang banyak.contoh nya kamera merk canon buatan negara korea,china dll.klu yang bagus nya dr negara mana?

    • Enche March 26, 2010, 8:51 am

      Kurang tau juga, tapi tentunya tiap perusahaan punya kualitas kontrol yang cukup ketat meskipun diproduksi di negara lain.

  • atifa March 24, 2010, 9:22 am

    mas, kalo disuruh milih canon 450d atau nikon d60 pilih mana? thx

    • Enche March 24, 2010, 10:05 am

      Canon 450D

  • Debby February 24, 2010, 10:03 pm

    Mas Enche makasiee yaa bt sharing knowledge-nya.
    Mau nanya nie mas, saya pemula dalam dunia fotografi.
    Saya suka dengan pengambilan landscape dan micro.
    Kira-kira kamera apa yang harus saya pilih antara Nikon D90 dengan Canon EOS 50 D?
    sebaiknya saya beli yang dengan lensa atau memilih lensa sendiri?
    Jika memilih sendiri, lensa apa yang cocok untuk camera tersebut.

    Terimakasih.
    maaf kalo pertanyaan banyak.

    (^_^)v
    Gbu

  • Enche February 8, 2010, 5:07 am

    Salam kenal juga, saya pikir tergantung model kameranya

  • bennyde February 8, 2010, 5:00 am

    salam mas enche, kayaknya lebih berat ke nikon ya?
    saya newbie pake D90, baru pindah agama setelah sebelumnya Canon EOS 1000D, setiap kamera pasti ada kelebihan dan kekurangan masing-masing tinggal melatih “soul” kita aja 🙂 salam juga buat commentator lain

  • al_boegizzt February 6, 2010, 8:27 am

    wah jadi tau dech mesti beli dslr yang mana

  • Hartadi February 4, 2010, 7:20 am

    Haloo mau tanya mas,bedanya Canon EOS dg Rebel dan Kiss X apa mas??kelebihan dan kekurangan nya apa masing masing produksi..

    Atas infonya terimakasiiiihhh..

    • Enche February 4, 2010, 7:31 am

      Sama saja, beda penamaan ditujukan ke pasar yang berbeda. Rebel untuk pasar Amerika, Kiss untuk Jepang dan penomoran seperti 450D, 1000D dsb untuk pasar lainnya.

  • ancept February 4, 2010, 2:22 am

    mas Enche…..salam kenal……kalau camera canon 500D di pasangkan sama lensa 70-300. IS USM cocok ngak ya….thank’s

    • Enche February 4, 2010, 2:34 am

      Cocok juga, itu buat foto potret bagus, foto satwa liar atau olahraga lapangan juga bagus

  • Sam February 3, 2010, 4:35 am

    thank ats infonya…..mas mau tnya saya punya dana 10 jt mau beli kamera nikon slr, kira2 type-nya yg mn y? trimksh

    • Enche February 3, 2010, 4:40 am

      Nikon D90 sedikit lebih mahal, tapi coba cari Nikon D5000

  • fabian February 1, 2010, 12:32 am

    Mas enche saya dapat pinjaman dana sebesar 20 juta. atas dana tersebut rncn di gunakan untuk membuka usaha studio kecil2 an dan jasa preweed/weed mengingat skill masih belum mumpuni, jadi fokus saya saat ini untuk meningkatkan skill terlebih dahulu sedangkan untuk pembelian peralatan saya tunda dulu. rencana dana yang ada saya pakai untuk ikut kursus photography kelas basic & intermediate dana yg dibutuhkan 7.2 juta. sisannya untuk beli kamera digital SLR.
    apakah langkah2 yang saya lakukan sudah bener ? atau mas enche punya saran yang lain

    • Enche February 1, 2010, 2:27 am

      iya benar, membeli peralatan tanpa belajar fotografi sia-sia belaka.

  • Nanda January 28, 2010, 12:42 am

    Mas mohon saran nih saya punya budget dana 18 juta, dengan dana segitu enaknnya dibelikan camera canon 50D kit & lensa atau canon 7D kit ?

    Terima Kasih

    • Enche January 28, 2010, 1:30 am

      Nanda: Canon 7D kit

  • angga January 27, 2010, 4:27 am

    Salam kenal saya angga. ada yang ingin saya tanyakan
    1. apakah kamera nikon D90 mempunyai fasilitas continous shoot seperti pada canon dan apakah bisa digunakan untuk foto Birding ?
    2. saya suka travelling dan rencana mau buka usaha foto weeding dan studio kecil2 an kira minimal kamera DSL untuk nikon dan canon apa ? kira2 lensa yang wajib yang harus di punyai untuk menunjang keperluan saya ?

    terima kasih

    • Enche January 27, 2010, 6:14 am

      1. iya, sebanyak 4.5 gambar per detik
      2. Kamera DSLr merek apa saja keluaran 1-2 tahun terakhir dan lensa 50mm

  • fitri January 26, 2010, 12:11 pm

    Mas saya mau tanya camera canon 5D mark II untuk pemula apa gampang di pelajarin ? Soalnya saya sekarang
    Gunakan kamera canon SX20IS, mohon pencerhannya mas thanks

    • Enche January 26, 2010, 2:58 pm

      ga begitu mudah, juga ga begitu susah.

  • Indra January 21, 2010, 5:34 am

    Mo tanya mas….. saya punya Nikon D5000 trus mw beli lensa Tele…kira-kira rekomendasi lensa yang harus di beli apa ya????
    dana terbatas jadi yang g terlalu mahal gitu….

    mohon pencerahan dari master-master sekalian

  • koko January 19, 2010, 1:43 am

    kalau gue sih milih canon D50, karena harganya relatif masih murah (di bawah 10 jt untuk BO) dan fiturnya banyak yang udah mencakup fitur2 untuk konsumsi fotografer PRO, makanya gue akhirnya beli canon D50 walaupun sampai sekarang gue masih banyak kebingungan oleh fiturnya yang katanya sih buat konsumsi bapak2 yang PRO.

  • Sigit January 16, 2010, 3:26 pm

    Saya pemula lebih cocok untuk pemula kamera apa yaa????? pokket, semi SLR Apa DSLR……………. Terima kasih

    • Enche January 16, 2010, 4:52 pm

      Sebaiknya SLR untuk belajar fotografi secara serius karena dalam SLR pasti terdapat fungsi manual dan juga kualitas foto lebih baik.

  • eddy January 9, 2010, 3:05 pm

    thanks penjelasannya bro,sy pemula,pake Canon 500D

  • Indra December 24, 2009, 1:43 am

    Mas ijin save dan posting di milis yah

    thanks yah

    • Enche December 24, 2009, 2:06 am

      Ok Indra, jangan lupa link balik ya. Trims.

  • beno December 19, 2009, 8:50 am

    wahh baru nemu nih site, jadi tertarik untuk baca yg bagian lain lg….

  • Ivan December 17, 2009, 10:38 pm

    Baik, mas. thank a lot lho.. Dah ada pencerahan neh,.

  • Enche December 17, 2009, 10:35 pm

    e-mail saya enche.zein@gmail.com atau di facebook (click facebook fans) di samping kanan atas.

  • Ivan December 17, 2009, 10:27 pm

    klo upgrade ke full frame, kyknya ga dulu deh, msh hrs bnyk bljr, mas,..
    Mas, ada link untuk bs hubungi mas secara lngsng ga ya?

  • Enche December 17, 2009, 10:25 pm

    ya, kualitas optiknya kurang lebih sama seperti 17-40mm cuma 17-40mm kan ga ada IS, llebih pendek 15mm dan bukaan maksimalnya f4.

    Sedangkan 24-105mm itu kalau di pakai di Canon 7D kurang lebar dan bukaan maksimalnya f4.

    Kesimpulannya, iya 17-55mm lebih mantap untuk 7D. Tiada duanya he he he…

  • Ivan December 17, 2009, 10:22 pm

    17-55mm f/2.8 IS USM, Okeh deh, tapi perbandingannya sama 17-40mm f4 L USM atau 24-105mm f/4 IS USM. brarti tetep lbh mantep 17-55nya ya, mas? arigatou ne.

  • Enche December 17, 2009, 10:04 pm

    Lensa terbaik untuk kamera crop faktor Canon seperti 50D, 7D, itu adalah 17-55mm f/2.8 IS USM lensa ini agak mahal cuma yahud sekali untuk situasi terang dan gelap. Alternatif lain adalah 15-85mm IS USM.

    Kalau suka pakai tripod, atau foto pakai lampu2 tambahan kayak studio, dan ingin upgrade ke full frame kamera (seperti 5D mk II) dalam waktu dekat (fiuh.. banyak juga ya kondisinya haha) Coba pertimbangkan 17-40mm f4 L USM atau 24-105mm f/4 IS USM.

  • Ivan December 17, 2009, 9:45 pm

    Mas,truz sebaiknya klo qt beli 7D, kira2 lensa yg cocok utk motret awali, apa ya?mumpung msh bs ngrasain salju, heheheee…

  • dyno December 17, 2009, 11:18 am

    pembahasan padat, singkat dan jelas, kern banget coi, sy masih pemula, pake nikon d60

  • Enche December 12, 2009, 7:33 pm

    @Ivan, kalau saya pilih Canon 7D

  • Ivan December 12, 2009, 1:58 pm

    Akhirnya, ketemu juga pembahasan yang bikin ati ngehhh, jd klo diminta milih, kira2 mo pilih canon 50d, 7d & nikon d300, lebih milih mana ya???

  • Lina December 11, 2009, 1:11 pm

    waah, baru nemuin ini site…thanks banyak sekali pengetahuan yg baru…jadi mo lanjut dulu baca2, baru nanti tanya2…thanks

Leave a Comment

Next post:

Previous post: