≑ Menu

Panduan memilih flash ori atau non-original

Salah satu alat yang sangat membantu untuk meningkatkan fotografi kita adalah lampu kilat eksternal. Lampu kilat eksternal bisa membantu kita bukan hanya di kondisi cahaya yang sulit, tapi juga membantu kita mewujudkan visi kreatif pencahayaan kita.

Bagi pemula, flash mungkin sebuah hal yang asing, maka itu perlu sedikit wawasan sebelum membeli flash. Di pasaran, ada flash yang mereknya sama dengan merek kamera, misalnya Canon, Nikon, Sony, (yang akan saya sebut versi original /ori) dan juga banyak flash buatan pihak ketiga seperti dari Cina seperti YongNuo dan Nissin.

Beda flash yang ori dengan non-ori biasanya terletak pada harga dan kontrol kualitas (QC). Produk ori memiliki QC yang lebih ketat namun harganya bisa berlipat lebih mahal karena penjualannya melalui sistem distribusi tradisional yaitu dari pabrik->distributor besar-> distributor grosiran/dealer/agen ->pengecer sehingga jatuhnya ke pelanggan mahal.Β Sedangkan sistem distribusi seperti produk non-ori biasanya langsung didistribusikan oleh pabrik langsung ke pengecer atau pelanggan, sehingga jatuhnya lebih murah.

Kelebihan lain produk ori yaitu terletak pada teknologi yang dipakai biasanya up-to date dengan teknologi kamera, dan juga memperhatikan kompatibilitas dengan banyak produk di masa lalu dan di masa depan, sedangkan yang non-ori sering berubah-ubah setiap tahun sehingga aksesoris yang dibeli saat ini, satu, dua tahun lagi saat ganti kamera mungkin sudah tidak kompatibel lagi dan harus membeli versi barunya. Hasil dari flash ori juga lebih konsisten dan akurat.

Bagi mempunyai budget rendah, tapi membutuhkan flash, sepertinya merek non-ori bisa menjadi andalan, tapi bila yang memiliki dana lebih, tidak ada salahnya membeli yang ori, karena lebih tahan banting, layanan purna jual lebih baik dan juga hasil lebih konsisten. Bila ingin membeli beberapa lampu kilat, sebaiknya memilih merek atau model yang sama karena hasilnya akan lebih konsisten dari suhu warna cahaya dan output. Selamat menimbang-nimbang.

———————–
Yuk, ikuti workshop creative lighting dengan flash

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 314 comments… add one }
  • ECHO July 18, 2013, 3:11 pm

    koh minta sarannya ….. saya skrg pakai canon 600D nah kira2 untuk lampu blitznya yang sesuai dengan kelas kameranya apa y koh ?

  • ECHO July 18, 2013, 3:00 pm

    Koh saya mau tanya….skrg saya pakai canon 600d , kira2 lampu blitz yg cocok untuk kelasnya apa y koh ?

    • Enche July 18, 2013, 3:01 pm

      @Echo kalau yang merek Canon, yaitu Canon 430EX II, atau merek pihak ketiga untuk menghemat, yaitu YN 467 II.

  • ripai July 16, 2013, 10:09 pm

    om..numpang tanya sya pki nikon d5100 dan pki blitz amity 820mz. hasilnya putih objekx tertutup warna putih cahaya blitz……………….apa yang harus saya lakukan

    • Enche July 17, 2013, 12:09 am

      @ripai kemungkinan kekuatan flashnya terlalu besar? coba dikecilkan atau dijauhkan dari subjek

  • ki tadho koesoemo July 6, 2013, 12:47 pm

    siang bang enche…
    Yongnuo 560 II bisakah ditrigger dengan PT-04ne?

  • frengki June 27, 2013, 9:23 pm

    Ko, mau tny nih yang kiranya pas dan hasil flash mantap untuk nikon D7000 diantara Yongnuo 560 mark III, Nissin Di866 Mark II atau Nikon SB910? Bingung karna blm ada yg review hasilnya. TQ

  • yusuf Maulana June 22, 2013, 4:17 pm

    saya mau tanya saya pake canon 1000D saya pengen beli flash tapi anggarannya mentok 1 jt apa ya yg cocok? yg sudah TTL,wireless,LCD

    • Enche June 25, 2013, 10:43 pm

      @yusuf coba cari YongNuo 560 EX TTL

  • Hong June 18, 2013, 3:58 pm

    Koh Enche, akhirnya aku beli recommend suhu, canon 430exII, bener deh. harga ga boong. kualitas foto meningkat drastis.
    Kamsia koh

    • Enche June 18, 2013, 4:06 pm

      @Hong sip lahhh

  • Liz June 16, 2013, 2:53 pm

    untuk canon 650D, kira2 lampu flas mana yang stabil dan pas di 560D dari sedang, tenggah2, yang tinggi dari segi harganya

    • Enche June 17, 2013, 1:10 pm

      @Liz Canon 430EX II

  • bonnie June 12, 2013, 4:42 pm

    mas…selamat sore
    saya pengguna d3100, untuk flash yang pas apa ya, klo yg merk nikon seri apa dan klo merk nissin serinya apa, klo ada saran untuk merk lain?
    terima kasih banyak ya

    • Enche June 13, 2013, 12:27 pm

      @bonnie Nikon Sb700 atau Nissin 622 mk2

  • Hong June 7, 2013, 9:52 pm

    Koh Ence, saya pakai 600D, masih newbie, pingin beli flash, recommend apa ya? Buat daily use aja sih. Maunya bisa untuk meliput acara. Murmer deh..
    Tq

    • Enche June 10, 2013, 11:58 am

      @Hong coba cari flash yang mereknya Yong Nuo, biasanya murah πŸ™‚ Cuma kalau mau yang lebih bisa diandalkan, Canon 430EX II

  • adhi June 1, 2013, 9:24 pm

    Hai om mo nanya nih

    Klo utk d5000 lbh rekomen mana antsra yongnuo 560 dan nissin 622. Makasi

    • Enche June 3, 2013, 7:37 pm

      @adhi Saya sendiri gak pernah pakai keduanya. Setau saya 560 kekuatannya lebih tinggi, tapi Nissin reputasinya kontrol kualitasnya lebih oke. Silahkan memilih.

  • win May 28, 2013, 4:04 pm

    om enche mau nanyak ni…. saya pake canon 600D, coba pake flash amity 820 MZ tapi ga mau nyala flashnya… pake flash canon juga ga mau… masalahnya pada apa ya mas…?? tolong bntuannya ya om …

    • Enche May 28, 2013, 5:08 pm

      @win mungkin masalahnya di hotshoe (dudukan flash) di kameranya. Bisa jadi perlu diservis oleh teknisi yang lebih tau soal masalah ini.

  • fadhil May 28, 2013, 2:09 pm

    kak enche…
    sya mw tnyak camera sya canon 600d
    sya mw cri flash,,,bagus nya youngnuo yn-560 II atau yn-560 EX ???
    trmksh,,,,

    • Enche May 28, 2013, 5:07 pm

      @fadhil yang EX bisa otomatis (menyesuaikan intensitas cahaya sendiri( kalau dipasang di kamera Nikon atau Canon, tapi yang II gak ada fungsi otomatisnya. Jadi tinggal dipertimbangkan saja, kira2 butuh fungsi otomatis atau tidak.

  • dito May 27, 2013, 6:33 am

    budget saya maksimal 2 jutaan, om enche,,, flash p yg cocok dgn kamera sy dgn harga sgitu ?

  • dito May 26, 2013, 8:25 am

    om ence, sory ni gua msh newbie,, sy mau tanya sy punya canon 60 d lensa kit 55 mm dan 135 mm bawaan canon enaknya pake flash p yg memadai n tdk terlalu mahal ( uang saku terbatas , heheh )

    • Enche May 26, 2013, 7:49 pm

      @dito budgetnya berapa ya? saran saya Canon 430EX II

  • pradipto May 26, 2013, 6:31 am

    Pak enche, mau tanya, saya baru beli Di622 Mark II untuk kamera D3100 saya. Memang belinya bekas punya teman yang jarang dipakai. Yang mau saya tanyakan, saat saya coba dengan lensa kit, zoom headnya tidak mengikuti pergerakan lensa. apakah memang seperti itu?

    terima kasih.

    • Enche May 26, 2013, 7:50 pm

      @pradipto mestinya bisa kalau kepala flashnya diarahkan kedepan.

  • agung May 18, 2013, 11:45 pm

    Om,aku mau nanya???
    Aku punya kamera canon eos 60d…
    Bagusnya aku pake lampu flash apa ya??

    • Enche May 20, 2013, 9:57 am

      @agung saran saya Canon 430EX II

  • kim adhen May 18, 2013, 8:59 pm

    koh cameraku 50D lensa sigma apo macro 180mm f3.5.
    flash yg cocok apa nieh koh???? untuk belajar makro
    terimakaseh. ^_^

    • Enche May 20, 2013, 9:52 am

      @kim ada dua jenis flash buat macro yaitu Macro Twin Lite MT-24EX (dua lampu, enaknya bisa diatur-atur posisinya dengan fleksibel), Macro Ring Lite MR-14EX (memberikan cahaya yang merata).

  • Ratih Mozcie May 17, 2013, 3:31 pm

    sore mas enche, aku punya camera canon 550d, bagusnya pake flash apaan yach yang multi guna?
    thanks before

    • Enche May 18, 2013, 9:36 am

      @Ratih saya sarankan Canon 430EXII

  • ary May 11, 2013, 9:24 pm

    salam sejahtera gan,,,_aq ary
    bgi info dong,, aq pke nikon d5100
    cocoknya pke speedlight tepe brp,, yg ori,,

    • Enche May 12, 2013, 10:50 am

      @ary salam juga. Saran saya SB700

  • Suardika May 7, 2013, 8:12 am

    Maaf om mo nanya, saya pake nikon d5100, flash non ori merek dan type berapa yang cocok dengan bugjet >1jt ya, tks atas masukannya…

    • Enche May 7, 2013, 9:59 am

      @Suardika Saran saya Yongnuo YN-560 II

  • Yohanes walterius April 22, 2013, 7:18 am

    Berapa jauh jangkauan lampu kilat pada fuji hs25exr.tx

    • Enche April 22, 2013, 10:45 am

      @Yohannes saya kurang tau tenaga flashnya, biasanya cukup kecil powernya jadi paling-paling 5-6 meter saja jangkauan efektifnya.

  • bayoe March 25, 2013, 6:41 pm

    Om Enche, sy pemula memakai kamera Nikon D3200 utk Flash yg cucok tipe apa ya (merk third party aja) terima kasih…

  • Desi March 21, 2013, 9:33 am

    Dear Om Enche,
    om mau tanya, saya pakai nikon D5000 kira2 flash yang cocok untuk nikon D5000 apa rencananya mau pakai Nissin Di622 atau Nissin Di866 gimana om?

    • Enche March 21, 2013, 11:37 am

      @Desi kedua flash yang disebut cocok-cocok saja digunakan (asal memang buat kamera Nikon ya). Bedanya kalau yang Di866 lebih kuat, tapi juga lebih mahal dan berat.

  • Ardiansyah March 10, 2013, 7:34 am

    Om saya punya kamera 7D, bagusnya pakai flash yang mana yah? Klo budget sih saya rasa cukuplah

    • Enche March 13, 2013, 6:40 pm

      @Ardiansyah, salah satu dari flash ini bagus Canon 430EXII, 580EXII atau 600RT. Yang angkanya makin besar makin kuat powernya cuma lebih berat.

  • ogie March 8, 2013, 10:09 am

    om enche, saya pake canon eos 600D kira2 saran dari om bagus nya pake fash merk apa?type apa?
    bugdet <1 jt
    terima kasih om

    • Enche March 8, 2013, 10:26 am

      @ogie Coba cari flash YongNuo

  • Zainal March 6, 2013, 3:25 pm

    Um Enche, sy pake D7000 bagus mana antara SB 700,800,900 atau 910
    serta kelebihan dan kekurangannya diantara lampu2 tsb mohon sarannya
    terima kasih

    • Enche March 7, 2013, 9:23 am

      @Zainal pada dasarnya makin tinggi angkanya makin kuat lampunya. SB800 dan SB900 sudah tidak diproduksi, jadi saya sarankan SB700 atau SB910. Pertimbangan untuk membeli SB700 adalah lebih kecil dan ringan, SB910 agak besar tapi kekuatannya lebih tinggi.

  • natsir salasa March 4, 2013, 10:47 am

    On ence Saya lagi kebingungan nii soal flash,,,
    Saya pakai body canon 7d. Lebih bagus mana antara nissin di866 mark II Dan metz mecablitz 50 af-1??? Soalnya dana terbatas untuk 2 tipe flash itu saja om ence,,, terimakasih

    • Enche March 5, 2013, 9:43 am

      @natsir Nissin di866 mk II saja

  • Adi February 6, 2013, 3:00 pm

    Dear Mas Enche,

    Sy menggunakan Nikon D7000. Kira-kira lampu kilat dengan merek apa dan spesifikasi seperti apa yg cocok dengan camera dan fotografi indoor sy?
    Note: Budget sekitar 1,5-2 jutaan.

  • anthony chandra January 17, 2013, 3:31 pm

    622 mk 2 dibanding yongnuo YN560EX gmn oom? harganya lumayan jauh beda, gn lebih besar dan uda ttl. bingung antara 2 ini. makasih sebelumnya πŸ™‚

    • Enche January 23, 2013, 7:54 pm

      @anthony beli yang lebih kuat saja powernya πŸ™‚

  • uki December 28, 2012, 9:50 am

    om enche, saya sudah punya 7d, kalo dipasangin dengan flash 320ex cocok ngk om? thanks

    • Enche December 31, 2012, 3:04 pm

      @uki tanggung, 320EX tenaganya agak lemah

  • Valeria December 21, 2012, 11:35 pm

    pak, saya baru belajar fotografi, pengguna D5100 dan kit lens. Banyak moto liputan acara sekolah dan foto sehari-hari. Ada temen senior fotografi mau jual flash Nikon sb-700 dan saya pengen beli. Menurut Anda perlu nggak?

  • andi November 29, 2012, 10:49 pm

    Om mau tanya, flash non ori untuk dpasangan pd nikon d7000 dan bagus untu strobist apa ya?
    thx om sblmny

    • Enche November 30, 2012, 11:39 am

      @andi Flash merek Nissin barangkali? seperti Nissin Di622 mk2 atau yang lebih kuat lagi

  • omgun November 20, 2012, 7:58 pm

    MAZZ mo tanya sya baru beli nikon d3100 trus saya belikan blitz amity 820 MZ stelah saya coba hasilnya kok putih terang malah gak kelihatan objek yng saya bidik…gimana cara settingnya maZZ apa mmng tdak cocok pa ada cara laen…..maklum masih pemula…makazich mazz seblumnya

    • Enche November 21, 2012, 5:51 am

      @omgun di flashnya coba diset kekuatannya/powernya rendah

  • Susanto November 12, 2012, 12:55 pm

    Om,… saya masih pemula dgn kamera DSLR, saya menggunakan E1100D Flash dan Lensa apa yang cocok u/ foto Close Up

    • Enche November 12, 2012, 2:44 pm

      @Susanto flash yang saya anjurkan Canon 430EX2 dan lensa 85mm f/1.8

  • rafi November 11, 2012, 9:31 pm

    om ,saya mau tanya untuk D3100 lebih cocok Nissin Di866 atau Nissin di622 mark II
    makasih πŸ™‚

  • david November 10, 2012, 10:48 am

    flashnya sy pasang di body kameranya bro,sudah sy coba di t4 terang / gelap dan dengan berbagai mode (auto,ttsl,manual) tetap sj nembaknya berkali2,apakah flash nikon (sb600,700,dst) sama serti sy?

  • david November 9, 2012, 4:31 pm

    bro enche mo nanya nih, sy baru punya dslr nikon d5100, blakangan ini sy jg baru beli 2nd flash nissin 688, pertanyaan sy…knapa stiap x dipake foto si flash nembak sinar berkali2 ya (klo ga salah kluar 3x,dan yg ke 3 foto baru jadi),apakah itu normal?

    • Enche November 10, 2012, 7:39 am

      @david saya kurang pengalaman soal flash tersebut. Apa mungkin itu lampu pembantu autofokus? coba di tempat yang agak terang dan apakah tetap demikian?

  • Adhitya October 30, 2012, 9:35 am

    saya pakai canon 600D , dan berencana membeli flash nissin di622 , perbedaannya dengan di622 mark II itu apa ya??dan untuk fungsi newbie prefer yang mana??terima kasih.

    • Enche October 31, 2012, 7:25 am

      @Adhitya perbedaannya yang mark2 bisa pakai wireless trigger, saran saya yang mark2

  • Richard October 20, 2012, 10:46 pm

    Saya punya DSLR Sony a330 dan Sony Pocket DSC-W610,krn budget terbatas utk beli 1 Flash external dan bisa dipakai keduanya, kira-kira merk apa yang cocok ?juga merk trigger nya

    • Enche October 22, 2012, 4:38 pm

      @Richard saran saya Sony HVL-F43AM. Sebagai info, Sony DSC W610 gak bisa dipasangin flash

  • denny September 17, 2012, 9:51 pm

    met mlm om,diantara flash 430EX II & 580EX II, mana yg lebih cocok utk CANON EOS 60D… TRMKASIH…

    • Enche September 17, 2012, 9:58 pm

      @denny keduanya cocok kok. Bedanya 580EXII kekuatannya lebih besar

  • awal September 16, 2012, 1:35 pm

    slm kenal mas, sy awal dr makassar mau nanya ttg flash eksternal yg cocok
    u/camera fujifilm finefix hs25exr. trima ksih sblmx

    • Enche September 17, 2012, 9:17 pm

      yang cocok Fujifilm Flash EF-42

  • Millton Lucano September 11, 2012, 12:02 pm

    iya dari yang saya baca dy bisa jadi master ya..tapi sepertinya menjatuhkan pilihan di 430ex2 saja..buat first buy flash dlu..hehe sayang ya 580 diskontinyu ckck
    makasih om enche..:D

  • Millton Lucano September 10, 2012, 2:07 pm

    setelah baca tulisannya dan baca komennya baru sadar kalo ini enche tjin πŸ˜€ yang gw ad bukunya dua”nya dslr itu mudah dan lighting itu mudah hehe mau nnya untuk ext flash buat 60D skrg ini best buy’nya apa ya? 430ex II uda cukup? ato 600ex?..lalu bedanya dimana ya kedua itu kalo dr performa om? makasih

    • Enche September 10, 2012, 2:09 pm

      430EX2 cukup untuk banyak keadaan. 600EX lebih kuat, bisa buat picu flash2 Canon lainnya, ukurannya jauh lebih besar dan mahal.

  • zenshaw September 1, 2012, 7:56 am

    mas enche saya rencana mau beli flash canon 430EX II untuk dipasangkan dgn EOS 500D apakah itu investasi yg bagus πŸ˜€

  • Poncho August 23, 2012, 11:35 am

    Om mau tanya ttg Flash Metz 58 AF-2 Digital bagus ngk kualitasnya dibanding canon 580 EX ? Camera saya eos 7D. Thanks.

    • Enche August 23, 2012, 11:44 am

      @Poncho kualitas flashnya lumayan bagus, memang dirancang untuk bersaing dengan 580 EX.

  • Rachmad August 16, 2012, 11:07 am

    Om, saya mau minta saran, apa ada rekomendasi buat beli flash untuk Nikon D3100 dengan budget yang minim.
    yang non-ori tentunya om.

    • Enche August 16, 2012, 11:56 am

      @Rachmad Nissin di622 mark II

  • Ronny July 25, 2012, 12:52 pm

    mau tanya ko, flash Nissin Di622 mk2 dengan Yong Nuo YN-565 Ex, lebih baik yang mana?

  • ardi July 25, 2012, 9:01 am

    kalau saya ada budget kurang dari 2 juta, beli flash merek apa y selain canon, tapi kemampuannya setara 420
    makasi banyaakkkk

    • Enche July 25, 2012, 9:19 am

      @ardi Nissin Di622 mk2 bagaimana?

  • refin firmansyah July 23, 2012, 11:36 am

    Agan2 sya bngung mau beli flash buat nikon D90 bgus nya apa ya? tp nggk terlalu mhal lah
    klo yongnuon speedlite brpa? thnks agan

    • Enche July 23, 2012, 10:43 pm

      @refin kurang tau ya harga2nya, langsung cek ke toko aja ya hehe

  • andi July 21, 2012, 2:30 am

    Om Enche, saya pakai Canon 1100 d, masih 1 minggu sich…hehehe. Saya punya flash merek Franka yg dulu saya pakai saat masih pakai kamera analog/film merek Cosina CT-1.
    Tapi kenapa ya kok flash-nya tidak bisa digunakan di Canon 1100 d. Lampu flash-nya tidak menyala saat saya motret. Padahal saat dicoba tanpa dipasang di kamera (dipencet tombol merah kecil) lampu flashnya menyala. Apakah memang ada perbedaan antara lampu flash yg dipakai pada kamera analog dengan DSLR.
    terima kasih

    • Enche July 21, 2012, 4:30 pm

      @andi maaf, kurang tau juga, mungkin tidak kompatibel.

  • Toras July 4, 2012, 11:34 pm

    om, saya pakek canon 550 D, msih newbie, mo bli flash tp budgetnya gx lebih dari 1 juta, saya suka moto indoor..
    bgusnya bli flash yg mna y..?

    • Enche July 8, 2012, 9:00 am

      @Toras mungkin bisa cari merek flash YongNuo

  • indah July 2, 2012, 6:08 am

    om enche, kamera saya 550D dan masih pake lensa 18-55. saya berniat beli flash external. budgetnya gak lebih dari 2 juta. lebih sedikit gak apa deh hehe. lebih baik beli sekarang 320EX atau nabung lagi utk beli 430EX II ?

    makasih

    • Enche July 3, 2012, 1:33 pm

      @indah nabung lagi

  • igor June 15, 2012, 4:36 am

    om enche mau tanya nih beda angka pada flash mempengaruhi apa yah? contohnya Canon Speedlite 270EX, luntuk spesifikasi Canon Speedlite 270EX apa sudah baik?
    thanks.

    • Enche June 20, 2012, 10:54 pm

      @igor saya tidak sarankan 270EX karena banyak keterbatasannya, misalnya tenaganya dan tidak bisa diputar. Saran saya 430EX atau yang lebih bagus lagi.

  • Enche June 2, 2012, 11:18 pm

    @Tiens, 5D mark II gak ada internal flashnya. External flash yang cocok Canon 430EX2, 580EX, 600EX

  • Tiens June 2, 2012, 11:11 am

    Om Enche, cara setting internal flash di 5d mark II bgmn? Maklum gaptek, pas beli lupa nanya sama salesnya. Seandainya mau beli external flash baiknya tipe yg mn?
    Tks.

  • didit budyantara May 23, 2012, 10:28 pm

    om enche saya sudah beli lighting itu mudah-nya
    sangat membantu…
    untuk Canon 60D flash yg murah sebaiknya TTL atau Manual?
    Nissin atau Youngno?
    Untuk pemaakaian offshoe buat strobist-an perlu beli trigerr tidak?
    terimakasih.

  • andry May 10, 2012, 6:19 am

    ud beli dan baca buku om enche yang lighting itu mudah. trus sekarang jadi mau beli external flash buat d5000. karena budget terbatas. mau pilih external flash yang third party.. masih bingung antara yongnuo dan nissin. kalo nissin sih pilihan sama di622 mark II . kalo buat d5000 kira pilihannya ke yongnuo or nissin ? jadi bukunya bisa dipraktekin langsung. he2. thanks yah.. om enche

    • Enche May 10, 2012, 11:15 am

      @andry nissin aja πŸ™‚

  • ryan May 1, 2012, 3:53 am

    untuk canon 1100D bagusnya pake flass apa yang hargnya terjangkau karna budjet terbatas…..karna saya masih newbie jadi mohon sarannya

    • Enche May 1, 2012, 4:01 am

      Coba Nissin 622 mark II atau kalau mau yang Canon, Canon 430ex

  • frans April 27, 2012, 12:16 am

    Untuk Canon 550 bagusnya pakai flash 320 atau 420? Karena budjet agak terbatas.
    Saya pakai kamera yang masih tipe standar.
    Terima kasih.

    • Enche April 29, 2012, 11:45 am

      320 itu kalau sekalian untuk video lumayan karena ada LED nya, kalau gak butuh itu 420 lebih ok.

  • Muhyiddin January 30, 2012, 8:10 am

    malam om,,langsung aja ya.
    untuk canon 550D lebih prefer pake flash apa ya?
    yang pasti satu ibu πŸ˜€
    ada 2 opsi yang saya pikirkan, 430ex II dan 580ex II,,
    selama ini saya menggunakan kamera ini untuk hunting, foto produk dan prewedding dengan cahaya alam, setelah beberapa lama saya berpikir untuk menambah flash. mohon bantuannya om,,terima kasih

  • Hartono January 29, 2012, 9:29 pm

    Pak Enche untuk travelling saya ingin membawa flash yg kecil. Flash apa yg sebaiknya dibeli ? Saya sedang melirik SB 400, tp hanya bisa bounce & tidak bisa rotate. Mohon sarannya. Tq

  • yudha January 14, 2012, 11:49 am

    om mau nanya.
    saya punya kamera canon 550D dan lensa 18-135 bagusnya pakai flash seperti apa ya? budget saya baru bisa ke yang tidak ori. thx

    • Enche January 14, 2012, 12:27 pm

      Nissin Di622 mk 2

  • rnazir January 4, 2012, 6:32 am

    mas enche saya ada niat beli flash, apakah pertmbangannya hanya dari ori atau bukan, apakah ada spec yang lain misalnya dengan lensa yg dipakai mungkin wattnya atau lain-lain

    terima kasih

    • Enche January 13, 2012, 10:55 pm

      @rnazir kekuatannya (diekspresikan dengan GN/guide number), lalu fitur2nya

  • Enche November 23, 2011, 12:57 am

    Pengalaman saya sih cukup stabil 430exII dan lumayan praktis karena gak berat. Kalau butuh tenaga lebih banyak mesti cari flash yang lebih kuat. Cuma karena keduanya flash portabel dan tenaganya dari batere, maka kekuatannya juga beda-beda dikit aja. Kalau mau yang lebih kuat lagi, mestinya pakai yang tipe studio atau metz mecablitz.

    Softbox dan payung pada intinya berfungsi, sama yaitu melembutkan cahaya. Softbox lebih bisa mengarahkan cahaya, sedangkan kalau payung lebih menyebarkan cahaya. Payung itu mudah dibawa2, softbox agak repot, ukurannya besar dan tidak mudah di lipat.

  • adrian November 23, 2011, 12:48 am

    makasih koh infonya.. πŸ™‚
    cmn saya msh pertimbangkan nissin di866 krna GN nya yg besar.. sjauh ini mmakai YN467, srg kli power krg memadai..
    saya pakai untuk foto outdoor melawan sinar matahari buat ngilangin shade dari wajah, atau indoor ruangan yg agak besar si yongnuo krg mumpuni ;(
    gmna pengalaman koh enche memakai canon 430ex ii?
    mau nnya jg soal lighting, bedanya softbox sama umbrella apa ya? mending invest dmna dulu..
    trima kasih banyak πŸ™‚

  • Powandi November 21, 2011, 2:21 pm

    Mas enche, mo minta saran. Saya menggunakan kamera Canon 550 dgn lensa kit 18 55, kira2 lampu flash yg cocok yang merk dan tipe apa? Baik yg ori maupun non ori.
    Bagaimana dgn Sigma EF-610 DG Super?
    Thx..

    • Enche November 21, 2011, 11:45 pm

      Sigma EF-610 bagus, yang versi canon 430 EX II

  • Enche November 21, 2011, 1:14 pm

    Saya prefer yang Canon 430EX II alasannya supaya gak pusing ama kualitas kontrol flash buatan pihak ketiga.

  • adrian November 21, 2011, 12:15 pm

    kalau antara nissin di866 mk ii sama canon 430ex ii mending mana ya koh?
    harganya krg lebih sama..

  • Arya November 20, 2011, 2:15 am

    Bang, saya sedang bingung milih Flash. Pilihannya antara SB-700 dan SB-900. Kalo SB-700 kan termasuk baru produknya, dan tombol2nya juga lebih banyak. kalo SB-900 menang GN nya. gimana ya?

    • Enche November 21, 2011, 11:53 pm

      Benar, tinggal Arya prioritaskan kemana? SB700 itu lebih kecil dan ringan, lebih enak dipakai, SB900 memang tenagannya lebih besar, tapi suka overheat dan hang kalau digeber terus menerus. Bentuknya juga besar dan berat. Kalau kameranya kecil jadi ga imbang.

  • Richard October 12, 2011, 8:00 pm

    Kalau boleh tau alasannya Ko Enche memilih SB-900?

    • Enche October 12, 2011, 8:14 pm

      Hasilnya lebih konsisten dan kalau pakai creative lighting systemnya juga lebih cocok dengan sb700.

  • Richard October 12, 2011, 9:57 am

    Saya mulai coba Strobist dengan Nikon SB-700.
    Saya mau mencoba dengan 2 flash.
    Mana yg lebih pantas dari hasilnya, Nikon SB-900 atau Metz MB 58 AF-2 ?

    • Enche October 12, 2011, 11:44 am

      Nikon SB900 dong

  • Enche October 10, 2011, 11:57 pm

    Canon 430 EX II
    Canon 580 EX
    Canon 320 EX

  • dewi October 10, 2011, 11:52 pm

    Mau nanya Mas…flash apa yang sesuai utk kamera canon 7d? tolong kasih beberapa alternatif ya mas utk pertimbangan budget nya….thank’s

  • Henry August 19, 2011, 3:55 am

    jadi penuh dilema nih milih YN apa Nissin

  • Enche August 19, 2011, 3:44 am

    Gak ada si, soalnya biasanya kan biasnaya yang bermasalah komponen dalamnya. Memang beli YN gitu seperti judi hehe

  • Henry August 19, 2011, 3:39 am

    bukan, maksudnya cara milih YN460 yg bagus
    banyak YN460 yg bermasalah, contoh di charge bunyi, mledak, ga nyala sama sekali

    ada tips milihnya ga ?

  • Enche Tjin August 19, 2011, 3:05 am

    Cara memilih flash selain YN 460?

  • Henry August 19, 2011, 3:02 am

    koh enche, flash nya yongnuo 460 banyak yg bermasalah
    ada tips untuk cara memilihnya ?

  • Alza Cech August 14, 2011, 11:46 pm

    Selamat siang komandan. Boleh minta penjelasannya ga gan tentang Flash Yongnuo 460 II ? saya baru aja beli nih gan buatr belajar strobist

  • mursal buyung July 29, 2011, 10:30 am

    malaM OM. CANON EOS KISS X 5, COCOK NE DGN FLASH OPO OM, TQ

    • Enche July 29, 2011, 11:06 am

      Canon 430EX II atau 580 EXII

  • rangga July 22, 2011, 9:04 am

    @ koh enche :

    Terima kasih koh.. Atas influence nya.

    Dgn ada nya bantuan pemilihan flash 3rd party saya dan teman”
    Tidak di buta kan dengan merk. Ataupun harga yang bersaing.

    Terima kasih saran nya koh…

    Semoga info ini menjadi sangat berguna buat semua. Baik fotografer pemula ato pun
    Salam :
    Rangga pramudita

  • Rangga July 21, 2011, 11:23 pm

    salam kenal ko enche

    bisa kasih masuk kan aja yg to the point untuk merek 3rd party flash..
    kan di pasaran sangat banyak yang beredar.
    minimal yg ter-LUMAYAN dari pada ORIGINAL.

    bukan ingin brand war tetapi kita disini hanya sharing dan menemukan yg terbaik

    kebetulan sekali saya ingin memiliki akan tetapi dana cekak yg mengurungkan niat beli original

    salam :
    rangga Pramudita

    • Enche July 22, 2011, 12:10 am

      Terus terang saya tidak pernah mencoba yang non-original tapi menurut pengamatan saya merek Nissin cukup baik.

  • Iwan July 14, 2011, 10:56 pm

    Bung Enche, saya punya flash YN-460 II karena lama tak dipake, sekalinya dipake lagi nyalanya cm berkedip kecil saja, kalo istilah jawanya “mejen” , apa ya penyebabnya ??

  • tarmizi June 10, 2011, 5:38 am

    sore pk enche
    saya mau tanya masalah aperture dgn DOF
    memperbesar aperture mis f/22 akan menambah DOF sehingga area tajam dlm foto makin besar meliputi obyek yang jauh dan dekat sehingga ketajaman foto berkurang, pengertian sy diatas betul pk enchen atau terbaik aperture f/22 dgn pembukaan sempit bukat malah fokus lebih tajam dan sekitarnya yg jaung jadi blur
    terimakasih
    Maaf pk enche sy tadi yg sms yg mau beli bukunya

    • Enche June 10, 2011, 8:08 am

      Aperture/bukaan itu kalau semakin besar, angkanya makin kecil –> ruang tajamnya tipis, contoh f/1.4 –> latar belakang blur
      Sebaliknya kalau semakin kecil, angkanya semakin besar –> ruang tajamnya besar contoh f/22 –> latar belakang tajam

      Semoga bisa dipahami ya pak πŸ™‚

  • Rozi June 3, 2011, 10:36 am

    Apa sih gunanya built in fill card pada flash eksternal, lagi bingung mau sb 600 apa sb 700

    • Enche June 3, 2011, 10:42 am

      built-in fill card itu mengirimkan sedikit cahaya ke depan saat kepala flash diarahkan keatas.

  • Rozi June 2, 2011, 10:54 am

    Salam kenal mas enche…, Apa sih gunanya built in fill card pada flash eksternal

  • Enche June 1, 2011, 10:32 pm

    Bisa kok, mantap juga

  • Nyoman_abdee June 1, 2011, 10:31 pm

    nice article….

    kl canon speedlite 430 dipasangkan dg kamera 550d gmn kira2 mas?, pengen beli yg 430 coz harganya agak terjangkau di banding yg satunya….

  • tukang foto May 28, 2011, 1:32 pm

    Trus panduannya mana?
    Kalo gitu doang semua orang jg tau kalee!
    Gak usah dikasih tau jg orang penginnya beli yg original manufacture, bukan pihak ketiga.

    Sparepart motor/mobil sebaiknya yg ori, bukan kw.
    Tinta printer sebaiknya ori, bukan refill.
    Batere HP sebaiknya ori, bukan kw.

    Udah bedain fotografer dgn tukang foto, skrng ulasan yg semua orang udah tau.
    Makin gak bermutu!

  • Enche May 25, 2011, 9:47 am

    iya simpel banget Efrata πŸ™‚

  • Efrata May 25, 2011, 9:37 am

    Berarti kesimpulannya yang ori lebih bagus, lantas non ori jadi pilihan kalau budget tidak mencukupi, kira2 begitu ya mas enche??? cukup sederhana ya..

  • Ahmad Nashrullah May 25, 2011, 6:28 am

    Terima Kasih mas enche’..saya menyimak dan memberi wawasan dan mempertimbangkan bagaimana dan gimana, dengan begini minimal saya tau mana dan apa yg harus di lakukan untuk beli lampu flash…info yang sangat inspiratif infofotografi.com…

  • Enche May 25, 2011, 5:59 am

    SB800 juga udah gak diproduksi sepertinya, jadi SB700 saja.

  • supri yanto May 25, 2011, 5:55 am

    klau begitu pilih mana antara sb700 ama sb800…klau yg sb900 terlalu mahal…….

  • Enche May 25, 2011, 4:31 am

    @Supri

    + Ringan, relatif kecil
    + Mudah digunakan
    + Cukup kuat
    + Kualitas bahan casing cukup baik
    – Antar muka dan desain menu & tombol2 kurang baik
    – Gak ada built-in fill card
    – Zoom terbatas (sampai dengan 85mm)

    SB600 sekarang sudah agak sulit dicari karena sudah digantikan produksinya ke SB700

  • supri yanto May 25, 2011, 4:25 am

    bagaimana kelemahan dan kelebihannya nikon sb-600

  • lia yud May 25, 2011, 3:42 am

    bener2 pengen beli… pengen belajar strobist πŸ™‚

  • Enche May 25, 2011, 2:13 am

    kurang tahu pak mansyur

  • mansyur May 25, 2011, 2:01 am

    kalau fomei 420n gmana bagus gak?

Leave a Comment