≡ Menu

Review kamera ponsel Xiaomi Mi 11

Mi 11 adalah salah satu ponsel premium Xiaomi yang memiliki kualitas yang baik di segala aspek termasuk memiliki modul kamera kelas atas, salah satunya yaitu kamera 108MP dengan sensor berukuran relatif besar 1/1.33″ (crop factor 3.8x) 0.8µm, lensa f/1.9 dan lensa lebar ekuivalen dengan 26mm.

Secara desain, ponsel ini punya layar yang relatif besar yang melengkung ke sisi ponsel (waterfall display) yang menyebabkan ponsel ini terlihat ramping. Sebagai ponsel yang berlayar besar, ponsel in tidak berat, yaitu sekitar 196 gram. Seperti ponsel masa kini lainnya, Mi 11 punya beberapa modul kamera tambahan, diantaranya modul kamera dengan lensa ultrawide 13 MP f/2.4 sensor 1/306″ 1.12µm, juga lensa tele makro 5MP dengan sensor 1/5″ 1.12µm.

Di mode foto standar, ponsel ini akan menghasilkan gambar beresolusi 6016 x 4512 (27mp). Kualitas hasil gambarnya bagus dan detail. Ada pilihan 108MP di menu, yang menghasilkan gambar 12032 x 9024 pixel (108mp). Namun kualitas gambar 108MP justru tidak terlalu banyak peningkatan dari segi detail dibandingkan dengan mode standar 27MP. Dan di berbagai situasi mode standar 27MP lebih baik.

Seperti kamera ponsel pada umumnya, yang unggul dari kamera Xiaomi 11 adalah computational photography seperti night mode. Di Mi 11, mode night mode dapat digunakan untuk kamera utama maupun kamera ultrawidenya. Di kondisi kurang cahaya, saat mode AI (Artificial Intelligence) diaktifkan, kamera akan mengambil gambar dengan cepat dalam waktu beberapa detik, kemudian kita menggabungkannya menjadi gambar yang kualitasnya lebih baik.

Di kondisi cahaya yang cukup terang, misalnya pemandangan pusat kota Jakarta di malam hari, kualitas gambar yang dihasilkan sangat baik, namun kondisi cahaya yang gelap seperti pertokoan di malam hari, kualitas gambarnya kurang detail jika di diperbesar.

Pemandangan kota Jakarta di malam hari dengan Night mode dan kamera utama
Crop dari foto diatas
Contoh hasil night mode di malam hari dengan cahaya yang minim
Crop dari foto diatas

Kualitas lensa ultrawide (0.6x) cukup baik di kondisi cahaya terang, tapi di kondisi gelap, kualitas gambarnya tidak sebaik yang modul kamera utama. Warnanya lebih buruk dan lebih rentan terkena flare saat berhadapan dengan cahaya backlight atau dari samping.

Lensa ultrawide rentang terkenal flare/ghosting dari cahaya dari samping/belakang subjek
Lensa dari kamera utamanya relatif aman dari flare/ghosting

Portrait mode

Di Potret/Portrait mode, kita bisa mengatur seberapa blur latar belakang untuk memberikan efek seperti mengunakan lensa fix berbukaan besar ala kamera foto profesional, opsi efek/overlay sinematik dan pengaturan untuk memperlembut wajah.

Contoh portrait mode dengan penghalus wajah dan latar belakang blur/bokeh
Contoh mode Portrait dengan efek sinematik
Difoto dengan modul kamera utama 108MP
Di foto dengan modul lensa tele makro yang bisa fokus lebih dekat

Video dan Stabilizer

Untuk merekam video, kamera ini dilengkapi dengan gyro EIS yang mampu meredam getaran-getaran kecil saat merekam video tanpa gimbal atau tripod. Dalam kondisi diam atau tidak bergerak, kualitas video sangat jelas dan tajam, tapi saat bergerak, maka gerakan kaki dan tangan tidak begitu mulus.

Kekurangan & Kesimpulan

Kekurangan ponsel ini adalah tidak menyediakan modul telefoto/zoom, jadi untuk memotret subjek yang jauh penggunanya harus mengunakan digital zoom (crop zoom), untungnya kamera utama memiliki resolusi yang cukup besar sehingga hasil crop masih cukup baik untuk kebutuhan media sosial.

Xiaomi biasanya membuat ponsel yang berkualitas dengan harga yang relatif lebih terjangkau dari pesaingnya. Dari harganya yang mencapai 9 jutaan, Mi 11 merupakan salah satu ponsel berkualitas tinggi yang tercermin dari kualitas, layar, chipset dan modul kameranya.


Saksikan juga review dan peragaan ponsel ini di Youtube Infofotografi

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment