≡ Menu

Ricoh WG-70 | Kamera compact tahan air, tahan banting, tahan segala cuaca

Kadang-kadang, kita perlu kamera yang benar-benar tahan banting untuk digunakan di lapangan yang sulit. Saat itu Ricoh WG-70 adalah salah satu kamera compact tangguh yang dibuat khusus untuk penggunaan di segala medan. Kamera ini cocok untuk petualang atau untuk pekerjaan di medan yang sulit. Kamera ini tahan sampai 14 meter dibawah air selama dua jam, tahan dari jatuh sampai dengan 1.6 meter, tahan debu, tahan tekanan sampai 100kg, dan tahan beku sampai dengan -10 derajat C.

Kamera ini memiliki lensa 5x optical zoom, dimulai dari 28-140mm f/3.5-5.5 dengan sensor 1/2.3″ dan resolusi 16MP untuk foto dan Full HD untuk video. Secara kualitas memang kamera ini tidak seimpresif kamera mirrorless atau DSLR, tapi memang dirancang untuk kekokohan dan juga ukurannya. Berat kamera ini sedikit dibawah 200gram, dengan panjang 12.2 x 6.15 x 2.9 cm.

Yang unik dari kamera ini yaitu adanya beberapa lampu LED yang melingkari lensa yang akan sangat berguna untuk menerangi subjek di kondisi yang sangat gelap atau menerangi subjek yang dekat. Menariknya, kita bisa memilih menyalakan sebagian lampunya saja, misalnya hanya yang bagian kiri atau kanan, untuk membuat bayangan dan membuat subjek yang dipotret jadi lebih berdimensi.

Desain dari kamera ini mengesankan kameranya sporty dan tough dengan pilihan warna orange dan hitam. Lekuk kamera memudahkan untuk menggengam, layarnya fix, 2.7 inci dengan resolusi 230ribu titik.

Karena ukurannya yang kecil, kamera ini mudah dibawa dan dikaitkan ke berbagai tempat, maka kamera tangguh ini cocok untuk berbagai kebutuhan seperti aktivitas air, arung jeram, pendaki gunung, penjelajah. Juga cocok untuk pekerjaan misalnya untuk konstruksi, penambangan, dan lain-lain.

Kamera Ricoh WG-70 ini telah tersedia di Indonesia dengan harga Rp 3.99 juta dan dapat dibeli di berbagai toko kamera dan toko online di Indonesia. Link pembelian di Tokopedia | Bukalapak

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 2 comments… add one }
  • Prasetyo April 27, 2021, 1:51 pm

    Kalo di compare dengan olympus TG-6 gimana?

    • Enche Tjin April 27, 2021, 4:41 pm

      Sama2 kategori kamera tangguh, Olympus lensanya lebih lebar, yang Ricoh lebih tele/zoom, lebih ringan. Olympus videonya bisa 4K, punya, stabilizer, layar yang lebih bagus tapi yang Olympus lebih mahal.

Leave a Comment