≡ Menu

SHARP bekerjasama dengan Leica meluncurkan HP SHARP Aquos R6

Tanggal 17 Mei 2021 yang lalu, dunia dikejutkan dengan hadirnya ponsel baru Sharp Aquos R6 dengan kamera bermerk Leica. Selama ini, kita mengetahui bahwa Leica bekerjasama dengan Huawei, tapi belakangan terdengar rumor kerjasama ekslusif mungkin akan dihentikan. Salah satu pemicunya adalah menurunnya penjualan Huawei di pasar internasional akibat blokir yang dilakukan oleh Google.

Oleh sebab itu, Leica mungkin akan “menggaet” partner baru. Beberapa yang digosipkan sebelumnya yaitu Xiaomi & Honor. Tapi sepertinya dugaan tersebut meleset setelah Sharp mengumumkan ponsel Sharp Aquos R6 yang memiliki modul kamera dengan sensor type 1 inci dan lensa ultra lebar Leica Summicron 19mm f/1.9. Kamera bagian depan yang biasanya untuk selfie berukuran jauh lebih kecil dengan resolusi 7MP dan bukaan f/1.9 dengan lensa ultra lebar 19mm juga.

Kamera ponsel ini adalah yang kedua yang memiliki sensor type 1 inci, sebelumnya di tahun 2014, Panasonic pernah meluncurkan ponsel Panasonic CM1 yang juga memiliki lensa bermerk Leica dengan lensa 28mm f/2.8. Sayangnya pengembangan ponsel ini tidak dilanjutkan lagi.

ToF autofocus dan Flash juga tersedia tapi modul kameranya tidak memiliki image stabilization, sehingga saat merekam video hanya mengandalkan electronic image stabilization (EIS).

Selain menonjolkan kameranya, perusaan elektronik Jepang ternama, SHARP ini juga menonjolkan layar LCD pertama dengan teknologi Pro IGZO OLED 6.67” yang memungkinkan dynamic refresh rate diantara 1Hz and 240Hz. Resolusi layarnya WUXGA+ yaitu 2,730 x 1,260 pixels dan baterai dengan kapasitas 5000maH.

Penggunaan kamera tunggal dengan lensa ultra lebar ekuivalen 19mm memang tidak lazim di era kamera ponsel lain yang memiliki beberapa kamera seperti ultra wide, wide dan telefoto zoom, tapi dengan sensor yang setara dengan kamera compact premium dan 5x lipat dari kamera ponsel standar 1/2.5″ kita bisa mengharapkan hasil foto yang lebih detail dan alami.

Ponsel berkamera tunggal ini sayangnya hanya akan dijual di pasar Jepang di pertengahan bulan Juni 2021 ini. Apakah Leica akan bekerjasama dengan produsen ponsel lainnya untuk menjangkau pasar internasional? Kita tunggu saja kelanjutannya.


Bagi yang ingin belajar fotografi silahkan kunjungi halaman jadwal kami.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 3 comments… add one }
  • Indera May 25, 2021, 7:36 pm

    Sudah lama saya mendambakan hadirnya sebuah HP yang menggunakan kamera paling banyak 2 kamera tapi dengan kualitas sangat baik dan terjangkau dibandingkan dengan hp dengan kamera 4 buah tapi kualitasnya biasa saja. Kalau ko Entje ada link, boleh tuh disampaikan ke bagian RnD

    • Jaliteng May 29, 2021, 12:10 pm

      Jualannya produsen hape skrg itu ngebanyakin jumlah kameranya yg bila perlu ampe sebanyak seratus biji biar keren plus sensornya cuma segede kacang ijo ya mana mgkin hasil bisa bagus menyamai kamera beneran. Klo hasil jepretnya kamera hape mo joss dan sebening DSLR ato mirrorless ea mesti digedein ukuran sensornya. Tapi klo ukuran sensor digedein, bisa2 ntar ukuran hapenya segede batu bata.. hehehehee….

  • Komar May 19, 2021, 9:17 pm

    Gile… kalau ponsel sudah main 1′, makin suram industri kamera… karena mungkin 1′ sensor modern dengan computational photography/videographynya sudah lebih dari cukup untuk hampir segala sesuatu yg kita butuhkan…

Leave a Comment