≡ Menu

Panasonic Lumix GH5 II Apa yang baru dari GH5?

Pada tanggal 25 Mei 2021 Panasonic mengumumkan kamera Panasonic Lumix GH5 II. Dari pemilihan namanya, bisa diprediksi bahwa kamera baru ini tidak banyak berbeda dengan kamera legendaris Lumix GH5 yang dirilis empat tahun yang lalu (2017). Ini adalah kali pertama Lumix menyematkan Mark II. Sebelumnya, Lumix GH selalu diperbaharui dengan deret angka baru misalnya GH1, GH2, dan seterusnya.

Perbedaan Desain

Desain body-nya sama persis dengan ada sedikit perbedaan, misalnya tombol video berwarna merah penuh seperti di GH5S. Beratnya pun nyaris sama yaitu 727 dan 725 gram. Layar LCD GH5 II sedikit lebih kecil (3″ vs 3.2″) tapi resolusinya lebih tinggi (1.8juta vs 1.6juta titik), dan baterai yang digunakan lebih besar kapasitasnya, sama dengan Lumix S5 yang berkapasitas 2200mah dibanding GH5 yang hanya 1800mah.

GH5 II mengunakan sensor dan processor yang mirip dengan GH5, tapi dengan beberapa perubahan. Sensor four thirds 20.3 MP kini tidak memiliki filter AA/low pass dan AR coating yang akan mengurangi flare saat merekam foto/video berhadapan dengan cahaya yang kuat.

Seperti GH5, GH5 II bisa merekam maksimum DCI/UHD 4K 60p Video, 4:2:2 10-Bit Internal Long GOP dan 4K 30/24p 4:2:2 10 Bit Internal All-Intra dan 6K Anamorphic Video. Untuk frame ratenya di 4K maksimumnya adalah 60fps, untuk Full HD dapat mencapai 180fps. GH5 II yang baru ini juga bisa merekam video sekaligus secara internal dan external via HDMI. GH5 II belum bisa merekam RAW Video.

Livestreaming

Yang ingin ditonjolkan dari kamera ini adalah kemampuan untuk livestreaming ke media sosial seperti Youtube, Facebook, dan lainnya secara wireless dengan mengunakan Lumix Sync App via ponsel. Dengan fitur ini, kita bisa langsung live dengan ponsel atau tablet tanpa harus mengunakan komputer. Kualitas videonya maksimum Full HD dan saat streaming videonya tidak bisa direkam ke memory card.

Beberapa peningkatan lain

Adapun beberapa peningkatan lainnya yaitu image stabilization ditingkatkan keefektivitasnya menjadi 6.5 stop seperti G9, sistem AF yang lebih canggih dalam mengenal wajah, kepala, badan manusia dan hewan seperti Lumix S5. Yang suka untuk merekam video profesional dimudahkan denga berbagai indikator seperti Dual Zebra pattern, Synchro scan, Histogram display, Color bar display, WFM, Vector scope display, Spot brightness meter, Brightness level setting dan Timecode. Terakhir, V-Log L sudah pre-installed dan tidak perlu dibeli lagi seperti Lumix GH5 dan G9.

Opini & Kesimpulan

Dari fitur dan spesifikasinya, Lumix GH5 II memang tidak meningkat signifikan dari Lumix GH5 dan sangat video sentris, mungkin ini membuat banyak Lumixian cukup kecewa. Kamera ini memang lebih di update secara software, karena hardware utamanya sebagian besar tetap sama, dengan beberapa peningkatan kecil supaya up to date dengan kamera Lumix terkini lainnya dan sekaligus mengisi lini produk dibawah 25 juta. Meskipun demikian, bagi belum memiliki kamera dan ingin kamera hybrid untuk kreasi konten, terutama untuk media sosial dan dokumentasi, saya merasa GH5 II ini sudah sangat canggih dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan kamera full frame.

Lumix GH5 II dijual dengan harga US$1699 (Rp25jt). Bagi yang ingin kualitas video dan fitur yang lebih canggih lagi harus menunggu GH6, yang kabarnya baru akan dirilis akhir tahun 2021 dengan perkiraan harga sekitar US$2500 (Rp36 juta).

Saksikan juga pembahasan Lumix GHII, masa depan micro four thirds di Youtube Infofotografi

Bagi yang ingin belajar fotografi atau videografi silahkan hubungi WA 0858 1318 3069 atau kunjungi jadwal kami.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment