≡ Menu

Filter Variable ND8-128 K&F Concept

Saat memotret landscape terutama foto air terjun atau pantai, saya sering direpotkan harus membawa satu paket sistem filter kotak, sedangkan kamera, lensa, tripod biasanya sudah cukup membebani saya. Maka itu saya lebih suka mengunakan filter ND yang berbentuk bulat.

Filter bulat biasanya memiliki kepekatan yang fix/tidak bisa berubah, misalnya ND8 (3 stop), ND64 (6 stop) dan ND1000 (10 stop), atau ada juga yang variable, seperti filter Variable ND dari K&F Concept ini yang rentangnya dari ND8 sampai ND128. (3-7 stop).

Kualitas filter Variable ND sepengalaman saya kurang begitu bagus, selain kualitas gambarnya menurun dari segi ketajaman dan detailnya, juga perubahan warna yang sangat signifikan menjadi kekuningan atau kebiruan. Selain itu, banyak filter Vari-ND yang menimbulkan tanda X dalam foto, makanya itu sering disebut NDX.

Saya berkesempatan mencoba filter KF&Concept ini, dan saya mendapati kualitas ketajaman dan detailnya tetap sama dari ND8 sampai ND128. Hanya ada sedikit vinyet di di ND64-128. Ada sedikit perubahan warna menjadi agak kekuningan, tapi tidak signifikan dan bisa dinetralkan melalui post/processing/editing.

Kiri: Tanpa filter, Kanan: ND128
Crop dari foto diatas

Dengan filter Vari-ND ini kita bisa lebih leluasa memuluskan aliran air, awan atau memotret dengan bukaan lensa yang besar di kondisi yang sangat terang.

Untuk videografi, filter ini juga sangat praktis untuk mendapatkan 1/2xframe rate. Misalnya kalau kita memilih frame rate 25p, maka shutter speed yang harus digunakan yaitu 1/50 detik. Di kondisi yang sangat terang, shutter 1/50 detik akan membuat video footage terlalu terang, apalagi jika bukaan yang digunakan sangat besar. Dengan bantuan filter ND ini, exposure bisa tetap terjaga.

Filter Vari-ND ini tersedia dalam beberapa ukuran, maka dari itu kita bisa pilih berdasarkan ukuran lensa terbesar yang kita miliki, misalnya 82mm atau 77mm. Jika kita memiliki beberapa lensa, sebaiknya memilih filter size dengan ukuran terbesar dan kemudian mengunakan filter adapter ring untuk mengecilkan.

Dibandingkan dengan filter ND kotak, filter ini lebih praktis di lapangan tapi agak lebih repot kalau kita perlu menumpuk filter GND atau CPL. Dari segi harga, filter ini juga jauh lebih terjangkau. Yang pasti filter semacam ini akan sering saya gunakan saat traveling light dan untuk membuat konten video.

Bagi teman-teman yang ingin membeli filter ini bisa di Tokopedia tapi sebelumnya pastikan ukuran filternya pas dengan lensanya.

Kelebihan & Kekurangan filter Vari ND K&F Concept

  • Praktis dan mudah digunakan, tinggal pasang dan putar
  • Ideal buat foto jalan-jalan dan videografi
  • Sedikit lebih lebar dari filter thread untuk menghindari vinyet
  • Detail / ketajaman gambar tetap baik
  • Ada sedikit color cast ke arah warm/kekuningan
  • Relatif terjangkau dibandingkan dengan filter kepingan atau sistem filter
  • 8 stop kadang belum cukup saat memotret di kondisi yang sangat terik
Saksikan review dan contoh-contoh fotonya di YouTube Infofotografi

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 1 comment… add one }
  • Komar November 12, 2021, 12:21 pm

    Koh… untuk perbandingannya, gambar yg berfilter, airnya lebih halus, apakah shutter speednya lebih lambat? Atau kamera menggunakan aperture priority, sehingga sewaktu lensa dipasangkan filter, shutter speednya menjadi lebih lama?

Leave a Comment