≡ Menu

Tamron 20-40mm f/2.8 lensa untuk Sony yang cocok untuk content creator

Lensa Tamron 20-40mm f/2.8 ini termasuk lensa yang tidak biasa/unik karena jarak fokalnya. tidak lebar sekali, seperti 16-35mm, tapi juga tidak panjang/telefoto. Lensa ini dirancang khusus mencakupi bidang sensor full frame seperti seri Sony A7.

Dengan membatasi jarak fokal ke 20-40mm saja, lensa Tamron ini memiliki beberapa keuntungan. Pertama ukurannya bisa dibuat compact/ringkas untuk lensa yang mencakupi  bidang sensor full frame, beratnya juga relatif ringan yaitu 365 gram.

Sepertinya, lensa ini memang dirancang untuk seringkas  mungkin untuk kamera mirrorless full frame berukuran compact seperti Sony A7C.  Sebagai lensa E-mount, lensa ini bisa dipasang juga ke kamera Sony APS-C, tapi jadinya kurang begitu lebar untuk kebutuhan vlogging/landscape.

Kelebihan kedua lensa ini adalah bukaannya yang konstan dan cukup besar, yaitu di f/2.8, sehingga saat foto/video kita dapat memisahkan subjek dengan background relatif lebih mudah dan kualitas gambar masih bagus di kondisi pencahayaan indoor yang tidak begitu terang.

Satu kelebihan lagi yaitu lensa ini bisa fokus agak dekat yaitu 17cm dari kamera. Kemampuan ini juga membantu bagi yang suka foto atau video close-up misalnya untuk subjek makanan atau ingin menunjukkan detail produk lebih jelas.

Crop dari foto diatas
Perbandingan wide, 20mm (kiri), dan 40mm (kanan).

Untuk yang suka outdoor, tidak perlu kuatir karena lensa ini sudah dilengkapi dengan dust-moisture dan juga scratch resistant, sehingga lensa lebih awet dan tahan lama.

Kualitas gambarnya bagus, di pasang di Sony A7III, hasilnya sudah tajam dari f/2.8, hanya di ujung foto yg agak sedikit menurun tapi hanya terlihat jelas kalau kita perbesar 100%.

Autofokusnya juga sudah sangat baik, typenya VXD (linear motor) yang cepat dan tidak bersuara. Autofocus ini  full compatible dengan sistem autofokus kamera Sony Alpha.

Seperti lensa-lensa modern dari Tamron, lensa ini juga bisa dikustomisasi dengan software lens utility melalui port USB-C di lensa.

Banyak juga kelebihan lensa ini, tapi juga ada sedikit hal yang saya sayangkan yaitu lensa nya agak sedikit memanjang saat zoom ke 20mm dan rentang jarak fokalnya tidak begitu luas.

Kesimpulannya, menurut saya lensa ini cocok buat content creator dan vlogger yang membutuhkan lensa dengan ukuran yang compact tapi cukup lebar dan fleksibel digunakan untuk berbagai kondisi dan situasi.

Harga dari lensa ini Rp11.079.000, link pembelian di Tokopedia.

Saksikan review lensa Tamron 20-40mm ini di YouTube infofotografi

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment