‚Č° Menu

Memilih lensa sapujagat

Banyak orang yang tidak ingin direpotkan dengan ritual ganti-ganti lensa dan membawa lensa tambahan, oleh sebab itu, lensa sapujagat lahir. Lensa ini memiliki jangkauan fokus yang luas, dari lebar sampai panjang (tele).

canon-350d-tamron-18-250mm

Kamera pemula Canon dan lensa Tamron 18-250mm, kecil2 tapi jangkauannya panjang

Di pasaran, lensa model ini ada yang mahal dan ada yang murah, ada yang kualitasnya baik, ada yang kualitasnya buruk.

Inilah lensa sapujagat yang saya rekomendasikan:

1. Nikon 18-200mm VR f/3.5-5.6 VR versi II – harga sekitar 9 juta

Kalau memakai kamera Nikon, lensa ini bisa dibilang yang terbaik dari kualitas foto dan desain bodinya. Performa auto fokus juga bisa diandalkan. Kualitas fotonya sangat baik dan tajam di 18-70mm, setelah itu kualitasnya akan merosot terutama antara 135-200mm. Selain itu, harganya relatif tinggi dan mungkin lebih mahal dari kamera Anda. (Tersedia lensa 18-200mm second dengan harga terjangkau)

2. Canon 18-200mm f/3.5-5.6 IS – harga sekitar 7.8 juta

Kualitas foto mungkin tidak setajam Nikon di 18-70mm, tapi secara keseluruhan, lensa ini lebih konsisten dari Nikon, terutama untuk foto jarak jauh (tele). Harganya juga jauh lebih murah. Sayangnya auto fokusnya masih mengunakan teknologi lama, jadi masih ada suara dan kurang cepat. Untuk pengguna kamera Canon, lensa ini adalah pilihan terbaik.

3. Tamron 18-270mm f/3.5-6.3 PZD VC Macro – harga sekitar 4 juta

Lensa ini adalah lensa dengan jangkauan paling jauh dibandingkan dengan lensa diatas. Kualitas foto cukup baik dari 18-135mm setelah itu agak menurun terutama di ujungnya, yaitu 200-270mm. Lensa ini layak menjadi pilihan bila Anda ingin memiliki lensa yang berjangkauan sangat jauh, seperti foto satwa liar (wildlife).  Kekuranganya (seperti lensa Tamron secara umum) terletak pada performa auto fokus yang sedikit berisik dan sering gagal mengunci subjek foto.

4. Tamron 18-250mm f/3.5-6.3 Macro – harga sekitar 3 juta

Harga paling murah, bukan berarti paling jelek, tapi sebaliknya, kualitas foto lebih konsisten daripada lensa Tamron 18-270mm diatas dan Sigma 18-250mm dibawah. Ukurannya juga lebih kecil dan ringan, cocok untuk dibawa jalan-jalan. Kekurangannya adalah tidak memiliki built-in stabilizer, jadi pengguna kamera Canon / Nikon agak kesulitan bila foto di ruangan yang gelap.

5. Sigma 18-250mm f/3.5-6.3 OS HSM – harga sekitar 5 juta

Desain lensa ini dan performa auto fokusnya lebih cepat, hampir tidak bersuara dan lebih akurat dari lensa-lensa Tamron diatas. Tapi kualitas fotonya malah kurang konsisten. Misalnya di jarak fokus 18mm foto tajam, tapi di 50mm, tidak tajam.

Catatan: Lensa Tamron, Sigma tersedia untuk kamera Nikon, Canon, Sony dan Pentax.

Demikian posting saya kali ini, mudah-mudahan bermanfaat.

Similar Posts:

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+

{ 416 comments… add one }

  • tony Oktober 10, 2013, 7:34 pm

    @thank Mr. enche .. kalau anda sendiri,pada posisi saya……dgn pertimbangan,lbh ringan ,kwalitas lensa yg lebih baik,tp dengan minus (F/4 – F 2.8 ) … apakah Mr.ENCHE juga akan ganti………. sorry sir,agar dapat lebih yakin >>tq

  • tony Oktober 10, 2013, 7:44 pm

    satu lagi yang saya mohon kan pencerahan dari ENCHE …….saya menggunakan NIKON full frame ,apakah dengan lensa 24-70 sdh mencukupi wide untuk lanscape………….tq

  • deska Oktober 24, 2013, 10:42 am

    Mas..
    Kamera saya canon 1100D.
    Butuh lensa tele yg low budget..
    Pilihan tamron 18-200 / 70-300.
    Ada saran ngk mas?
    Terimakasih

    • Enche Tjin Oktober 24, 2013, 9:19 pm

      @deska lensa-lensa tersebut kurang bagus, sayang nanti akhirnya kecewa dan jual lagi dengan harga yang lebih murah. Kira-kira budget dan lensa yang sudah ada apa saja?

  • anto Oktober 26, 2013, 4:48 pm

    Mohon pencerahan om Enche, saya pakai canon 650d mau beli lensa sapujagad untuk foto sambil jalan-jalan, mana yg lebih di rekomendasikan antara canon 18-200, tamron 18-270, sigma 18-250?

    • Enche Tjin Oktober 26, 2013, 8:53 pm

      @anto Diurutkan ya? Canon, Sigma, Tamron

  • nahdy November 3, 2013, 7:24 am

    mat pagi mas enche jtin .saya punya camera nikon d90 dan saya mau beli lensa fix. lensa fix macam apa yang cocok dan simple

  • bayan November 5, 2013, 7:49 pm

    Om,kalo saya punya budget skitar 2 jutaan..kalo milih,mending canon 18-135 apa tamron 18-250??

    • Enche Tjin November 5, 2013, 10:19 pm

      @bayan Menurutku 18-135mm

  • marcell November 7, 2013, 8:55 am

    kalo begitu tamron 18-250mm bagus jg ya om untuk ukuran saya sebagai pemula dgn budget yg pas2an….tapi soal kekuarangan di ruangan gelap kalo pake tambahan flash external bisa bagus ga om?
    thankz

    • Enche Tjin November 7, 2013, 3:24 pm

      @marcell bisa dan flash penting untuk didalam ruangan.

  • Rendy Ardhi November 17, 2013, 12:52 am

    Permisi pak enche saya mau tanya apa sih perbedaan lensa Tele dengan lensa Sapujagad tolong penjelasanya pak ,karna saya masih belum paham Terimakasih.

    • Enche Tjin November 17, 2013, 9:20 pm

      @Rendy Lensa telefoto itu jarakfokusnya sekitar 50 sampai ratusan. Sudut pandangnya sempit jadi cocoknya untuk motret objek foto yang jauh dari posisi kita. Yang sapujagat bisa lebar bisa telefoto, tapi kualitasnya lebih bagus yang telefoto murni.

  • Yudiz November 17, 2013, 1:04 am

    ko Enche saya masih newbie dan punya canon D1100
    tolong pencerahannya dong lensa saput jagat yg cocok untuk canon D1100 budget di bawan 3 atau 4jt an
    terima kasih sebelumnya

    • Enche Tjin November 17, 2013, 9:19 pm

      @Yudiz saran saya Canon EF-S 18-135mm IS. Bukan lensa sapujagat sih, tapi cukup fleksibel zoomnya sampai 135mm.

  • ari kaje November 19, 2013, 6:50 am

    salam pak enche., review lensa sapujagat untuk sony nex 6 yg bagus pa, review kalo pake merk lain atau pake sony alfa pake adapter rekomend engga pa, makasih sebelumnya

    • Enche Tjin November 19, 2013, 9:46 am

      @ari gak begitu rekomen pakai adapter karena ribet dan bagian depan kamera jadi berat. sapujagat Sony NEX 6 yaitu Sony 18-200mm f/3.5-6.3 OSS

  • Ali November 27, 2013, 9:29 pm

    Hi Om Enche…
    mau tanya nih
    lensa:
    -Tamron for Nikon AF 18-200mm f/3.5-6.3 XR Di-II LD Aspherical (IF)
    -Nikon 18-105mm VR (biasanya di paketkan di camera kit)

    dari kedua lensa diatas yang paling tajam/mempunyai kualitas yang lebih baik yang mana ya? untuk jangkauan 18-105mm…

    *Ngertilah maksud saya :D masih baru masukin dunia Fotografer soalnya jadi bahasanya acak acakan…

    Terima kasih..

    • Enche Tjin November 28, 2013, 6:04 am

      @Ali dari kedua lensa tersebut, Nikkor 18-105mm VR lebih baik dari segi kualitas dan lebih mudah digunakan meski jangkauan telenya tidak sepanjang yang 18-200mm

  • Ali November 28, 2013, 11:32 am

    Maaf nih salah topik…

    Camera Nikon D7000 sama D7100 perbedaannya jauh banget ga?
    mengingat harganya lebih mahal D7100 3 juta…
    dan lensa apa yang cocok untuk kedua camera tersebut?

    Terima kasih…

  • Amir November 30, 2013, 11:33 pm

    Ko Enche minta pencerahan nya, saya baru belajar jeprat jepret, pake kamera Nikon D5200, buat jepret serangga kecil yang cocok lensa apa ya ko, terima kasih

    • Enche Tjin Desember 1, 2013, 5:51 am

      @Amir lensa makro cocok, misalnya Nikkor AF-S 105mm f/2.8 VR

  • Rendy Ardhi Desember 2, 2013, 2:30 pm

    Mohon pencerahanya pak enche,menurut pak enche lebih bagus lensa canon 55-250mm atau Canon 18-200mm ?dan apa perbedaan dari kedua lensa tersebut selain ukuranya ? Mohon penjelasanya pak. Terimakasih

  • Ugi Desember 6, 2013, 4:26 pm

    Ko enche, klo lensa bawaan nikon kit 18-105 vr dx itu sama ga si klo beli terpisah 18-105 vr dx ed? Kira2 worth ga ko

    • Enche Tjin Desember 7, 2013, 9:18 am

      @Ugi sama, dan kalau baru pertama kali beli kamera baru worth it.

  • @jysurya Desember 11, 2013, 7:54 pm

    Mas, klo lensa Nikkor AF-S 55-200mm VR
    Bgmn +/- menurut mas?
    trims

    • Enche Tjin Desember 11, 2013, 11:40 pm

      @surya saya ada tuh lensanya bagus dan gak terlalu besar. Kelemahan utamanya mungkin di kecepatan autofokusnya dan kadang gak terlalu akurat. Kualitas gambarnya sih tajam sampai 200mm.

  • Irvan Desember 14, 2013, 2:08 pm

    Ko mau tanya, lebih bagus mana untuk lensa 18-200, antara sigma & tamron untuk nikonD5100

  • satya Desember 17, 2013, 10:00 am

    mas enche, saya baru belajar jepret2 pake D3200. biasanya saya belajar jepret live concert. plg efisien (murah-meriah) pake lensa apa ya mas biar bisa dapat close up. kadang juga jepret burung di pucuk pohon :D
    mohon pencerahannya mas :)

    • Enche Tjin Desember 17, 2013, 10:37 pm

      @satya Perlu lensa telefoto berbukaan besar supaya efektif, dan biasanya mahal misalnya 70-200mm f/2.8. Untuk dana terbatas bisa cari 55-200mm f/4-5.6 VR

  • Hengky Desember 25, 2013, 9:27 pm

    Pak Enche, sy (pemula) baru saja sy beli canon 60D, yg sy mau tanyakan adalah lensa sapu jagat apa yg paling cocok & paling baik utk canon 60D?
    Sebagai pemula sy jg sdh beli bukunya bpk “Kamera DLSR itu mudah V.2″ di gramedia utk sy bs belajar tentang kamera & fotografi.
    Mohon pencerahannya.
    Trm ksh.

    • Enche Tjin Desember 26, 2013, 9:33 am

      @Hengky lensa sapujagat tidak begitu optimal dibanding lensa lainnya, cuma menang praktis saja. Yang paling bagus versi Canon 18-200mm IS

  • andrereguel Desember 28, 2013, 2:03 pm

    kamera saya Pentax K30.
    lensa sapujagat mana yg cocok nbuat kamera saya mas ?
    mohon pencerahan dari sang guru, heheheh :D
    terima kasih sebelumnya, salam jepret……

    • Enche Tjin Januari 2, 2014, 10:45 am

      @andre Pentax sendiri punya lensa sapujagat yaitu 18-270mm SDM. Ada juga dari Sigma dan Tamron seperti yang diatas. Pastikan mount-nya untuk Pentax (K-mount).

  • boby Januari 1, 2014, 10:06 am

    Nikon 18-200mm VR f/3.5-5.6 VR versi II atau tamron 70-200 bagusan mana yah?

    • Enche Tjin Januari 2, 2014, 9:54 am

      @boby kalau perlu lensa telefoto sebaiknya yang khusus yaitu tamron 70-200mm f/2.8 karena kualitasnya akan lebih bagus. Tapi kalau mau yang praktis alias bisa lebar juga, 18-200mm VR

  • dhafi Januari 14, 2014, 1:31 am

    saya pemilik kamera 600D+LENSA18-55.mohon pencerahannya klo saya ingin ganti lensa yg praktis, 18-135 ato 18-200 ato 55-250ya?, tks

    • Enche Tjin Januari 14, 2014, 8:40 am

      @dhafi yang paling praktis tentunya yang range zoomnya besar, yaitu 18-200mm, baru 18-135mm dan 55-250mm, tapi ironisnya kalau mau kualitas gambar yang lebih konsisten, yang range zoomnya dikit yang lebih bagus (biasanya).

  • Newbe Januari 22, 2014, 8:08 am

    Om, mau tanya.. Kalo untuk lensa canon EF-S, kualitas gambar bagus mana antara 18-135mm dengan 18-200mm
    terimakasih sebelumnya.. :)

    • Enche Tjin Januari 26, 2014, 9:55 am

      @Newbee kurang lebih setara kualitas gambar 18-135mm dan 18-200mm

  • henrix Januari 23, 2014, 7:38 pm

    pak, saya pemula,baru punya Nikon D5000 dgn kit nikor 18-55 & tamron 70-300…
    saya mau tanya,klo utk foto pemandangan dan foto bersama ( seperti kenduri ) lensa apa cocoknya???

    • Enche Tjin Januari 25, 2014, 1:38 am

      @henrix 18-55mm bisa digunakan, lebih bagus kalau ada flash kalau acaranya di dalam ruangan.

  • henrix Januari 26, 2014, 10:06 pm

    klo utk outdoor bagusan mana NIKON D3200 sama CANON EOS 60D pak???trus pake lensa apa bagusnya pak???

  • deki Januari 28, 2014, 7:37 pm

    om,ane mau nanya klo utk mengambil foto sunrise/sunside pake nikon D5000 dgn kit tamron AF 70-300 gimana settingannya???mohon panduannya om…

  • Stenly Januari 30, 2014, 12:06 am

    Saya Punya Rebel t3,
    rencanyan mau di pake buat foto wedding indoor sma huting outdoor.. rekomendasi lensa apa yang bisa saya pakai ?

    • Enche Tjin Januari 31, 2014, 10:44 am

      @Stenly kira2 budgetnya berapa ya?

  • Stenly Januari 31, 2014, 9:13 pm

    yah sktrn 3 smpe 4 jt,, udh ada yg ksih recomendasi buat pke tamron yg sapu jagat..

    kira2 bagaimana ?

  • Alfian Anhar Februari 13, 2014, 10:02 pm

    bang, ane sering foto2 di acara pernikahan pke nikon D5100 lensa kit 18-55 VR, trus klo ane mau ganti 18-200 cocok g ya? trus merk apa yg recomended ma nikon D5100?
    mohon penjelasnnya, terima kasih.

    • Enche Tjin Februari 14, 2014, 9:16 am

      @Alfian Boleh juga, 18-200mm praktis untuk digunakan, tapi kalau kondisi agak gelap/indoor perlu flash karena bukaannya kecil. Pilihan-pilihan lain bisa dibaca di artikel yang saya tulis tentang lensa untuk wedding.

  • maryudi Februari 15, 2014, 10:59 pm

    saya punya lensa kit nikon 18 – 55 dan 55-300 mm, saya ingin ganti ke lensa sapu jagat sigma atau tamron yang 5 jutaan. apakah ini bijaksana bila dilihat dari hasil photo ? atau saya tidak usah ganti ? apabila ganti bagus sigma 18 – 250 atau tamron 18 – 270 ? mohon pencerahannya. trims

    • Enche Tjin Februari 17, 2014, 7:13 am

      @maryudi lensa sapujagat biasanya lemah di telefoto, kalau sering makai jarak fokus 100mm keatas, sebaiknya pakai lensa khusus telefoto saja.

  • anThony Februari 18, 2014, 8:14 pm

    saya anThony dr cirebon. mohon saran mas enche.. dng nikon d7000 lensa fix 50 mm dan sapu jagad 18-200 vr 2. saya ingin fix 85. ada berapa macamkah lensa fix 85 mm ? buat potrait… cocokah ? Terus terang 18-200 cocok buat dokumentasi.
    tapi tidak nyeni. buka’.an kecil dan f ga konstan klo geser geser telenya… yg diafragma tetep walau geser geser tele adakah? ma’af newbie banyak tanya.. terima kasih sebelumnya.

    • Enche Tjin Februari 18, 2014, 10:21 pm

      @anThony ada dua, 85mm f/1.8 dan f/1.4, bedanya harga dan kualitasnya. Yang diafragmanya konstan tapi cukup fleksibel 24-120m f/4 VR atau 17-55mm f/2.8

  • JBPro Maret 3, 2014, 10:20 am

    Pak Ence, saya mo tanya nih. Kalo lensa yang bagus buat dipake rekam video outdoor dan indoor tuh lensa apa yang bagus dari segi merek dan juga ukuran mm-nya?
    Mohon solusinya, Pak.
    Makasih banyak sebelumnya… :-)

    • Enche Tjin Maret 3, 2014, 8:44 pm

      Wah banyak yang bagus2.. diantaranya Sigma 18-35mm f/1.8 :)

  • Imam Ahmad Maret 6, 2014, 5:22 am

    Ko enche,, saya pemula rencana mw beli kamera nikon D5200, mohon sarannya lebih baik baik beli nikon D5200 dengan kit 18-55 mm atau beli body trus pake lensa yang sapu jagat?

    • Enche Tjin Maret 7, 2014, 12:50 pm

      @Imam Ahmad Jika dana siap, lensa sapujagat (merek Nikon) lebih baik dari 18-55mm, meskipun tidak sempurna.

  • afif Maret 9, 2014, 9:46 am

    ko enche, saya fotografer amatir nih. saya terobsesi dengan foto bokeh (tapi bukan makro). nah untuk foto model yg latar belakangnya blur enaknya pake lensa apa ya ko? kalo bisa yg murah aja ya soalnya budget terbatas bgt, saya sih kalo bisa malahan pingin beli lensa second hehe :D oya saya pake kamera canon 1000d

    • Enche Tjin Maret 10, 2014, 10:57 pm

      @Afif yang paling terjangkau Canon 50mm f/1.8, yang bagusan 50mm f/1.4 dan 85mm f/1.8

  • iwan Maret 17, 2014, 4:15 pm

    Om lg bngung ni.q mau ganti lensa kit nikon q yg 18-55.antara nikon 55-200vr baru ama tamron 18-250 second enakny ambil yg mana ya?dgn ctatan kit q tkar tambhkan.

    • Enche Tjin Maret 17, 2014, 6:27 pm

      @iwan mendingan 18-55mm dan 55-200mm VR

  • afif Maret 23, 2014, 12:15 am

    oh iya ko, mau nanya lagi. enakan mana antara canon 50mm f/1.8 sama tamron 70-300 f/4-5.6?
    soalnya kalo saya lihat di youtube tamron bagus juga untuk ngebokeh, apalagi bisa dizoom.
    menurut koko bagaimana? kalo saya beli yg tamron apakah bokehnya KALAH JAUH dengan canon 50mm? makasih :)

    • Enche Tjin Maret 26, 2014, 1:56 pm

      @afif menurut saya bokehnya agak sedikit kasar dibanding dengan yang 50mm f/1.8, maka itu banyak yang beli keduanya.

  • pertamax7.com April 6, 2014, 9:38 pm

    kit 3 dengan lensa sapujagat harganya sudah kerasa :D

  • beny April 27, 2014, 1:16 am

    maz enche tny dunk saya kn pengguna nd3100 dngn lensa kit 18-55 sama sigma 70-300 ,
    stlah saya pkir saya tu slalu repot gnti2 lensa. ,
    nah lensa sapujagat yg cocok bwt nd3100 aph y. ,
    tp budget minim. ,
    trma kasih

    • Enche Tjin April 27, 2014, 10:30 am

      @beny yang cukup praktis Nikon 18-105mm f/3.5-5.6 VR, kalau sapujagatnya bisa dibaca disini.

  • Alprianto Anto April 29, 2014, 10:31 pm

    Mas aq pengguna camera sony a200 lensa ap yg cocok untk kamera aq ni. Mhon penjelasanny

    • Enche Tjin April 30, 2014, 1:07 pm

      Rencananya buat motret apa saja?

  • dandy Mei 1, 2014, 11:53 am

    bro,numpang nanya lensa tamron sapujagat cocok ga buat nikon d70 yaa? salam knl thanks

    • Enche Tjin Mei 1, 2014, 1:26 pm

      Bisa, tapi kualitasnya biasa saja

  • Teguh Yap Mei 1, 2014, 2:49 pm

    Bro, saya pemula ,pakai canon 600D , lensa yg cocok buat foto landscape dan sunrise/sunset di gunung apa ya ,lensa yg tele atau tamron sapujagat ? thanks before

    • Enche Tjin Mei 2, 2014, 10:41 am

      Kalau pentingkan kualitas sebaiknya lensa telefoto zoom yg bukan sapujagat. Canon 55-250mm IS misalnya

  • wija Mei 12, 2014, 6:35 am

    mas Enche mau tanya kalo tamron 18-200 untuk nikon sudah termasuk bagus atau tidak untuk membuat efek bokeh..? apakah sudah ada stabiliezernya..terima kasih.

  • HAINURRASID Juni 4, 2014, 9:29 pm

    saya punya camera canon 600D dg lensa canon Ef,s 18-135mm.kalau saya ingin tambah koleksi lensa, bisa kasi saran saya,lensa yg mana sebaiknya. thnks

    • Enche Tjin Juni 6, 2014, 9:51 pm

      Untuk foto apa? dan apa yang dirasakan kurang dengan lensa 18-135mm nya?

  • refi Juni 11, 2014, 12:51 pm

    Bang Apa Perbedaan Barang BM sama Barang Resmi ?

    • Enche Tjin Juni 11, 2014, 1:07 pm

      Barang BM tidak melalui jalur distribusi resmi, sehingga biasanya lebih murah, tapi tidak mendapat garansi resmi.

  • Indra N Juli 5, 2014, 6:33 pm

    Salam jepret Om Enche… mau tanya om… saya pengguna nikon d3200 bingung milih lensa antara 55 200mm vr ED , 55 300mm vr ED , dan tamron 18-270mm f/3.5-6.3 PZD VC
    Kebutuhan lensa untuk tele… kira” dari segi kestabilan ketajaman pilih yg mana om? Trimakasih sebelumnya… :)

    • Enche Tjin Juli 8, 2014, 9:54 pm

      Saya pribadi pilih 55-200mm VR

      • danang Juli 10, 2014, 9:28 am

        om enche mnta sarannya ya,sya pnya camera canon bngung plih lensa antara 18-20mm/55-250mm.mohon pencerahannya…

        • Enche Tjin Juli 10, 2014, 9:16 pm

          yang satu lebar (18-55mm) dan satu lagi telefoto 55-250mm. Kalau belum ada lensa sama sekali mendingan yang lebar dulu.

  • fu kwang Juli 17, 2014, 11:47 pm

    Om, saya mau tanya dong,, saya kan masih pemula, saya punya kamera canon 600D & lensa canon 55-250,,. Tapi ribet klo mau ngambil jauh harus ganti2 lensa… kira-kira pilihan lensa yang fleksibel bagusnya apa ya ?? Tapi yang terjangkau lah,, maklum anak kost,, hehe
    Thx b4 :)

    • Enche Tjin Juli 18, 2014, 9:48 am

      Lensa 18-135mm IS bagaimana? Sepertinya fleksibel tuh.

  • Parsaoran Juli 24, 2014, 1:11 pm

    Dr semua perbincangan yg sy baca, kalau boleh sy simpulkan. Lensa Tele merk Tamron 70-200 Kurang meyakinkan. Dan sebaiknya tidak menggunakan lensa sapujagat dalam merek apapun. Gunakanlah lensa merk nikon, atau paling rendah sigma. Dan kalau mau tele, pakailah ukuran dgn 55-200mm atau 18-105mm. Dan kalau mau 70-300, Gunakan merek nikkon. Betul ga koh? Tq

    • Enche Tjin Juli 24, 2014, 6:56 pm

      Mantap juga simpulannya he he he

Leave a Comment