≡ Menu

Rekomendasi lensa untuk kamera DSLR Canon

Karena banyak sekali pertanyaan-pertanyaan ke saya tentang rekomendasi lensa untuk kamera tertentu, maka saya mendedikasikan tulisan ini untuk menjawab pertanyaan saudara-saudara. Harap diingat kalau rekomendasi ini berdasarkan lensa yang tersedia sampai hari ini (Maret 2011) dan harga hanya perkiraan saja dan bisa berubah.

Canon-EOS-550D

Rekomendasi lensa untuk kamera Canon 1000D, 1100D, 1200D, 1300D, 450D, 500D, 550D, 600D, 650D, 700D, 750D, 760D.

  • Canon EF 50mm f/1.8 Rp dibawah Rp 1 juta – Sulit untuk tidak merekomendasikan lensa mungil dan murah ini. Termasuk lensa termurah tapi nilai kualitas yang diberikan sangat baik, terutama untuk foto portrait.
  • Canon EF-S 55-250mm f/4-5.6 IS Rp 2 juta – Lensa telefoto yang terjangkau tapi hasil yang diperoleh cukup lumayan. Biasanya digunakan untuk foto potret, candid, satwa liar dll.
  • Canon 10-18mm IS 4.5-5.6 Rp 3.8 juta – Lensa lebar untuk foto pemandangan, arsitektur, liputan acara.
  • Sigma 17-50mm f/2.8 OS HSM Rp 6.2 juta – Lensa praktis untuk foto di kondisi cahaya yang gelap dan efektif membuat latar belakang kabur.
  • Canon EF-S 60mm f/2.8 USM Macro Rp 4 juta – Lensa makro buat foto detail produk, serangga, bunga, makanan dan lain-lain

Rekomendasi lensa khusus untuk kamera Canon 650D

  • Canon EF-S 18-135mm f/3.4-5.6 IS STM Rp 5 juta -Lensa serba guna ini fleksibel digunakan untuk Canon 650D karena memiliki motor fokus STM, sehingga mulus dan senyap saat memotret dan merekam video.

canon7d

Rekomendasi lensa untuk kamera Canon 40D, 50D, 60D, 7D

  • Canon EF-S 10-20mm f/3.5-5.6 Rp 6 juta – Lensa lebar untuk foto pemandangan, arsitektur, liputan acara.
  • Canon EF-S 15-85mm f/3.5-5.6 IS USM Rp 6.5 juta – Lensa untuk kegiatan sehari-hari yang lebih praktis dan lebih tajam daripada lensa zoom biasa.
  • Canon EF-S 17-55mm f/2.8 IS USM Rp 8.7 juta – Lensa praktis serbaguna, mantap di kondisi cahaya yang kurang baik.
  • Canon EF 70-200mm f/4 atau f/2.8 IS Rp 10.4  – 19 juta – Lensa telefoto untuk acara keluarga, potret, satwa liar, candid dsb. Saya menyarankan versi yang ada IS bila dana mencukupi.
  • Canon EF-S 60mm f/2.8 USM Macro Rp 4 juta – Lensa makro buat foto detail produk, serangga, bunga, makanan dan lain-lain
  • Canon EF 85mm f/1.8 USM Rp. 3.2 juta – Lensa ini auto fokusnya sangat cepat dan hasilnya lembut, cocok untuk foto potret kecantikan, candid atau acara olahraga di dalam ruangan seperti bola voli.

canon-1dmarkiv

Rekomendasi lensa untuk kamera Canon 5D mk II, III, Canon 1D X dan seri 1D lainnya

  • Canon EF 16-35mm f/2.8 Rp 13.4 juta – Lensa lebar untuk foto pemandangan, arsitektur, liputan acara.
  • Canon EF  24-70mm f/2.8 Rp 12 juta – Lensa praktis untuk foto di kondisi cahaya yang gelap dan efektif membuat latar belakang kabur.
  • Canon EF 70-200mm f/2.8 IS Rp 19 juta – Lensa telefoto untuk acara keluarga, potret, satwa liar, candid dsb.
  • Canon EF 50mm f/1.2 – Rp 13.3 juta Lensa berbukaan sangat besar ini baik untuk potret kecantikan dan kondisi cahaya yang sangat gelap
  • Sigma 85mm f/1.4 HSM Rp 8 juta – Lensa fix spesialis potret kecantikan atau candid
  • Canon EF 100mm f/2.8 L IS USM Macro Rp 7.3 juta – Lensa makro buat foto detail produk, serangga, bunga, makanan dan lain-lain

Lensa untuk kamera lainnya: Rekomendasi lensa untuk Nikon | Rekomendasi lensa untuk kamera DSLR Sony

Buku panduan memilih sistem kamera, lensa+peralatan untuk berbagai jenis fotografi sudah terbit. Judul buku: Smart Guide for camera and lenses. Boleh pesan dari saya, atau beli di toko buku Gramedia terdekat.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 1214 comments… add one }
  • Cecep July 30, 2017, 4:36 pm

    Ko, 650D cocoknya pake lensa 55-250mm ato 70-200mm untuk portrait.terimakasih

    • Enche Tjin July 31, 2017, 11:06 am

      Keduanya baik, tapi 70-200mm lebih bagus kualitasnya meski lebih besar dan mahal.

  • Nino July 24, 2017, 3:14 pm

    Mau nanya ko
    Saya pemula mau beli kamera, rekomendasinya apa ya untuk kebutuhan liput acara2 outdoor kayak di car free day, budget 10jt.
    sebelumnya diucapkan terima kasih.

  • Ikbal widiarta July 9, 2017, 9:16 pm

    Kalo kamera canon eos 750d dipasangkan lensa canon 10-22mm bisa gak ?

  • Achmad Dion June 25, 2017, 12:28 pm

    Koh. Canon 750D udah mendukung buat lensa wide angle ga ?

    • Ikbal widiarta July 9, 2017, 9:18 pm

      Bisa, dipasang lensa canon 10-18mm

  • Lauren June 5, 2017, 11:22 am

    Pak…saya mau tanya…lensa canon 18-135 IS USM bisa dipakai di canon 1300D g?

  • Syahril Aditia May 19, 2017, 11:21 pm

    Ko mau tanya , saya pake kamera canon 550d pengen foto foto buat futsal. Bagusnya pake lensa apa ya ?

    • Enche Tjin May 20, 2017, 12:48 pm

      kalau lensa yang berkualitas profesionak 70-200mm f/2.8. Tapi kalau kemahalan bisa beli lensa fix 85mm f/1.8 USM.

  • andhi denhy April 10, 2017, 11:46 pm

    Koh,mau nanya dan kalau boleh di saranin yah, lensa canon AF-S 17-55mm f/2.8 is usm paling cocok di pasang di kamera apa

    Terimah kasih… .

    • Enche Tjin April 11, 2017, 12:32 pm

      Canon 80D, 7D mk II mantap, tapi lensa ini juga compatible dengan berbagai kamera DSLR Canon lainnya yang bersensor APS-C.

  • Sandy raynald April 6, 2017, 10:30 pm

    Ka mau tanya,,saya punya 1300d, lensanya yang bagus pake apa ya?

  • Parasian April 4, 2017, 11:10 am

    Om kamera saya 1100d cocok tidak utk lensa wide 10-18? Atau lensa wide yg cocok dgn kamera ku apa ya? Terimakasih

  • Dhelvin February 17, 2017, 11:18 am

    Camera canon 600d cocoknya pake lensa apa ? 75-300MM bgamana ? Tolong Kasih penjelasannya.

  • Dhelvin February 17, 2017, 11:17 am

    Camera canon 600d cocoknya pake lensa apa ? 75-300MM bgamana ? Tapi yang mana yang coco

  • Try February 14, 2017, 1:30 pm

    Ko mau nanya saya pemula kamera saya 550d mau beli lensa buat foto potrai atau preweding rencana mau beli canon 40mm atau pencake ,apakah cocok dilensa saya ,makasih ko ,tolong kasih saranya

    • Erwin Mulyadi February 14, 2017, 3:27 pm

      Cocok aja, bisa dipakai dan berfungsi normal kok.

      • Try February 15, 2017, 4:40 pm

        Ko kalo canon ef40mm2.8stm sama ef 50mm1.8 stm bagusan mana kualitas gambarnya trs bokehan yg mana ?hargnya si beda jauh ktnya harga ga nipu kulaitas tp byk denger kalo canon ef 40mm cocoknya buat kamera fulframe apakah bner sdgkan kamera saya 550d kok ,mohon penjelasanya makasih

      • Try February 16, 2017, 5:33 pm

        Ko kasih saranya

  • Rafaen February 7, 2017, 3:24 pm

    Mau tanya ni kak, kalau “Canon 1200D” lensa untuk foto bokeh yang murah dan praktis ada gak kak ?

  • agung January 24, 2017, 8:29 am

    Maaf pak. Kalau punya dana 10jt mau beli kamera 60D. Untuk acara weeding lensanya apa yaa ??

    • Enche Tjin January 24, 2017, 10:45 am

      Lensa yang fleksibel 15-85mm, jangan lupa flashnya.

    • Greys April 6, 2017, 2:35 pm

      16-35mm
      24-70mm

  • Bhimbi Fannoni January 18, 2017, 10:02 am

    Ko mau tanya. Saya ada 1000D dan barusan beli lensa fix canon 50mm. Masalahnya kok gak bisa buat jepret ya? Autofokus padahal udah on. Kemudian saya ganti ke 600D normal semua. Bisa buat jepret dll. Menurut Koko apa masalahnya? Dan bagaimana solusinya?
    Terimakasih 🙂

  • Setyo Hadi kusumo November 28, 2016, 4:45 pm

    Selamat sore om, mau tanya kalau lensa Tokina 12 24 f4 itu auto fokus nya berfungsi tidak di body Canon 1200D om? Atau

  • Venisia November 22, 2016, 12:17 pm

    Hi Ko, mau nanya, untuk Canon 1200D, bisa pake lensa ef 85mm f/1.8 gak ya?
    saya tertarik untuk cari lensa yg bisa buat zoom + fix, dan direkomendasikan teman untuk lensa yg ini.

    tolong pencerahannya.

  • Dimas November 9, 2016, 11:29 am

    ko untuk canon 100d lensa yang bagus yang mana ya ?

  • Mustofa November 1, 2016, 12:49 pm

    Ko mau nanya lensa yang bagus buat modelan apa ya kamera nya canon 550d makasih,

    • Enche Tjin November 1, 2016, 3:39 pm

      50mm f/1.8 bisa 🙂

    • Greys April 6, 2017, 2:37 pm

      24-70mm bisa hihihihihihi 😀

  • muhammad irsyadi October 22, 2016, 2:59 am

    Ko numpang tanya. Kalo lensa youngno 35mm f.2. Cocok gak untuk kamera canon 600D dan apa kelebihan dan kekurangan nya ko. ? Mohon pencerahannya.

  • AMIR Lj October 14, 2016, 10:56 pm

    Koh bisa gk canon 1100d pake lensa 75-300

    • Enche Tjin October 17, 2016, 4:32 am

      Bisa, tapi kualitasnya kurang, sulit digunakan di kondisi gelap.

  • iam August 30, 2016, 8:06 am

    ko aku beli canon 7D second body only. lensa apa ko yg cocok dan harga terjangkau. guna untuk wedding

    • Enche Tjin August 30, 2016, 4:13 pm

      Berapa kira2 budgetnya? Kalau wedding enaknya pakai zoom bukaan besar, contohnya Canon EF 17-55mm f/2.8 IS. Kalau yang agak murahan Sigma 17-50mm f/2.8. Bedanya di kontras gambar dan autofokus.

    • Greys April 6, 2017, 2:38 pm

      16-35mm dan 24-70mm kombinasi bagus 🙂

  • dawam August 26, 2016, 12:53 pm

    Koo
    S’umpma koko d sruh mmilih lensa untuk sgala suasna..
    Pilihannya canon 24-70 f2.8 dan
    Canon 24-105 f4 pilih yg mana ko…??

    • Greys April 6, 2017, 2:39 pm

      nimbrung ya…

      saya jagoin 24-70mm apalagi di kamera full frame…mantap!

  • RobinLIM August 5, 2016, 12:02 pm

    Ko Enche , Numpang tanya nih ..
    Lensa 18-135mm IS dan 55-250mm IS untuk Kualitas hasil Foto dan Foto objek kecil / Foto candid mana lebih bagus ko ?

    • Enche Tjin August 5, 2016, 12:08 pm

      Kalau objek kecil, mungkin dipertimbangkan lensa makro, seperti 60mm f/2.8

      • RobinLIM August 5, 2016, 12:16 pm

        kalau Lensa 50mm atau 60mm , itu hanya digunakan pada objek Kecil ? untuk objek lain kaga bisa ko Enche ? hmm ..

        • Enche Tjin August 5, 2016, 12:26 pm

          Yang 50mm gak mau fokus kalau kita deketin objek kecil, yang 60mm macro bisa, yang 60mm juga bisa buat foto portrait, pemandangan dll, karena bisa fokus jarak jauh juga.

          • RobinLIM August 11, 2016, 9:42 am

            oh oke ko , kalau pakai untuk acara ultah didalem ruangan cocok engga ko lensa 50mm F1.8 STM nya ? dan bisa ngambil Candid orang” didalem ruangan engga ya ko ? hmm ..
            soalnya binggung banget milih lensanya nih . maklum newbie kali ko saya . hehehe

            Kamsiaa ko encheTjin 🙂

            • Greys April 6, 2017, 2:40 pm

              mungkin kalau untuk segala ruangan pakai lensa zoom saja om, lbh flexible dibanding fix

  • stanny July 23, 2016, 2:07 pm

    boss, kalo eos 700d apakah cocok dgn lensa canon 55-250mm / tamron 70-300mm, mohon saran! tks

    • Erwin Mulyadi July 24, 2016, 8:57 am

      Cocok, yg tamron pastikan beli untuk mount Canon EF.

      • stanny July 25, 2016, 10:28 am

        thanks mas bro

  • Elly July 4, 2016, 6:23 am

    Ko mau tanya punya saya 600D klo menurut ko lensa tele yg cocok untuk 600D & flash external yg cocok juga tipe apa…? Thanks

    • Enche Tjin July 4, 2016, 3:17 pm

      Canon EF-S 55-250mm IS STM oke, kalau flash external saya rekomen Shanny SN600SC.

  • Kurniawan June 13, 2016, 3:45 pm

    ko mau nanya,
    saya pake canon 600 D.
    utk saat ini udah punya lensa 50 mm f1.8, rencana mau nambah lensa lagi.
    kira2 lensa apa ya yg cocok?
    incaran sementara sih 55-250mm f/4-5.6 IS.
    saya pengen punya lensa yg bisa utk dipakai liburan dan jalan2. tapi foto yg dihasilkan ttp oke
    tks

    • Enche Tjin June 14, 2016, 7:23 am

      Boleh juga, tapi yang lebar bagaimana?

    • Greys April 6, 2017, 2:41 pm

      tambahin 16-35mm buat ambil landscape atau pemandangan 😀

  • Budiman S June 6, 2016, 4:34 pm

    Koh, saya mau nanya nih , untuk Lensa 55-250mm IS STM cocok ga buat Canon 600 D ?
    Terima kasih sebelumnya

    • Enche Tjin June 6, 2016, 11:20 pm

      Cocok

  • Awie June 6, 2016, 10:57 am

    Mohon saran,
    Canon EOS 1200d apakah cocok dengan lensa Tamron AF18-270mm f/3.5-6.3 Di II VC PZD AF Lensa for Canon? hasilnya bagaimana?
    Trima kasih

  • dhanie May 18, 2016, 12:15 am

    Bang..lensa canon 28mm f1.8 cocok gak bang buat camera 7D saya?belum full frame soalnya.

    • Enche Tjin May 18, 2016, 11:57 pm

      Lensa-lensa Canon EF yang dirancang untuk full frame bisa juga digunakan di kamera APS-C seperti 7D.

  • rio March 18, 2016, 9:11 am

    bang, lensa canon ef 55mm tuh cocok untuk jenis canon yang model lama kagak ??

    • Enche Tjin March 18, 2016, 9:20 am

      Kayaknya gak ada, lensa Canon EF 55mm

  • rama March 4, 2016, 6:46 pm

    Lensa Canon EF-S 18-135mm f/3.4-5.6 IS STM apa hanya khusus untuk canon 650d saja?

  • Adi March 4, 2016, 12:37 am

    Koh saya mau nanya, lensa Canon 55-250 dan canon 50 mm cocok ngga sama Canon eos 100 d? Mohon pencerahannya koh

    • Enche Tjin March 4, 2016, 10:32 am

      Cocok

  • ibn February 18, 2016, 11:59 pm

    Koh lensa tele yg cocok buat canon 70d buat prewed apa? Budgate ada sktar 10jtan.trma kasih

    • Enche Tjin February 19, 2016, 12:38 am

      Canon 70-200mm f/4 IS

  • ade February 6, 2016, 5:46 am

    koh , saya punya 760 bo , ingin lensa terpisah buat travel , landscape dan sehari hari lah seneng jalan2 sih hehe , lensa apa yg paling cocok koh yg wide nya dapet , zoomnya oke hehe .. punya budget 5-6jutaan .. tolong di bantu koh

    • Enche Tjin February 6, 2016, 1:33 pm

      Canon EF-S 18-135mm IS

  • Robi February 3, 2016, 8:42 pm

    Pak saya dari medan,saya punya 550d pilihan lensa yang sesuai dengan dana terbatas,55-250mm atau 70-200mm,mohon info nya,trims

  • Robi February 3, 2016, 8:35 pm

    Pak saya dari medan,saya punya 550d untuk lensa,lebih cocok yang ef-s 55-250mm atau 70-200mm,tuk hasil gambar yang baik,dana jga terbatas,mohon info nya thank’s

  • Daniel January 30, 2016, 3:11 pm

    Koh, aku Pakai canon 7D + 50mm fix f/1.4 kenapa sering miss focus ya? (saya cek lensa di pasang di 60D, dan 6D bisa focus dengan baik.)

  • nico December 27, 2015, 11:42 am

    salam, koko mo tanya nih..saya pengguna canon 60D + 18-135mm.
    tapi saya pengen berpaling ke lensa 17-40 l Series..nah pertanyaan saya lensa 17-40 itu maksimal ga kelebihan nya dari sisi ketajaman, membantu disaat kondisi cahaya minim, warna dan kontras nya cantik..kalo di sisi wide nya jelas kurang berasa karna 60D blm full Frame..mohon bimbingan nya koko..
    thanks..

    • nico December 27, 2015, 11:44 am

      salam, koko mo tanya nih..saya pengguna canon 60D + 18-135mm.
      tapi saya pengen berpaling ke lensa 17-40 l Series..nah pertanyaan saya lensa 17-40 itu maksimal ga kelebihan nya dari sisi ketajaman ( close-up/Candit2 nya), membantu disaat kondisi cahaya minim, warna dan kontras nya cantik..kalo di sisi wide nya jelas kurang berasa karna 60D belum full Frame..kebutuhan buat weeding..mohon bimbingan nya koko..
      thanks..

  • kartono October 26, 2015, 11:55 pm

    ko…. saya sudah beli lensa SIGMA 17-50mm F2.8 EX DC OS HSM’ yg koko dulu rekomendasikan untuk canon 750D. tapi setelah digunakan, gak bisa buat video. apa benar gak cocok sama canon 750D dan 760D?

  • ADY October 11, 2015, 3:04 pm

    koko mau tanya mana yg bagus canon fix 24 is usm dengan sigma 24-105mm f4 art untuk wedding dilihat dari ketajaman

    • Enche Tjin October 14, 2015, 9:39 am

      Lensa fix biasanya terlihat lebih tajam daripada zoom. Tapi kalau fleksibilitas saat motret wedding, 24-105mm f/4 jauh lebih fleksibel, terutama untuk wedding.

  • thomas October 9, 2015, 5:41 pm

    Kalau 60D menurut bapak pake wide Tokina 11-16mm atau Canon 10-22mm ? alasannya ? thank you master.

    • Enche Tjin October 10, 2015, 9:19 pm

      Keduanya oke, ada satu lagi kandidat lagi yaitu 10-18mm yang 3 jutaan. Kalau saya lebih suka yang Canon EF-S 10-22mm f/3.5-4.5. Alasannya zoomnya lebih leluasa, autofokus lebih mulus.

  • agam September 22, 2015, 5:38 pm

    Mohon saran
    Canon 1200d cocok tidak untuk pakai lensa ef-s 55-250mm f/4-5.6 IS STM
    mohon konfirmasi nya

    • Enche Tjin September 23, 2015, 9:44 am

      Cocok

  • abdul kholik September 1, 2015, 2:47 pm

    ko. mau nanya nih.. saya punya kamera eos 1100D, kalau saya mau belikan lensa yang ukuran
    Canon Lensa EF-S 55-250mm f/4-5.6
    apakah bisa ya.?… dan mohon kirim jawaban ke email saya juga bisa
    kholik.habib@gmail.com
    makasih
    kholik
    jambi

    • Enche Tjin September 1, 2015, 10:53 pm

      Bisa

  • Anas July 2, 2015, 10:06 pm

    Tanya Koh..
    Saya pengen lensa Canon EF 24-105mm F/4 L IS..
    untuk kebutuhan wedding dan preweeding.. untuk dipasangkan kamera yang aku punya EOS 60D..
    Gimana menurut koh.. Plus minusnya..
    Sebelumnya diucapkan terima kaksih..

    • Enche Tjin July 3, 2015, 2:36 am

      Plusnya cukup tele zoomnya, dan minusnya 24mm di 60D tidak terlalu lebar, jadi perlu lensa tambahan untuk sudut lebarnya. Misalnya Canon EF-S 10-22mm.

  • fajar June 20, 2015, 5:47 pm

    Koh mau nanya
    Saya mau beli lensa ada budget sekitar 1,5an lah
    Nah sekarang saya udah punya
    Lensa Canon55-250mm
    Lensa Cano Kit 18-55mm
    Kamera saya 60d
    Nah kira kira lensa apa yang cocok koh untuk makro dan foto model, apakah lensa canon 55-250dan kit saya sudah cukup? Atau saya ambil lensa fix 50mm yg bukaan 1/8 atau gimana mohon pencerahanya koh, masih bingung mau foto makro dan foto model,saya pemula nih

    Owh iya sebelumnya makasih koh buku Dslr Ver 2nya Udah saya resapin dan tamat bacanya hehe videonya juga udah kelar saya tonton bagus banget recomended deh, ada buku yang lain tentang ilmu fotografinya koh, tapi jawab pertanyaaan diatas saya itu dulu ya koh secepatnya

Leave a Comment