≡ Menu

Rekomendasi lensa untuk kamera DSLR Canon

Karena banyak sekali pertanyaan-pertanyaan ke saya tentang rekomendasi lensa untuk kamera tertentu, maka saya mendedikasikan tulisan ini untuk menjawab pertanyaan saudara-saudara. Harap diingat kalau rekomendasi ini berdasarkan lensa yang tersedia sampai hari ini (Maret 2011) dan harga hanya perkiraan saja dan bisa berubah.

Canon-EOS-550D

Rekomendasi lensa untuk kamera Canon 1000D, 1100D, 450D, 500D, 550D, 600D, 650D

  • Canon EF 50mm f/1.8 Rp dibawah Rp 1 juta – Sulit untuk tidak merekomendasikan lensa mungil dan murah ini. Termasuk lensa termurah tapi nilai kualitas yang diberikan sangat baik, terutama untuk foto portrait.
  • Canon EF-S 55-250mm f/4-5.6 IS Rp 2 juta – Lensa telefoto yang terjangkau tapi hasil yang diperoleh cukup lumayan. Biasanya digunakan untuk foto potret, candid, satwa liar dll.
  • Sigma 10-22mm f/4-5.6 HSM Rp 5.3 juta – Lensa lebar untuk foto pemandangan, arsitektur, liputan acara.
  • Sigma 17-50mm f/2.8 OS HSM Rp 6.2 juta – Lensa praktis untuk foto di kondisi cahaya yang gelap dan efektif membuat latar belakang kabur.
  • Canon EF-S 60mm f/2.8 USM Macro Rp 4 juta – Lensa makro buat foto detail produk, serangga, bunga, makanan dan lain-lain

Rekomendasi lensa khusus untuk kamera Canon 650D

  • Canon EF-S 18-135mm f/3.4-5.6 IS STM Rp 5 juta -Lensa serba guna ini fleksibel digunakan untuk Canon 650D karena memiliki motor fokus STM, sehingga mulus dan senyap saat memotret dan merekam video.

canon7d

Rekomendasi lensa untuk kamera Canon 40D, 50D, 60D, 7D

  • Canon EF-S 10-20mm f/3.5-5.6 Rp 6 juta – Lensa lebar untuk foto pemandangan, arsitektur, liputan acara.
  • Canon EF-S 15-85mm f/3.5-5.6 IS USM Rp 6.5 juta – Lensa untuk kegiatan sehari-hari yang lebih praktis dan lebih tajam daripada lensa zoom biasa.
  • Canon EF-S 17-55mm f/2.8 IS USM Rp 8.7 juta – Lensa praktis serbaguna, mantap di kondisi cahaya yang kurang baik.
  • Canon EF 70-200mm f/4 atau f/2.8 IS Rp 10.4  - 19 juta – Lensa telefoto untuk acara keluarga, potret, satwa liar, candid dsb. Saya menyarankan versi yang ada IS bila dana mencukupi.
  • Canon EF-S 60mm f/2.8 USM Macro Rp 4 juta – Lensa makro buat foto detail produk, serangga, bunga, makanan dan lain-lain
  • Canon EF 85mm f/1.8 USM Rp. 3.2 juta – Lensa ini auto fokusnya sangat cepat dan hasilnya lembut, cocok untuk foto potret kecantikan, candid atau acara olahraga di dalam ruangan seperti bola voli.

canon-1dmarkiv

Rekomendasi lensa untuk kamera Canon 5D mk II, III, Canon 1D dan 1Ds series

  • Canon EF 16-35mm f/2.8 Rp 13.4 juta – Lensa lebar untuk foto pemandangan, arsitektur, liputan acara.
  • Canon EF  24-70mm f/2.8 Rp 12 juta – Lensa praktis untuk foto di kondisi cahaya yang gelap dan efektif membuat latar belakang kabur.
  • Canon EF 70-200mm f/2.8 IS Rp 19 juta – Lensa telefoto untuk acara keluarga, potret, satwa liar, candid dsb.
  • Canon EF 50mm f/1.2 – Rp 13.3 juta Lensa berbukaan sangat besar ini baik untuk potret kecantikan dan kondisi cahaya yang sangat gelap
  • Sigma 85mm f/1.4 HSM Rp 8 juta – Lensa fix spesialis potret kecantikan atau candid
  • Canon EF 100mm f/2.8 L IS USM Macro Rp 7.3 juta – Lensa makro buat foto detail produk, serangga, bunga, makanan dan lain-lain

Lensa untuk kamera lainnya: Rekomendasi lensa untuk Nikon | Rekomendasi lensa untuk kamera DSLR Sony

Similar Posts:

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+

{ 970 comments… add one }

  • opan Februari 18, 2014, 4:42 pm

    ko,,sy kan punya 550D,,kira2 klo beli lensa 15-85mm pas n cocok ga klo pake landscape n HI..
    Nyari yg praktis ko,,maklum anak kuliahan :D

    • Enche Tjin Februari 18, 2014, 10:21 pm

      @opan oke dan praktis :)

  • piet Februari 26, 2014, 9:02 pm

    bang saya punya kamera eos 1100d.kbetulan sy bru pmula d fotografi, ni lg bingung kira2 lensa apa yg cocok bt foto close up. dana saya juga terbatas hehehhe,,,,,,

    thanks bang

    • Enche Tjin Februari 26, 2014, 11:22 pm

      @piet Canon 60mm Macro

  • yonsc Maret 4, 2014, 10:29 am

    sy msh pemula utk fotografi..untuk canon 60D cocoknya lensa apa ya koh? spy bs foto jarak jauh..

    • Enche Tjin Maret 4, 2014, 7:04 pm

      @yonsc Canon 55-250mm IS, Canon 70-300mm IS, Canon 70-200mm f/4 IS, Canon 70-200mm f/2.8 IS

  • agus muttalib Maret 4, 2014, 6:43 pm

    salam kenal.. mohon bantuan pencerahan untuk camera eos m. kalau bs sdikit review ttg lensa 18-55mm f/3.5-5.6 & 22mm f/2.0. termasuk jika menggunakan lensa ef s (pake adaptor). soalnya tdk banyak review ttg camera tersebut..

    • Enche Tjin Maret 4, 2014, 10:49 pm

      @agus wah, kebetulan gak punya kamera tersebut tuh jadi gak pengalaman. Ada yang bisa membantu/mau pinjemin? hehe

  • LEWANDY Maret 8, 2014, 8:04 pm

    Mau tanya kalau canon 1100D ketemu sama lensa EF-S 10-22mm cocok tidak?
    Tolong masukannya :D

    • Enche Tjin Maret 10, 2014, 9:01 pm

      @Lewandy cocok dan sangat lebar, biasanya untuk foto pemandangan atau interior.

  • Rossi Maret 10, 2014, 12:03 am

    Ko bantuin dong, saya mau beli gear sama lensa, budget sekitar 20jt, hobby saya foto portrait, landscape, kadang suka video juga.

    Ini pilihan gear sama lensa saya kok :
    - Canon 70D
    - Canon 24-105L
    - Canon 85 1.8

    Itu pilihan saya kok, memang lebih dari budget dikit sih hehe.
    Yang saya mau tanyain, ada usul lain ga ko? Atau itu udah seusai dengan tujuan photography saya? Terma kasih.

    • Enche Tjin Maret 10, 2014, 8:55 pm

      @Rossi menurut saya 24-105mm tidak begitu lebar untuk 70D, jadi agak kesulitan untuk indoor atau membuat foto pemandangan yang dramatis. Saran saya lensanya 15-85mm f/3.5-5.6 IS dan Canon 50mm f/1.4.

  • Ciput Maret 10, 2014, 3:39 am

    Ko saya minta rekomwndasi 2 lensa ini dong yang mana yang lebih baik bingung mau beli soalnya antara canon 70-200 F/4 L IS dengan 70-300 F4-5.6 L IS, soalnya banyak kabar dari temen yang 70-200 F/4 itu Auto Fokus nya lambat bener gak? Sedangkan yang 70-300 itu blm pernh ada temen yg nyoba

    Trimakasih

    • Enche Tjin Maret 10, 2014, 8:41 pm

      @Ciput Secara kualitas, 70-200mm f/4 IS lebih tajam dan lebih konsisten (motret di 70mm dan 200mm ssama2 bagus). Sedangkan 70-300mm IS tajam di 70mm, tapi setelah lebih dari 135mm kualitas ketajamannnya menurun.

  • akhwan Maret 12, 2014, 10:17 pm

    malem koh enche ? lensa 15-85 mm katanya ada bukann yg tidak tajam ? produk bad copy ? apa benar ? di bukaan berapa yg tidak tajam ?

    • Enche Tjin Maret 14, 2014, 6:03 pm

      @akhwan Tergantung dibanding apa, secara umum cukup tajam, yang gak tajam kalau bukaannya terlalu kecil, misalnya f/16-22

  • vian Maret 15, 2014, 4:06 am

    mlem ko..
    say punya 600d, saya mw beli lensa sigma 17-50mm
    cocok gk ko. mhon masukannya .tks

    • Enche Tjin Maret 16, 2014, 8:56 am

      @vian cocok

  • Rossi Maret 15, 2014, 11:11 am

    Oh gitu, emang kalo 24-105 dipake di 70D kira kira focal lenght nya jadi berapa ya ko ?

    • Enche Tjin Maret 16, 2014, 8:55 am

      @Rossi Dikali 1.6 aja, jadi ekuivalen dengan 38-168mm

  • diky Maret 15, 2014, 1:58 pm

    buget 5jt dapet kamera dslr gx om?
    trus tipe apa?
    mksh…

    • Enche Tjin Maret 16, 2014, 8:54 am

      @diky Canon 1100D atau Nikon D3100

  • akwet Maret 16, 2014, 3:46 am

    salam om ,mau tanya klo 550d di pasangkan ke 70-200mm f4 non is ,layak kah ??
    cz ini mau beli 70-200

  • pepeb Maret 24, 2014, 3:03 pm

    mas lensa tamron yang cocok buat 700d apa ya?
    kalo bisa reply ke gamelovers8@yahoo.com

    thanks

  • boby satria Maret 30, 2014, 3:45 am

    Mw numpang nanya ni coh….
    Saya punya canon 1100 D, mw pasaang lensa sigma 70-300, coco gak????
    Terimah kasih

    • Enche Tjin Maret 31, 2014, 11:19 am

      @boby cocok dalam arti bisa dipasang, tapi kualitasnya biasa saja, kecuali yang Sigma 70-300mm OS

  • Erina Dewanto April 1, 2014, 9:27 am

    Ko saya punya 1100D mau beli lensa yang cocok apa ya? soalnya saya baru pemula bingung menggunakannya

    • Enche Tjin April 2, 2014, 10:07 am

      Punya lensa apa saja sekarang dan ingin motret apa?

  • TATA April 1, 2014, 11:50 pm

    Malam ko.. tanya dong.. saya punya cam canon 1000d.. mau ganti lensa baiknya yg gimana ya? Yg bisa close up jg bisa zoom jauh gitu.. thanks ya..

    • Enche Tjin April 2, 2014, 10:04 am

      Tata sekarang punya lensa apa saja ya?

  • Alu April 2, 2014, 9:00 am

    Pagi Pak Enche, mohon pencerahannya, lensa 24mm f/1.4 L kira2 cocoknya digunakan untuk pemotretan jenis apa? Karena menurut pendapat saya, lensa ini sudah termasuk lensa yang lebar jika dipasangkan dengan kamera FF dan biasanya lensa lebar digunakan untuk foto pemandangan yang mana biasanya digunakan dengan bukaan yang kecil misal f/8 atau lebih kecil lagi. Apakah tidak sia2 dengan bukaan yang besar dan harga yang cukup mahal?
    Terima kasih

    • Enche Tjin April 2, 2014, 9:44 am

      @Alu Biasanya lensa wide sulit untuk membuat latar belakang blur, jadi 24mm f/1.4 digunakan untuk itu. Contoh foto2nya bisa dilihat di sini

  • dede April 2, 2014, 9:55 am

    Bang, kalau mau beli lensa 70-200 f2.8 lbh baik pilih canon is second or sigma or tamron, karena bugdet nya mirip.
    Mohon pendapatnya.
    Tq

  • Alu April 2, 2014, 11:57 am

    Terima kasih atas penjelasannya Pak Enche. Jadi lensa ini lebih ditujukan untuk foto portrait dengan sudut pengambilan yang tepat, karena lensa ini menimbulkan kesan distorsi (diambil dari jarak cukup dekat untuk ukuran lensa wide). Tetapi dengan distorsi inilah yang menimbulkan kesan foto portrait yang lebih artistik dengan catatan sudut pengambilannya tepat. Btw, ilmu saya masih jauh dari cukup untuk hal2 seperti ini.
    Salam.

  • dika April 9, 2014, 12:26 pm

    Mau nanya nih koh mendingan beli
    TAMRON AF 18-200mm F/3.5-6.3 XR Di II LD Aspherical [IF], SIGMA 18-250mm F3.5-6.3 DC Macro OS HSM
    ,Canon EF-S 18-200mm f/3.5-5.6 IS, atauCanon EF-S 55-250mm f/4-5.6 IS STM +Canon EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS STM.. maklum lensa standar rusak AF nyaa jadi pengen ganti aja … mohon rekomendasinya ya

    • Enche Tjin April 10, 2014, 11:56 pm

      Banyak banget pertimbangannya, saran saya Canon 18-135mm IS STM saja, sama dengan yang dipakai istri saya he he he

  • Eric April 16, 2014, 2:30 pm

    ko mau tanya, lensa yang cocok buat canon 60D khusus acara wedding apa ya? Canon EF-S 15-85mm f/3.5-5.6 IS USM atau EF 17-40mm F/4.0 L USM? bisa kasi pertimbangannya atau ada saran yg lain. thx

    • Enche Tjin April 17, 2014, 6:02 pm

      @Eric kalau mau praktis 1 lensa, bagus 15-85mm IS untuk Canon 60D.

  • eric April 19, 2014, 12:29 am

    Kalau 15-85mm sama 17-55mm f2.8 lebih disaranin yg mana? Kualitas beda jauh ga? Sorry banyak nanya ko.. thx

Leave a Comment