≡ Menu

Memilih sistem kamera: Saku, DSLR, Micro four thirds, NEX, NX, Nikon 1

Di saat sekarang, banyak sekali pilihan sistem kamera. Beberapa tahun yang lalu, hanya ada satu sistem kamera yang populer, yaitu kamera DSLR. Tapi kini muncul banyak saingan dari sistem kamera yang telah puluhan tahun mendominasi pasar ini.

Pada intinya, ada trade off antara ukuran kamera & lensa dengan kualitas foto dan kontrol kamera. Semakin besar sebuah kamera, semakin baik hasil fotonya dan juga semakin banyak tombol tombol dan fitur yang memudahkan fotografer.

Idealnya, sebuah sistem kamera berukuran relatif kecil, ringan dan menghasilkan foto yang sempurna, tapi sampai sekarang, masih sulit ditemukan sistem kamera ideal tersebut.

Maka dari itu, kita terpaksa memilih, jika kita ingin kamera yang kecil dan bisa dikantongin, maka kamera saku cocok bagi kita. Jika kita ingin kualitas dan kinerja kamera yang terbaik, sistem kamera DSLR cocok untuk itu.

Jika kita mencari kompromi antara kualitas foto, kinerja dan ukuran, maka ada sistem kamera baru seperti Micro four thirds, Sony NEX, Samsung NX, Ricoh GXR, Pentax Q dll.

Artikel ini akan membahas secara ringkas bersama ilustrasi yg membedakan antara satu sistem dengan yang lainnya. Mudah-mudahan yang baru ingin mencari sistem kamera baru dapat terbantu dengan ulasan saya.

Kamera saku
Jika ingin kamera yang mungil dan bisa masukkan ke saku, maka kamera saku merupakan pilihan yang cocok. Kamera saku memiliki lensa yang bergabung dengan badan kamera sehingga kita tidak bisa menukar lensa.

Ada beberapa jenis kamera saku yang tersedia di pasar, antara lain adalah kamera saku canggih dan kamera saku superzoom. Kamera saku canggih menghasilkan kualitas foto sedikit di atas kamera saku biasa. Kamera saku juga bisa merekam kamera foto format RAW.

Sedangkan kamera saku jalan-jalan adalah jenis kamera saku yang memiliki lensa dengan jangkauan lebar sampai sangat jauh atau tele. Kekurangan dari kamera ini adalah kualitas foto yang tidak begitu baik dan tidak bisa berganti lensa. Kamera semacam ini cocok untuk yang hobi jalan2 tapi tidak mau repot repot bawa kamera berukuran lebih besar.

Depan: Canon S95, Kiri: Nikon P300, Kanan: Panasonic LX5

Depan: Canon S95, Kiri: Nikon P300, Kanan: Panasonic LX5

Rekomendasi

  • Nikon Coolpix P300 – kamera kecil yang mudah dipakai, punya lensa yang lebar (24mm) dengan bukaan besar. Cukup baik di kondisi cahaya yang kurang baik.
  • Canon S95 – mungil tapi berkualitas tinggi. Menurut standar kamera saku kualitas foto yg dihasilkan sangat baik meskipun di kondisi cahaya yg krg baik. bisa merekam format RAW.
  • Sony HX5 kamera yg memiliki zoom 10x ideal buat jalan-jalan. Ada fitur seperti panaroma stiching yang cocok untuk mengambil foto panorama secara otomatis.

Nikon 1
Sistem ini dinamakan Nikon 1 karena sistem ini berdasarkan ukuran sensor gambar yang berukuran satu inci. Ukuran sensor ini ber-crop factor 2.7x artinya lebih kecil dari kamera DSLR yang ada di pasaran (1.5x) atau kamera Nikon full frame (FX) (1x).

Sistem baru Nikon ini lebih ditujukan kepada khalayak umum yang ingin kualitas foto yang lebih baik dan kamera yang lebih handal dari kamera saku tetapi tidak ingin sistem kamera sebesar sistem kamera DSLR. Fitur-fitur kamera ini dioptimalkan untuk orang yang belum memahami dasar fotografi.

Lebih lengkap dengan sistem Nikon 1 bisa dibaca di artikel Sistem kamera mungil Nikon V1 & J1

sistem-nikon-1

Micro Four Thirds
Jika ingin kamera berukuran tidak terlalu besar seperti kamera DSLR, tapi ingin kualitas foto yang lebih baik dari kamera saku, pilihan yang cocok adalah sistem kamera micro four thirds. Sistem ini didukung oleh Panasonic, Olympus, Leica dan beberapa produsen lensa lainnya. Kamera m43 ini berukuran jauh lebih kecil dari kamera DSLR karena tidak memiliki cermin untuk jendela bidik optikal.

Sensor gambar kamera juga lebih kecil dari kamera DSLR. Akibatnya desain lensa juga bisa ikut diperkecil. Sampai saat ini, lensa-lensa yang ditawarkan lensa sistem ini paling banyak dibandingkan dengan sistem bukan DSLR.

Sistem m43 adalah kompromi yang baik antara kualitas foto dan ukuran kamera & lensa.

Panasonic GF1, kamera m43 terlihat jauh lebih ramping dibandingkan dengan kamera DSLR pemula Canon

Panasonic GF1, kamera m43 terlihat jauh lebih ramping dibandingkan dengan kamera DSLR pemula Canon

Rekomendasi kamera M43

  • Panasonic GH2 kamera yang handal baik untuk foto maupun video. Punya jendela bidik built in dan layar LCD putar. Ukurannya relatif kecil dibandingkan dengan kamera DSLR.
  • Panasonic GX1 Kamera yang bentuknya relatif kecil tapi berkualitas tinggi. Disukai oleh street photographer.


Mirrorless system dengan sensor APS-C
Jika yang diinginkan adalah kualitas foto yang setara dengan kamera DSLR tapi ingin bodi kamera yang lebih kecil, ada dua pilihan yaitu sistem SONY NEX dan Samsung NX.

Keduanya memiliki konsep yang kurang lebih sama, yaitu memiliki sensor sebesar yang terdapat di kamera DSLR. Kekurangannya, meski bodi kameranya berukuran kecil, tapi banyak lensanya yang berukuran relatif besar dan panjang.

Sony NEX-5 (kiri) memiliki badan kamera yang sangat mungil, tapi lensanya hampir sebesar lensa kamera DSLR

Sony NEX-5 (kiri) memiliki badan kamera yang sangat mungil, tapi lensanya hampir sebesar lensa kamera DSLR

Rekomendasi

  • Sony NEX 5N kamera ini sangat mungil dan ringan tapi kualitas fotonya sangat baik meski di kondisi cahaya yg kurang baik. Tidak banyak tombol sehingga ganti setting agak merepotkan.
  • Samsung NX200. Punya antar muka yang sangat baik dan koleksi lensa yang sampai saat ini lebih baik dari SONY NEX. Tapi masih kurang populer di Indonesia.

Kamera DSLR
Jika menginginkan kamera yang dapat menghasilkan kualitas foto yg tinggi dengan jendela bidik optik dan koleksi lensa dan aksesoris lain yg lengkap, kamera DSLR boleh jadi andalan.

Secara garis besar, kamera DSLR dibagi dua macam berdasarkan besarnya sensor kamera. Kamera DSLR yg dipasaran biasanya bersensor APS-C Kamera bersensor lebih besar dari ASP-C sering disebut kamera full frame, setara dengan ukuran film.

Kamera DSLR bersensor APS-C terbagi atas beberapa model:

  • Model pemula biasanya murah, kinerjanya tidak begitu cepat dan fiturnya terbatas.
  • Model menengah ditujukan kepada yang ingin lebih serius mendalami fotografi atau membutuhkan kamera dgn kinerja lebih cepat. Biasanya bodinya lebih banyak tombol untuk memudahkan penggantian setting
  • Model canggih ditujukan untuk fotografer yang menyukai jenis fotografi aksi seperti olahraga, tari, jurnalisme, satwa liar, dst

Rekomendasi

  • Model pemula Canon 550D, Nikon D5100
  • Model menengah Canon 60D, Nikon D7000
  • Model canggih Canon 7D, Nikon D300s

Sedangkan kamera yang memiliki sensor full frame terdiri dari dua jenis model berdasarkan prioritasnya. Jika prioritasnya adalah ukuran foto, maka yang cocok adalah kamera berresolusi besar, seperti Nikon D3X, Canon 5D mk II, Sony A900.

Jika prioritasnya adalah kualitas foto di ISO tinggi dan kinerja kamera yang sangat tinggi untuk foto liputan seperti olahraga, maka yang cocok adalah kamera seperti Nikon D700, D3S atau Canon 1DX.

Kamera SLT
Kamera DSLR memilliki kelemahan saat merekam video. Pada umumnya, kinerja auto fokus sangat lamban dan tidak bisa mengikuti subjek yang bergerak. Sony mengeluarkan sistem kamera SLT (semi translucent mirror) untuk mengatasi masalah ini.

Dengan sistem ini, kinerja auto fokus di saat live view atau merekam video sangat baik. Kecepatan tembak per detiknya juga cepat (dengan batasan tertentu). Kelemahan sistem ini adalah tidak memiliki jendela bidik optik. Meskipun demikian, jendela bidik elektronik tersedia.

Sistem ini cocok dengan kamera DSLR Sony Alpha, jadi kita bisa mengunakan lensa-lensa Sony dan juga mengunakan aksesoris Sony.

Kelemahan jendela bidik elektronik adalah kualitasnya akan menurun saat di kondisi cahaya yang kurang baik, dan menguras baterai lebih cepat daripada kamera DSLR. Meski kita bisa mengambil foto dengan cepat, tapi settingnya lebih terbatas, misalnya hanya bisa mengunakan bukaan terbesar.

Sistem ini patut di pertimbangkan oleh yang gemar merekam video (selain foto) dan yang sudah memiliki banyak lensa DSLR Sony Alpha.

Lebih jauh tentang kelebihan dan kekurangan sistem ini : Sony Bangkit

Rekomendasi

  • Model pemula: Sony A33, A55
  • Model canggih: Sony a77
A77 adalah model terbaru kamera SLT Sony yang terbaru

A77 adalah model terbaru kamera SLT Sony yang terbaru

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 73 comments… add one }
  • Hady pratama October 21, 2015, 6:22 pm

    Permisi.om saya mau nanya, dari 3 kamera di atas yang paling.rekomemded untuk kamera saku apa.om? Saya lg.mencari kamera saku untuk traveling. Trimaksih

    • Enche Tjin October 21, 2015, 11:32 pm

      Hehe ini artikel sudah lama banget, jadi mungkin kameranya sudah tidak dijual lagi.

  • Ari August 23, 2014, 6:48 am

    Permisi Koh sy pemula, mau minta saran
    samsung nx300 atau EOS 600D? terima kasih atas sarannya

    • Enche Tjin August 23, 2014, 8:47 am

      Keduanya dirancang untuk pemula, bedanya Canon 600D itu sistemnya DSLR, ada jendela bidik dan koleksi lensa dan aksesorisnya lebih banyak daripada sistem mirrorless Samsung NX300. Keuntungan NX300 itu di ukurannya yang lebih ringan dan ringkas, layarnya bisa touchscreen dan ada wifi. Kalau makainya buat sekedar jalan-jalan, sepertinya NX300 cukup, tapi kalau ingin memperdalam fotografi sampai mahir, lebih baik Canon 600D

  • citra August 11, 2014, 5:59 am

    Om sya pmula dn mau tnya sya bru pnya canon powershot sx170 minta tips nd tricknya donk ??

  • Rakun April 5, 2014, 11:20 pm

    Pak enche, terima kasih atas pncerahan lightroom yg kmrn udah solve, saat ini saya agak binggung, saya menggunakan nx300, karena lensa nx mount sangat sdikit, mhn saran lensa yg trbaik unt memotret acara nikah, kalo bsa yg murah namun IQ nya tajam/bagus

    Terima kash pak

  • handi January 2, 2014, 7:40 am

    Salam kenal saya punya canon 600D kalau mau upgrade lensa sebaiknya pakai type apa ya trims atas sarannya ( yg bisa jauh dan dekat / zoom )

    • Enche Tjin January 2, 2014, 9:49 am

      @handi kalau bisa zoom yang lebar dan panjang sekaligus namanya lensa sapujagat. Lensa semacam itu adalah kekurangannya yaitu konsisten kualitas gambarya tidak optimal. Alternatif lain adalah memilih lensa khusus sesuai kebutuhan pemotretan, seperti lensa telefoto untuk subjek yang jauh saja.

  • aming December 30, 2013, 4:00 pm

    om, mau nanya nih.. sony nex 5n punya shutter count gak..ada gak kamera yang bentuknya mirip kamera dslr tapi gak punya shutter count… ^^

    • Enche Tjin January 2, 2014, 10:15 am

      @aming Setiap kamera tentu ada, setiap jepret dihitung. Biasanya tersimpan di dalam file data gambar.

  • Amanda May 12, 2013, 2:02 am

    Ko Enche…… sebenarnya sy kadang” jd Model, tp pas lihat keakraban FG jd pengen nyoba Motret. saran dr temen FG bikin bingung. yg pake NIKON nyaranin NIKON. yg pake CANON nyaranin CANON….. aduuuhhh ! bingung kan….
    Budget kisaran 10-20 jt. sy pengen Gear yg tepat buat Motret Model Potrait/full body. rekom dr temen” CANON 60D,NIKON D7000 atau D7100. menurut Ko Enche mana yg tepat buat pemula seperti sy ? klo CANON, Lensa kitnya milih yg EF-S 18-55mm atau yg EF-S 18-135mm ?
    Trus ada yg nyaranin Lensa khusus Potrait Model:
    CANON EF 50mm f/1.4 USM,
    CANON EF 85mm f/1.8 USM,
    CANON EF 100mm f/2 USM,
    CANON EF 135mm f/2L USM
    klo yg terakhir ini katanya Bagus, tp Harganya Lumayan mahal.
    yg mana menurut Ko Enche yg Tepat buat saya. Mohon Advice dan rekomendasinya Donk….. Klo terlalu panjang di jawab disini, bisa dijawab Via Email: amanda_geisha@yahoo.com
    atau Inbox Di FB sy: http://www.facebook.com/amanda.gheisya

    • Enche May 12, 2013, 10:49 am

      @Amanda untuk sistem kamera Canon atau Nikon gak masalah, keduanya oke, tinggal pilih yang cocok ditangan hehe

      Kalau lensa, yang khas buat portrait adalah 50mm untuk full body dan 85mm ke atas untuk close-up. Banyak juga yang memakai lensa zoom 70-200mm f/2.8 karena lebih praktis.

      Enche Tjin

  • bimo February 23, 2013, 2:41 pm

    apkah perbedaan kamera prosummer dengan dslr dan kamera saku? mohon pencerahannya.

  • Monic December 8, 2012, 11:51 pm

    Membantu sekali artikelnya, thanks for sharing !!
    GBU

    Monic,
    http://monicutez.blogspot.com

  • Diva December 7, 2012, 1:27 pm

    Kalo Canon EOS 1100D dibanding Nikon D3000 bagus mana om?

  • syarif December 6, 2012, 12:34 pm

    om saya pengen , belajar fotografi…saya ingin awali dengan nikon coolpixl810….gimana menurut om… apa sudah benar langkah awalnya?

    • Enche December 7, 2012, 10:32 am

      @syarif ya bisa pakai kamera tersebut karena ada pengaturan manualnya

  • Diva December 5, 2012, 4:14 pm

    Om. Saya pengguna kamera saku tapi pengen pindah ke DSLR. Biasanya saya mengabadikan momen traveling & architecture photography. Diutamain low budget. Boleh tau kamera apa yang sesuai?

    • Enche December 5, 2012, 11:12 pm

      @Diva low budgetnya semana ya? Coba cek memilih kamera DSLR Canon & Nikon

  • ANDREAS PUTRA September 16, 2012, 9:00 pm

    Om enche, setelah saya review untuk nikon d3000 belum ada live view, yg dimaksud live view apa ya om, apakah waktu ambil gambar gak bisa lewat lcd ?, saya pemula om pengen belajar photografi kmrn mau cari prosumer hs30exr tp ada info kenapa ga dslr sekalian katanya toko itu. Disodorin lah d3000 tp saya masih pikir pikir dlu apakah tepat buat saya kamera itu. Mohon sarannya om enche… thank you

    • Enche September 17, 2012, 8:30 pm

      @Andreas maksud live view adalah mengunakan layar LCD untuk mengkomposisi foto seperti kamera compact/handphone. D3000 gak bisa, hanya bisa mengunakan jendela bidik saja. HS30EXR itu kualitas fotonya akan beda, karena ukurannya lebih kecil. Kualitas foto D3000 akan lebih baik terutama di kondisi gelap. Keunggulan HS30EXR terletak di zoomnya yang bisa jauh sekali.

  • ANDREAS PUTRA September 13, 2012, 3:53 pm

    Thank You om enche atas solusinya 🙂

  • Enche September 13, 2012, 3:50 pm

    Andreas, Nikon D3000 🙂

  • ANDREAS PUTRA September 13, 2012, 3:48 pm

    saya ga begitu butuh zoom om.., cuma hasil foto bisa memuaskan baik malam ataupun siang hari. kira kira saya pilih yang mana ya om enche? dari ke 2 camera itu. supaya saya ga salah pilih 🙂

  • ANDREAS PUTRA September 13, 2012, 3:29 pm

    om enche, mau nanya… saya mau beli camera tp bingung memilih antara Prosumer FUJI HS30EXR sama DSLR Nikon D3000 ?

    Pilih yang mana ya om ? thank you

    • Enche September 13, 2012, 3:38 pm

      @Andreas untuk kebutuhan apa ya? Kalau prioritasnya kualitas foto, D3000 lebih unggul. Kalau pentingkan zoom untuk foto subjek yang jauh Fuji lebih unggul.

  • gambar tidak tersedia August 17, 2012, 12:53 am

    artikelnya sangat berguna buat nuwbie kayak saya yang sedang pengen mengenal dunia jepret2 …
    thanks4shared om …. :cheers

  • Cua July 31, 2012, 7:49 am

    Aku punya 2 camera dgn type berbeda, D3100 dgn D3200.
    Dari kedua type yg aku maksud om itu tergolong kelas apa?
    Pemula apa menengah?

    • Enche July 31, 2012, 7:52 am

      Termasuk kamera pemula Cua

  • Anggie July 27, 2012, 12:30 pm

    Om enche butuh pencerahannya.
    Ane mau beli DSLR ni incerannya Nikon D3100 ama Canon EOS 1100D.
    Tp ane bingung cocok nya yg mana buat mengabadikan moment travelling ane ame hoby olahraga ane.
    Antara kedua DSLR trsbut, bagus nya yg mana, maklum ane pemula om. Cuma buat hoby2 aja.
    Makasih om enche kece. . .

    • Enche July 31, 2012, 7:51 am

      Nikon D3100 Lebih bagus Gie

  • eddo July 11, 2012, 6:56 am

    Kalo fuji hs25 cocoknya untuk apa bbos ??. Trims sebelumnya

    • Enche July 11, 2012, 10:24 pm

      @eddo biasanya dipakai buat traveling

  • johan June 7, 2012, 10:09 pm

    Saya baca di cameralab.com, digitalcamerainfo.com dan neocamera, panasonic FZ47, review nya sangat memuaskan. Ada bbrp minus score tapi kelihatan nya tidak significant, bahkan di digitalcamerainfo.com, kamera ini mendapat julukan ‘the king’. Saya pernah mencoba tele objek dgn jarak sekitar 500 meter, hasilnya sangat memuaskan, gambar tidak pecah. Komentar anda?

    Saya kepikiran untuk membeli lagi panasonic FZ150 yang mendapat nilai 10 di beberapa review di beberapa situs fotografi. Juga ada keinginan membeli Nikon D7000. Mohon komentar anda tentang Nikon D7000?

    Regards,
    Johan

  • johan June 7, 2012, 1:04 pm

    Dear Enche,
    Saya punya panasonic lumix FZ47. Bagaimana komentar anda tentang kamera ini?

    Terimakasih dan salam kenal
    Johan, Cinere

    • Enche June 7, 2012, 9:20 pm

      @Johan kurang lebih seperti yang saya tulis di artikel ini

  • medik June 7, 2012, 1:15 am

    thanks Bang

  • medik June 6, 2012, 12:36 am

    bang Enche yang baik, kalo saya berniat beli dslr second, mana yg sebaiknya saya lakukan :
    – beli BO + lens kit.
    – beli BO + lens fix 50mm
    – beli BO + lens fix 85mm?
    saya suka HI dan kebetulan juga sering foto untuk model fashion (punya toko baju batik online).
    Atas sarannya saya ucapkan terima kasih. Moga2 bang enche selalu sehat wal afiat.

    • Enche June 6, 2012, 8:45 pm

      @medik Saran saya 50mm

  • yazid April 8, 2012, 9:14 am

    bagus ya

  • deddy April 7, 2012, 3:26 pm

    Bang Enche, saya mo beli kamera saku yg ada fungsi manualnya. Saya searching harga P300 dibanding LX-5 dan S95 terpaut cukup jauh.Menurut bang Enche apakah kualitas hasil foto ke 3 kamera itu relatif sama?

    • Enche April 8, 2012, 10:33 am

      LX5 dan S95 punya sensor yang ukurannya sedikit lebih besar. Kualitas fotonya hampir sama menurut saya. Jadi P300 pilihan yang cukup baik untuk menghemat. Perbedaan utamanya, P300 tidak bisa menangkap foto dengan format RAW.

  • doetsz March 13, 2012, 1:46 pm

    Okay dech Koh, entar klo udah dapat pinjeman langsung aja bikin review, hehehe……………..
    Kayaknya mirrorless yang sensornya besar sangat menarik

  • doetsz March 12, 2012, 9:18 am

    Koh Enche, review dong kamera sony nex-7 dan lensa2 nya
    Bagaimana kualitas foto yg bisa dihasilkannya klo dibandingin DSLR kelas pemula

    • Enche March 12, 2012, 9:57 pm

      @doetsz belum ada yang pinjemi saya Sony NEX-7 he he he.. kualitas fotonya sih bisa lebih bagus dari DSLR kelas pemula karena sensornya baru (24 MP)

  • Tri Lucky U W March 6, 2012, 2:31 am

    Selamat siang Om Enche

    Mau tanya nih, saya butuh banget kamera saku yang auto focus nya cepat dan kualitas foto yang dihasilkan baik dalam pencahayaan yang kurang baik sekalipun. Juga yang memiliki kemampuan zoom yang jauh, kira kira kamera tipe apa ya ?

    Terima kasih

    • Enche March 6, 2012, 2:35 am

      Sepengetahuan saya gak ada yang seperti itu, biasanya kamera saku auto fokusnya relatif lambat dan kurang akurat dibanding DSLR. Karena ukuran sensor kecil, kualitas foto di dalam kondisi cahaya gelap biasanya kurang baik. Saya pikir lebih baik mencari kamera DSLR kalau yang dipentingkan dua faktor diatas.

  • rudi March 4, 2012, 7:51 pm

    Sy pemula dan ada pilihan mau beli Lumix FZ150 atau EOS 600D. Mungkin ada saran sebaiknya yg mana ya? karena saya baca spek FX150 cukup mumpuni.
    Trims.

    • Enche March 5, 2012, 12:00 am

      FZ150 itu keunggulannya lensanya bisa zoom sangat jauh, sedangkan DSLR seperti 600D keunggulannya di kualitas foto karena ukuran sensornya jauh lebih besar, dan bisa ganti-ganti lensa.

  • Licha February 13, 2012, 2:45 pm

    Salam om enche
    Sy baru saja tertarik dunia fotografi dan bingung antara membeli kamera nikon no 1 dan Canon G12 atau G13.. Sy lebih cenderung menyukai foto candid (orang2 yg bergerak) dan benda dr jarak dekat..menurut om mana yg lebih cocok utk mendapatkan hasil yg maksimal ketajaman gambarnya..terima kasih sebelumnya..

    • Enche February 17, 2012, 12:25 am

      @Licha Nikon 1 sepertinya akan lebih cocok, kualitas fotonya lebih baik dan juga auto focusnya sangat cepat.

  • Hartono December 25, 2011, 9:54 pm

    Pak Enche mohon saran untuk compact camera yg layak dibeli. Saya lagi tertarik dg panasonic lumix GX 1. Tolong di compare dg kamera lain yg setara & mana yg sebaiknya dibeli.Tq

  • Enche December 1, 2011, 8:58 am

    Fuji X10, beda, itu lebih tepat dikategorikan dengan kamera saku canggih yang mewah tidak bisa dibandingkan dengan kamera DSLR, Kalau dipaksakan untuk dibandingkan, jadinya seperti bandingin apel dan jeruk, mana lebih enak?

    Lalu kalau kamera saku dibanding kamera DSLR, tentu beda lagi. Misalnya, kamera DSLR bisa ganti2 lensa, bisa buat latar belakang blur lebih mudah. Di lain pihak, X10 itu lebih kecil jadi lebih enak dibawa kemana-mana.

  • roelscape December 1, 2011, 8:38 am

    Bagaimana dengan Fujifilm Finepix X10 om ? bila X10 dibandingkan dengan DSLR pemula seperti Canon 1100D atau Nikon 3100 pilih mana ?

  • eko ab November 24, 2011, 11:48 pm

    Siang om.
    Trma ksh y om atas jawabannya.saya mw nnya lg nh om.apakah kamera tersebut cocok untuk pemula..trs kelebihan dan kekurangannya bila di bandingkan dengan nikon d7000 ap saja om.
    Mohon infonya.
    Trims.

  • eko ab November 23, 2011, 2:10 am

    Siang om,
    Kalo nikon d90 masuk di dlm kategori ap om.
    Trs lensa yg cocok untuk foto pemandangan dan foto model apa j om.
    Mohon infonya y om enche.
    Thankz.

    • Enche November 23, 2011, 12:50 pm

      Nikon D90 termasuk kategori kamera kelas menengah. Lensa foto pemandangan yang saya rekomendasikan adalah lensa lebar contohnya Nikon 10-24mm, kalau foto model saran saya 85mm f/1.8 atau 50mm f/1.4

  • Enche November 16, 2011, 1:16 am

    85mm f/1.2 karena jangkauannya lebih panjang, blurnya juga lebih lembut dan menarik.

    Lebih bagus 17-55mm f/2.8

  • yundi sukma November 15, 2011, 11:37 pm

    kenapa lbh suka 85mm f/1.2 koh?
    lalu bgm dgn Canon EFS 15-85mm F/3.5-5.6 IS USM dibanding 17-55mm f/2.8 yang lbh pendek fokalnya, bagus mana hasil fotonya? trims

  • Enche November 15, 2011, 9:54 pm

    SB900 soalnya agak gede dan suka overheat. Yang Canon sudah bagus si, cuma saya lebih menyukai 85mm f/1.2 daripada yang 50mm f/1.2

  • yundi sukma November 15, 2011, 9:39 am

    oiya koh SB700 hampir kelupaan ya? sipp kohh,,trims..tapi kok bukan SB900 koh? knp yah?
    krn bosku minta draft alat yg terbaik 🙂
    lalu utk lensa apa yang cocok utk liputan berita dan foto potret dengan Canon 60D dan 7D koh?? semua dilakukan outdoor dan indoor,
    sy baru ada gambaran canon 50mm f/1.2, canon 17-55mm, canon 70-200mm f/2.8 IS USM dan speedlight 580EX II…ada saran koh??
    maap sdh byk bertanya 🙂 maklum pembaca setia, hehe

  • Enche November 15, 2011, 7:21 am

    Nikon 16-85mm VR, dan jangan lupa flash Nikon SB700

  • yundi sukma November 15, 2011, 6:46 am

    koh Enche, sy sdg susun proposal redaksi, kira2 lensa apa yang cocok utk liputan berita dan foto potret dengan Nikon D7000, mungkin maksimal 2 jenis lensa jadi tas tidak terlalu berat dan tdk kebanyakan ganti lensa…trims sebelumnya,,,saya baru ada gambaran nikkor 50mm f/1.4G

  • tukangpoto November 15, 2011, 5:47 am

    Makasih infonya, oom..

  • Nanang Pr. November 11, 2011, 11:48 pm

    sekarang memang banyak pilihan bagi mereka yang punya hobi fotografi dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, info-info seperti ini bisa cukup memberikan gambaran bagi mereka yg membutuhkannya…….tapi saya pribadi kamera DSLR tetap menjadi pilihan utama…yg penting semangat terus jepretnya…

  • eduardu November 11, 2011, 12:46 am

    vote for Sony NEX C3…kualitas foto mantap…tp enteng di bawa….hehehehehe

  • Rangga Harjasa November 10, 2011, 8:52 am

    Kalau Fuji HS20EXR masuk kategori yg mana? Sensor nya apa? Recommend gak nih om Enche? Tq.

    • Enche November 10, 2011, 11:47 am

      Kategori kamera saku buat jalan2 (meski ga kecil bentuknya). Sensornya sekecil kamera saku cuma zoomnya bisa jauh sekali. Saya kurang rekomen kamera semacam ini karena ukurannya terlalu besar untuk dikantongi dan kualitasnya pas2an.

      • Dede February 4, 2015, 1:00 pm

        Om sy berencana untuk beli kamera, sy bngung antara sony alpha a6000 dan nikon d5300, mnurut om yg recommended yg mana??
        Dan lensa yg tepat pake lensa apa, trims sblmnya

        • Enche Tjin October 21, 2015, 11:30 pm

          Kebutuhannya buat foto apa ya?

  • Rudy Santoso November 10, 2011, 6:14 am

    sangat menarik & Informatif salam jepret 🙂

Leave a Comment