≡ Menu

Tips foto malam (night photography) dengan kamera compact

Foto di malam hari itu menarik karena warna dan cahayanya sangat berbeda dengan siang hari. Saturasi warna dan kontrasnya biasanya lebih tinggi. Kita bisa menggunakan kamera compact ataupun DSLR untuk membuat foto malam yang bagus.

Tantangan foto malam adalah kita harus bisa membayangkan kira-kira hasil fotonya seperti apa. Saat pakai long exposure (shutter speed lambat), kita hanya bisa menduga-duga. Karena langit yang menurut mata kita gelap pekat bisa dibuat jadi biru di foto. Untungnya, kamera digital memungkinkan kita  melihat secara langsung hasil foto via layar LCD kamera.

Tantangan terakhir adalah kita perlu semacam support/tripod supaya saat memakai shutter speed lambat. Tujuannya supaya kamera tidak goyang dan menyebabkan foto menjadi blur.

ISO 80, f/2.5, 8 detik, 28mm, Ricoh GRD IV sekitar pukul 20.00 malam. Mungkin ada yang bertanya2.. mengapa f/2.5? Di kamera compact f/2.5 setara dengan sekitar f/11 di kamera DSLR full frame. Baca: perbandingan ruang tajam kamera DSLR dan compact

Langkah-langkah night photography:

  1. Set kamera di tempat yang steady dan tidak miring. Gunakan penyangga seperti tripod mini (untuk compact). Enaknya ketika mengunakan tripod  adalah kita bisa mengarahkan kamera ke atas atau kebawah.

Jika memiliki kamera yang bisa kita atur mode exposurenya, saya anjurkan menggunakan mode manual

  1. Set nilai ISO yang paling rendah, misalnya 80, 100 atau 200 untuk kualitas foto yang bening dan tajam
  2. Untuk kamera DSLR, set bukaan/aperture ke f/8 – f/16 supaya ruang tajamnya cukup besar, untuk compact cukup bukaan sekitar f/2.5-3.5
  3. Set nilai shutter speed agak lambat, supaya cahaya mencukupi, biasanya antara 6-20 detik tergantung kondisi cahaya yang ada.

Jika memiliki kamera yang tidak bisa diatur exposurenya, bisa mengunakan pilihan night scene. Jangan lupa menggunakan tripod.

Selamat hunting!

Similar Posts:

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+

{ 7 comments… add one }

  • Suria Agustus 30, 2012, 3:37 am

    pedoman yg sangat membantu. Gimana setting WBnya ya?

    • Enche Agustus 30, 2012, 4:58 am

      @Suria, AWB biasanya oke, tapi kalau warnanya terlalu kuning, pindahin ke tungsten (simbol bola lampu).

  • Suria Agustus 30, 2012, 8:35 pm

    Ma kasi tips tentang WB settingnya. Untuk komparasi, mungkin dicoba aja semua fasilitas yg ada buat komparasinya…

  • As Win September 3, 2012, 5:12 am

    Mas.. dipembahasan anatomi kamera dalam buku “kamera dslr itu mudah” disebutkan ada lampu pembantu auto focus, didekat tombol rana camera Canon, mungkin itu utk potret malam ya bila sulit dapatkan auto focus, cuma saya ga Tau cara mengaktifkannya, mohon dibantu..

  • Dody Oktober 29, 2012, 10:05 am

    Ijin share yah ko Enche, Thanks.

  • ardan Januari 27, 2013, 3:50 pm

    minta tolong jelaskan fungsi2 pengaturan tombol yg ada pada kamera nikon

    • Enche Januari 27, 2013, 10:01 pm

      @ardan wah saya bisa 5 jam jelasinya pak, kalau sempat ikuti kupas tuntas kamera DSLR Nikon

Leave a Comment