≡ Menu

Rekomendasi kamera DSLR 2015

Di tahun 2015 ini, kamera DSLR tetap merupakan jenis kamera yang populer untuk fotografi dikalangan penggemar fotografi amatir maupun profesional. Kebanyakan produsen kamera sekarang fokus di pengembangan kamera mirrorless yang lebih ringkas. Kini hanya tinggal tiga perusahaan yang terlihat masih serius yaitu Canon, Nikon dan Pentax. Dari ketiganya, kelihatan Canon dan Nikon yang masih mendominasi pasar kamera DSLR (saya perkirakan lebih dari 95%).

Di post kali ini, saya akan memberikan sedikit pendapat terhadap kamera-kamera yang ditawarkan merk Canon dan Nikon.

Warna hitam : Ada pilihan yang lebih baik
Warna biru : Saya rekomendasikan untuk fotografer pemula
Warna hijau : Saya rekomendasikan untuk fotografer mahir
Warna merah : Saya rekomendasikan untuk fotografi spesifik/khusus

Canon EOS 5DS dan R

Canon EOS 5DS dan R

Daftar kamera Canon, harga dan rekomendasi

Canon 1200D dan lensa kit – harga 5 juta – Kamera DSLR termurah saat ini, fitur-nya terbatas, body terbuat dari plastik dan kinerja pelan. Jika memungkinkan, saya lebih rekomendasikan Canon 600D.

Canon 100D dan lensa kit – harga 7.765 juta – Kamera DSLR yang dibuat sekecil dan seringan mungkin (407 gram). Fiturnya mirip dengan 600D (560 gram), namun lebih mahal. Pegangannya (grip) agak kecil, tidak begitu nyaman saat dipasang lensa telefoto/panjang. Saran saya lebih baik yang Canon 600D, lebih murah dan peganganya lebih enak.

Canon 600D dan lensa kit – harga 5.35 juta – Kamera yang cukup seimbang untuk pemula. Dibandingkan 1200D, 600D punya layar LCD yang lebih tajam dan bisa diputar. Bisa dipasang external mic untuk merekam video. Kinerjanya lebih cepat dan punya mekanisme sensor cleaning.

Canon 700D dan lensa kit STM – harga 7.28 juta  – Sekilas mirip 600D, tapi layar 700D bisa touchscreen dan autofokus di live view lebih cepat. Lensa kitnya punya motor fokus STM yang lebih mulus dan tidak berisik saat autofokus foto/video. Harga tidak terlalu tinggi.

Canon 750D – Harga pasarannya kemungkinan 9 jutaan – Kamera baru yang belum masuk ke Indonesia saat saya menulis ini. Kelebihannya memiliki megapixel yang lebih banyak (24MP) dan sistem autofokus canggih warisan Canon 7D (19 titik).

Canon 760D – Harga kemungkinan 10 jutaan – Mirip dengan 750D, hanya saja ada LCD tambahan diatas kamera, dan dua roda kendali.

Canon 60D – harga 7.37 juta tanpa lensa – Kamera semipro dengan body yang lebih besar dan tangguh untuk tuntutan fotografi serius dan profesional. Sudah agak lama (2010) tapi masih diandalkan banyak fotografer.

Canon 70D – harga 10.9 juta tanpa lensa – Kecepatan autofokus saat live view meningkat drastis dari 60D berkuat teknologi dualpixel. Resolusi foto bertambah menjadi 20 MP, dan punya sistem AF 19 titik warisan 7D.

Canon 7D mk II – harga 18.99 juta tanpa lensa – Lebih cepat dan tangguh dari 7D mk I, dan banyak peningkatan yang kecil-kecil tapi membantu. Ideal untuk fotografi aksi cepat, olahraga, satwa liar, wartawan foto, extreme weather photography. Sayangnya harganya terasa sedikit tinggi untuk kamera dengan sensor APS-C. (Review di detikinet)

Canon 6D – harga 18.7 juta dengan wifi+GPS  – Kamera DSLR full frame yang ringkas, ringan (755 gram) dan terjangkau. Sayangnya autofokusnya termasuk kuno (9 titik) tapi kualitas fotonya cukup bagus.

Canon 5D mk III – harga 35.9 juta – Kamera DSLR full frame andalan fotografer profesional dalam berbagai profesi: wedding, dokumenter, travel, videografi dan sebagainya.

Canon 5DS R – Kamera baru dengan yang mencatat rekor dengan resolusi tertinggi tahun ini yaitu 50MP, Ideal untuk fotografi landscape, atau komersial yang butuh cetak besar atau menangkap detail sebanyak mungkin. (Komentar)

Canon 1DX – harga 70.165 juta – Kamera DSLR yang paling mahal, paling cepat dan tangguh, tapi ukurannya besar dan berat (1.34 kg) dan resolusinya cukup rendah dibandingkan kamera full frame lainnya. (Review)

Singkatnya:
Jika mencari kamera relatif terjangkau untuk pemula: Canon 600D
Kamera DSLR pemula yang cukup baik untuk foto dan video : Canon 700D dan 760D
Kamera DSLR untuk foto-video, multifungsi atau kamera back-up profesional: Canon 70D
Kamera DSLR untuk fotografi aksi, liputan, olahraga, dll : Canon 7D mk II, Canon 5D mk III
Kamera travel yang relatif terjangkau dan ringkas: Canon 6D
Kamera landscape, commercial: Canon 5D mk III, Canon 5DS R

——-

Nikon D810

Nikon D810

Daftar kamera Nikon, harga dan rekomendasi

Nikon D3200 – dengan lensa kit harga 5 juta – Kamera dengan resolusi cukup tinggi 24 MP tapi lensa paketnya bukan yang baru (versi II) dan tidak begitu tajam dibandingkan dengan D3300 atau kamera yang lebih baru.

Nikon D3300 – dengan kit II harga 5.25 juta. Kamera dengan fitur tidak begitu lengkap untuk ukuran tahun 2015, tapi kualitas gambar yang dihasilkan bagus dan tajam. Harganya juga relatif terjangkau. Paket lensa kit versi II ringkas saat disimpan dan bisa fokus lebih dekat untuk foto close-up/makro.

Nikon D5300 – harga 9 juta dengan lensa kit II – Dibanding D3300, D5300 memiliki layar LCD yang bisa diputar, dan beberapa fitur seperti HDR dan autofokus 39 titik warisan Nikon D7000.

Nikon D5500 – dengan kit II harga 8.45 juta – Punya Layar LCD touchscreen (fitur langka untuk kamera DSLR Nikon). Ukurannya ringkas dan ditujukan untuk pemula (960 gram dengan baterai, card, lensa kit). Pegangannya lebih enak, dan yang terpenting kualitas gambar di kondisi terang dan gelap (ISO tinggi sampai dengan 6400 masih tajam dan bagus.

Nikon D7100 – dengan 35mm harga 14.3 juta – Kamera dengan kualitas fisik dan gambar yang tajam dan baik. Cocok untuk hobi maupun kerja. Tidak memiliki buffer yang lapang sehingga tidak cocok untuk fotografi aksi seperti olahraga atau satwa liar.

Nikon D7200 – harga sekitar 13 juta tanpa lensa – Merupakan kamera baru tahun ini, yang sebenarnya perbaikan dari D7100. Kapasitas buffer lebih lapang untuk fotografi aksi.

Nikon D610 – harga 17 juta tanpa lensa – Kamera full frame termurah Nikon yang solid fiturnya. Bagus untuk travel dan fotografi secara umum.

Nikon D750 – harga 21.2 juta tanpa lensa – Peningkatan Autofokus yang cukup signifikan dari D610, kualitas body juga lebih baik. Ideal untuk kerja, travel, terutama untuk foto liputan dan wedding. D750 juga punya LCD yang bisa dimiringkan ke atas dan ke bawah. (Opini)

Nikon Df – harga 29.5 juta tanpa lensa – Kamera ini memiliki sensor yang sama dengan Nikon D4s, 16 MP dengan ISO tinggi yang bagus. Desainnya retro dan cukup ringkas jika dibandingkan dengan kamera DSLR full frame lainnya. Tapi tidak bisa merekam video dan harganya relatif tinggi. (Mini review dan opini saya)

Nikon D800E – harga 32.4 juta – Kamera DSLR pertama yang mencapai resolusi 36 MP. Perlu disiplin yang bagus saat memotret untuk mendapatkan hasil foto yang tajam. Saat ini sudah ada penggantinya yaitu D810.

Nikon D810 – harga 35.5 juta – bagus untuk berbagai jenis fotografi, terutama fotografi pemandangan, commercial yang butuh banyak detail dan cetak besar. Banyak peningkatan yang kecil-kecil tapi bermanfaat dari Nikon D800E, terutama di videonya. Alat fotografer profesional yang mumpuni.

Nikon D4s – harga 60.9 juta – Kamera spesialis untuk fotojurnalis, untuk sports dan satwa liar. Resolusinya hanya 16 MP dan ISO sampai 400k. Menerima dua jenis memory card, XQF dan CF card. Kecepatan foto berturut-turut bisa mencapai 11 foto per detik. Cocok untuk fotografer aksi dan low light, hanya saja ukurannya besar dan berat (1.356 kg).

Jika mencari kamera yang terjangkau untuk pemula: Nikon D3300
Kamera DSLR pemula yang cukup baik untuk foto dan video : Nikon D5500
Kamera DSLR untuk foto-video, multifungsi atau kamera back-up profesional: Nikon D7200
Kamera DSLR untuk fotografi travel, aksi, liputan, olahraga, dll : Nikon D7200, Nikon D750, Nikon D4s
Kamera landscape, commercial: Nikon D810

—–

Kalau ditanya lebih bagus kamera DSLR Canon atau Nikon? Jawabannya tergantung tipe apa vs tipe apa. Tapi secara umum, secara kualitas, persaingan sangat ketat. Menilai dari kualitas gambar, Nikon sedikit lebih unggul dari ketajaman fotonya karena kebanyakan kamera DSLR Nikon sekarang tidak punya low-pass dan sensornya lebih bagus di sisi dynamic range dan ISO tinggi.

Untuk kamera DSLR pemula, fitur kamera DSLR Canon lebih lengkap. Sebagian besar kamera DSLR pemula sudah dilengkapi fitur layar sentuh, layar putar, autofokus yang cepat saat live view/video, fitur flash trigger dengan built-in flash.

Bagi yang telah memiliki beberapa lensa/flash merek tertentu mungkin lebih ekonomis jika tetap membeli kamera dengan sistem yang sama, karena setiap merek memiliki variasi kamera yang cukup banyak untuk berbagai kebutuhan dengan kualitas yang baik.

—–

Baru beli kamera? Ikuti workshop kupas tuntas kamera & lensa 

Bingung memilih kamera, lensa yang pas? Buku Smart Guide ini akan membantu.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 342 comments… add one }
  • AhA January 8, 2018, 4:08 pm

    Kang saya masih ragu buat milih kamera nikon profesional dengan budget seminim mungkin. Paling recomended nya beli seri apa ya ? Budget 10 – 20

  • Joshua Naftalie May 8, 2017, 10:01 pm

    Koh. Saya galau nich, lagi pengen seriusin didunia fotografi. Tapi bingung kamera yang efektif bekerja dilowlight dengan sedikit noise. Saya sekarang pake Canon 60D, udah kerasa noise di iso 1000 an. Nah rencana mau nambah gear. bingung yang fullframe(setara 6D/5DM2) atau yang APSC Mirrorless *tapi pindah ke sony(seri a6000-an) menurut koh enche gimana? Kalo buat low light, better ambil canon (fullframe) atau pindah ke sony(apsc)? Dengan pertimbangan saya sudah punya 6 lensa canon (termasuk 1 lensa L series)

  • budi April 16, 2017, 1:11 pm

    halo bang…

    saya rencana mau beli canon 80d, tapi untuk lensa saya belum terlalu paham jenis dan kegunaan spesifik nya. apakah ada lensa untuk all around…??? jadi untuk sementara waktu saya bisa explore dari lanscape ataupun model dan tumbuhan. makasih bang.

  • Vera February 5, 2017, 4:20 pm

    Ko , mau nanya.. sy pengguna 7D , skrg pengen ganti cuma bingung , menurut koko bagus yang mana yah ko 7D mark ii / 6D / 5D mark iii ? buat hobby foto apa aja (makanan,anak2,yang bergerak,dll)
    Thanks ko

  • smartberita January 11, 2017, 1:02 pm

    makasih review kameranya, jadi ngelirik nikon d750 nih

  • lingga November 10, 2016, 2:39 am

    koh mau tanya. Sebelumnya saya kuliah di jurusan multimedia dan kebutuhannya pasti menggunakan kamera video. Disisi lain saya suka fotografi landscape. Menurut kokoh saya beli kamera nikon d750 atau DSLR canon yaa?
    nikon d750 kan buat traveling sama landscape bagus cuman buat video kurang tapi kalo canon lebih unggul ke video nya. terima kasih

    • lingga November 10, 2016, 2:41 am

      ooh iya koh, misalkan kokoh saranin canon saya harus beli canon type apa yaa dan yang harganya setara dengan nikon d750

      • Enche Tjin November 10, 2016, 7:18 am

        Kebetulan gak ada yang sama persis harganya, yang mendekati antara Canon 6D dan Canon 5D mk III.

    • Enche Tjin November 10, 2016, 7:27 am

      Nah, sepertinya lingga sudah tau kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalau saya sih lebih milih D750 secara kualitas gambarnya oke bgt.

  • Surya Agung September 5, 2016, 11:08 pm

    Kalo buat foto malam hari dikota/ pemandangan gunung bagusan canon 60d atau nikon 5200 mas? Soalnya dari segi harga mahal canon

    • Enche Tjin September 6, 2016, 8:36 am

      Mirip-mirip saja sih, dari fitur, Canon 60D kamera yang lebih bagus, dari kualitas dan keringkasan D5200.

  • putra September 4, 2016, 6:41 pm

    Salam Kenal Pak Enche

    langsung aja ya pak, Saat ini gear saya 500D, 17-40 f4, 50 mm f 1,8.. dan ingin upgrade body .. antara 80D Atau menyebrang k teman sebelahnya 7200D.. ada juga teman yang menyarankan untuk Up k 6D Langsung… menurut pak Enche yang sudah banyak pengalaman, saya sebaiknya pilih yang mana ya. o y, Saya Maen di wedding n kadang2 ikut liputan travel… trima kasih

    • Enche Tjin September 6, 2016, 8:44 am

      6D oke kalau ingin ke fullframe, karena lensa-lensanya sudah compatible.

  • diovanno wibowo September 4, 2016, 9:14 am

    Kak mau tanya, pilih canon 700d atau nikon d5200

  • Purnama August 22, 2016, 3:01 pm

    Want to ask 🙂

    di kantor memakai nikon d3100 untuk lipuan, saya sudah upgrade lensa ke AF-S DX NIKKOR
    18-200mm f/3.5-5.6G ED VR II,, akan mengajukan lagi body nikon, melihat yg mana yang akan di ACC dan adu argumen ke atasan.
    keperliannya sendiri sebatas liputan.
    pilihannya 2 yg saya teliti,
    1. d5500
    2. d7100/d7200

    adakah rekomendasi lain selain yg saya sebut di atas, agar lensa dan body memiliki kompatibilitas yg baik, setidaknya sesuai.

    • Enche Tjin August 23, 2016, 8:32 am

      Keduanya baik, kalau untuk liputan dan ketangguhan saya usulkan Body D7100/D7200.

  • Destiar M. Ramadhani August 4, 2016, 7:03 pm

    Bang, kalo nikon d5500 sensornya apa?

    • Enche Tjin August 5, 2016, 11:51 am

      APS-C 24 MP

  • Renno Revand July 29, 2016, 10:35 pm

    mas mau tanya antara canon 750D dengan Nikkon d5500 lebih bagus mana? tolong rekomendasi nya ya mas buat saya,, terimakasih…

    • Enche Tjin July 30, 2016, 8:36 am

      Bagus Nikon D5500.

  • faiz July 11, 2016, 12:22 pm

    Mas . Bedanya 1000 d. 1200d. Ato 750d itu gmna ya. Semakin bagus kecil d nya apa besar d nya . Maaf pemula . Masih bingung mau beli camera

    • Erwin Mulyadi July 13, 2016, 1:46 pm

      Digit makin banyak, kasta makin rendah, itu filosofi penamaan Canon. Jadi rajanya ya 1D, paling bawah 1000D (dan penerusnya).

  • indah July 11, 2016, 2:22 am

    Mas,kalo dslr antara canon atau nikon yg harganya berkisar 3 juta kebawah tipe apa ya mas?

    • Enche Tjin July 11, 2016, 5:20 am

      Kalau yang baru udah gak ada, kalau bekas bisa cari model2 lama seperti Nikon D3100, Canon 450D dst.

  • Timbun July 4, 2016, 5:46 pm

    Mau tanya.. Tadinya kan saya pakai canon 60D.. , nah saya mau beli lagi kira” yang setara sama 60D kalau nikon apa ya? Ato kalo kamera mirrorless yg udah setara 60D apa? Sebenernya sih dipake lebih ke foto landscape dan di buat travelling.. Ada recomended ga ya? Budget 8jt an hehe

  • Saliem June 18, 2016, 1:32 am

    Lensa apa yang nyaman buat wedding untuk nikon d750 om ?

  • putra June 11, 2016, 1:21 am

    Ko, sya punya canon 70d
    Lensa yg cocok buat ngambil foto landscape agar kualitas gambarnya tajam ap ya
    Mohon pencerahannya
    Trims

    • Erwin Mulyadi June 11, 2016, 1:38 pm

      Canon EF-S 10-22mm oke, kalau dana terbatas ada EF-S 10-18mm IS.

      • putra June 14, 2016, 7:28 pm

        Klo kira pake lensa fisheye bgus ga ya??

  • handa May 9, 2016, 10:14 pm

    mas mau nanyak nih
    Bagus mana nikon 5200 vs canon 750d ?
    Mohon pencerahannya

    • Enche Tjin May 10, 2016, 9:47 am

      Bagus Canon 750D

  • Kausar McKinnon April 27, 2016, 3:32 pm

    Mas, numpang tanya
    Penggunaan Canon 700D itukan cocok buat pemula, nah Saya suka mengambil gambar di luar ruangan (out dor) Lens yang cocok untuk untuk Out dor, apa?
    Bentuk photo yang diambil Extrem long shot dan Medium Shot.

    • Enche Tjin April 27, 2016, 4:38 pm

      Yang terjangkau 55-250mm IS.

  • prisdiana dwi April 21, 2016, 8:43 pm

    Maaf mas numpang tanya,
    Saya sdh punya canon 1000d (jadul ya 🙂 ), nah sekarang mau upgrade ke nikon, dengan budget 15jt kbawah sdh dpt apa ya, pkok yg tidak ada fitur videonya, soalnya d rmh sdh ada handycam, sehari2 bwt maen foto wedding n studio kecil2an..
    Trims pencerahannya..

    • Enche Tjin April 22, 2016, 8:13 pm

      Kalau cari yang semi-pro ada Nikon D7200. Kalau mau yang compact buat travel, Nikon D5500.

  • Tajudin Noor March 13, 2016, 8:50 pm

    misi mas, mau nanya nih.
    antara canon 5d mark III sama nikon d810, sebaiknya pilih yang mana ya?? 

    • Enche Tjin March 13, 2016, 11:45 pm

      Kalau liputan saya pilih 5D mk III, tapi kalau pemandangan, produk, dll, Nikon D810.

  • Juli Adi March 8, 2016, 1:57 pm

    mas enche saya dah punya nikon d90, terus saya mau beli yang mark canon, menurut mas saya beli tipe apa ya yang bagus diatas nikon d90 saya tlng penjelasannya, thnks

  • Enche Tjin February 19, 2016, 12:50 am

    Untuk kualitas gambar, saran saya D3300.

    • Tara February 19, 2016, 6:24 pm

      kalau D3300 dengan D3200 bagus mana??

      • Enche Tjin February 21, 2016, 11:03 pm

        Bagus D3300

  • mahendri February 17, 2016, 3:53 pm

    misi mas, mau nanya nih. saya rencana mau beli nikon cuma belum tau mau beli apa, budget sih 10 kebawah. tadinya mau beli d7200 cuma harganya gakuat,hehe terimakasih mas 🙂 tolong dijawab yah

    • Erwin Mulyadi February 18, 2016, 8:56 pm

      Nikon D5500 aja

      • fedi October 20, 2016, 12:16 am

        Maaf pak,untuk keperluan foto model/wedding lebih bagus canon 60D atau nikon D5200 ya? TriMakasih

  • Ainul February 16, 2016, 10:13 pm

    Gan numpang tanya antara canon 60d dan nikon d5500 sebaiknya pilih yg mana?

    • Enche Tjin February 17, 2016, 9:49 am

      Kualitas fisik kamera 60D lebih besar dan kuat tapi Nikon D5500 ringkas, dan kualitas gambarnya lebih baik.

  • Ainul February 16, 2016, 8:40 pm

    Om mau tnya nech, minta tlg rekom antara nikon d5500 dan d5300 milih yg mana ya?

    • Enche Tjin February 17, 2016, 9:49 am

      Nikon D5500 saja

  • khijo February 14, 2016, 3:04 pm

    Ko…minta saran donk soal lensa Nikon 50mm f/1.8G vs f/1.4G mending yang mana…???
    Thanks

    • Enche Tjin February 15, 2016, 8:54 am

      Mendingan yang f/1.4G, cuma memang lebih mahal ya hehe

  • Bimantara February 12, 2016, 5:59 pm

    Ko,mau tanya, saya punya kamera nikon d3200, udah ada lensa kit, saya pengin lensa yang agak panjang, cocoknya pakai lensa apa ko? Makasih

  • ika ayu February 11, 2016, 9:38 pm

    Koh bikin 3300 sama 5200 lebih baik yag mna ya.. Saya mau bli dsrl tapi binggung di dua pilihan tersebut

    • Enche Tjin February 12, 2016, 6:47 am

      Nikon D5200 lebih baik.

  • Dandy February 8, 2016, 9:35 pm

    Ko,kalau Canon 70D body-only cocoknya pakai lensa apa ya supaya gambarnya mantap dan tajam ? biasa di pakai untuk video dan wedding photography gtu 😀

    • Enche Tjin February 9, 2016, 12:55 pm

      Boleh coba Sigma 18-35mm f/1.8

  • Enche Tjin February 3, 2016, 1:01 pm

    Beda jenis, yg 600D berjenis DSLR yang bisa tukar lensa, yang G7X ramping, bisa dikantongi, tapi kualitasnya gak sebaik DSLR dan gak bisa ganti lensa.

  • badrun January 31, 2016, 7:16 pm

    saya setuju dengan apa yang anda tulis, saya telah buktikan, semoga bermanfaat bagi pembacanya,

  • koko January 27, 2016, 11:23 pm

    Ko,mau nanya ni,Kamera nikon yang cocok buat foto” pemandangan/lebih cocok nya di outdoor apa ya??

    • Enche Tjin January 28, 2016, 12:54 am

      Banyak sih, tergantung budgetnya 🙂

  • ikhsan amir January 27, 2016, 10:16 pm

    mas mau nanya canon 70d dan nicon d7100 recomendasinya yang mana ya lebih baik, makasih

    • Enche Tjin January 28, 2016, 9:52 am

      Saya cenderung merekomendasikan Canon 70D.

  • Vicky January 27, 2016, 9:55 am

    Om enche tjin saya minta saran
    Antara nikon d750 dan sony a7 mark ii
    Baik yg mana om “kualitas jepret” untuk professional maupun traveling. “Dengan mengkesampingkan kepraktisan”

  • Vicky January 27, 2016, 9:45 am

    Om enche tjin… minta rekomendasi
    Kamera saya tertarik dengan sony a7 mark ii
    Dan nikon d750.
    Menurut anda mna yg baik untuk keperluan professional maupun traveling.??

  • alif January 20, 2016, 8:17 pm

    kalau sony A77 sama Canon 70D mana yg lebih bisa dibuat berkreasi saat low light tanpa ada noise?

    • Enche Tjin January 20, 2016, 9:21 pm

      ISO tinggi pasti ada noise, biasanya ISO 1600 keatas sudah sangat banyak. Canon 70D noisenya lebih sedikit.

  • alif January 20, 2016, 7:13 pm

    diantara Sony A77, Nikon D5500, dan Canon 760D mana yang cocok untuk saya yang semi-pro?

    • Enche Tjin January 20, 2016, 7:57 pm

      Sony A77 kamera semi-pro. Sedangkan D5500 dan 760D tergolong pemula. Seri DSLR lain yang semi-pro antara lain Canon 70D, Nikon D7200.

  • rizal January 20, 2016, 2:59 pm

    Ko .. bagaimana dengan nikon D5200, kenapa dak ada di review , prefer mana d3300 vs d5200 nikon,
    thanks ko..

    • Enche Tjin January 20, 2016, 3:02 pm

      Nikon D5200 secara fitur lebih bagus, misalnya layar LCDnya bisa dilipat, ada bracketing dll. Keunggulan utama D5200 adalah di sistem autofokus 39 titik, yang D3300 hanya 11 titik. Dari kualitas gambarnya tidak jauh berbeda, tapi D3300 sedikit lebih tajam karena tidak ada filter low-passnya.

  • freddy handoko January 14, 2016, 1:33 am

    mas,karena saya masih awam
    kamera DSLR yg bisa segala hal fotografi
    yg cocok n bagus budget 8juta apa ya?
    nikon atau canon?terus tipenya berapa?
    tolong bantuannya ya:-)

  • Suyasa January 12, 2016, 3:21 pm

    Ko enche, nikon d7200 bagus gg dipakai kamera masa depan…

    • Enche Tjin January 12, 2016, 4:55 pm

      Iya, pakai 8 tahun masih okelah.

  • Suyasa January 12, 2016, 3:12 pm

    Menurut ko enche, nikon d7200 bagus gg om?
    Saya rencana mau beli kamera th ini, tolong d bls om.

    • Enche Tjin January 12, 2016, 4:55 pm

      Kalau jadi beli, pertimbangkan pesan dari saya ya. 0858 1318 3069 🙂

  • iqbal January 12, 2016, 2:01 pm

    Artikel nya ajib2 gan…

  • Mario January 11, 2016, 8:40 pm

    Koh..saya mau tanya rekomendasi dslr nikon/canon yg harga 9-12 juta yg mantap apa ya?thx..

  • Vero January 10, 2016, 3:59 pm

    Ko enche saya mau tanya apakah benar gosip nikon d7000 yg oli nya sering bocor…???apakah sulit memperbaikinya?

    • Enche Tjin January 10, 2016, 11:39 pm

      Saya pernah dengar soal kasus itu, dan gak tau juga soal reparasinya.

  • barita cristian January 10, 2016, 3:35 pm

    Pak saya mw tanya,saya seorang pminat&Penikmat fhtografi, saya mohon bantu pak, recomendasi cemera canon budget 6 jt an untuk fitur pemula sperti saya.thx

    • Enche Tjin January 10, 2016, 11:39 pm

      Sepertinya Canon 600D masuk budget, tapi kalau tidak, Canon 1200D.

      • eka January 11, 2016, 1:37 am

        Kallo di pake di luar ruangan gimana pak masih tercukupi apa tidak camera canon 600D ?

        • Enche Tjin January 11, 2016, 9:32 am

          Cukup cukup saja, asal bukan kondisi ekstrim misalnya cuaca hujan badai hehe

  • muhamad lukman January 8, 2016, 1:58 pm

    om camera di bawah 5jt yang paling bgus apa ya.??. saya mau beli di mna ya yg bner2 ori.

    • Enche Tjin January 9, 2016, 4:49 pm

      Nikon D3200 pas 5 juta dengan lensa. Boleh via saya, infofotografi 0858 1318 3069. Garansi resmi distributor Indonesia dan original.

  • hendro January 8, 2016, 8:03 am

    pak entje, kalo punya kamera digital perlu diberi tambahan anti gores ga ya di LCDnya?
    Pakai Nikon D7100
    trims

    • Enche Tjin January 8, 2016, 9:30 am

      Sebaiknya sih begitu, karena sayang kalau baret-baret layar LCDnya.

  • freddy handoko January 7, 2016, 12:46 am

    ko,tolong rekomendasinya
    bingung mau milih mirrorless atau DSLR?
    budget saya ada 10jt,tapi saya awam dan tak tau merk n tipe yang bagus,yg bisa segala hal dalam fotografi. .
    merk:
    tipe:
    DSLR atau mirrorless:
    mohon sarannya ko,tks

    • Enche Tjin January 10, 2016, 9:16 am

      Kalau DSLR, saran saya Nikon D5500, kalau mirrorless, Sony A6000.

  • budi hendro January 6, 2016, 7:53 am

    pak entje, kalo punya kamera digital perlu diberi tambahan anti gores ga ya di LCDnya?
    Pakai Nikon D7100
    trims

  • Septyan January 5, 2016, 12:06 am

    Salam,
    saya pake canon 60d udh 3 tahun,sekarang saya ingin upgrade kamera yang tentunya jauh lebih bagus dari pada 60d, juga tidak dengan budget yang banyak menguras dompet. genre saya di landscape, saya suka foto2 alam sekitar dan lebih suka foto2 tentang cagar budaya, tempat wisata, keindahan pegunungan, hutan, dll. Nah menurut anda lebih baik kalau upgrade kamera masih di canon atau nikon? kalau canon seri berapa, dan kalau nikon seri berapa? Terimakasih.
    Salam.

    • Enche Tjin January 5, 2016, 10:39 am

      Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum upgrade kamera, salah satunya budget dan kebutuhan. Secara natural, upgrade dari 60D adalah 70D, tapi tahun ini kabarnya 80D mungkin akan di rilis.

      Jika ingin upgrade ke full frame, ada 6D atau 5D mk 3.

      Untuk ke Nikon, ada Nikon D7200 yang kualitas gambarnya tajam untuk landscape, atau kalau full frame, ada Nikon D750.

      • septyan January 8, 2016, 9:38 pm

        Saya di tawari 7d mk2 dan 70d, nah menurut anda untuk genre landscape seperti saya lebih baik yang mana? Makasih

        • Enche Tjin January 8, 2016, 10:19 pm

          Keduanya bagus, 7Dmk2 lebih tahan banting dan cuaca buruk, cocok untuk foto di tempat yang ekstrim, tapi keunggulan 70D adalah lebih ringan dan terjangkau. Kalau saya pribadi lebih pilih 70D.

  • M.j. sedayu January 4, 2016, 1:58 pm

    Bang saya mau beli kamera canon eos 70d non wifi..minta recomen tokonya bang..makasih

    • Enche Tjin January 5, 2016, 3:15 pm

      Boleh via saya. Ngomong2 sudah saya email.

  • prastiyadi January 3, 2016, 11:19 pm

    ko.. sy pemula yg lgi belajar buat fto wedding.. pngen beli kamera tp budget cm 7jt.. ngmbil nikkon D3300 ato canon 600D? trs dri 2 item itu lensa apa yg cocok buat wedding? apa dri koko ada rekom kamera yg lain + lensanya sesuai budget sgtu??

    • Enche Tjin January 3, 2016, 11:57 pm

      Dengan budget minim tentunya hanya cukup untuk lensa paketan dari kamera, 18-55mm. Saran saya Nikon D3300.

  • Ria January 3, 2016, 10:46 pm

    Malam pak ,
    Saya baru mau beli kamera dslr.
    Tapi saya bingung pilih kamera yg bagus untuk saya kamera tipe apa, karena saya benar” pemula untuk dunia fotografi .
    Saya ingin tanya , kamera apa yg kira nya cocok untuk saya beli ?
    Dan lebih bagus mana antara kamera merk nikon dan canon ?
    Antara canon eos 550d atau nikon d3300 ?
    Atau ada rekomendasi bapak untuk saya beli ?
    Trims

    • Enche Tjin January 3, 2016, 11:57 pm

      Rekomendasi saya Nikon D3300.

  • Zulham January 2, 2016, 8:30 am

    ms,canon 1000d lampu flas ny rusak bisa diperbaiki ga?

    • Enche Tjin January 2, 2016, 9:33 am

      Mestinya bisa.

  • aji December 29, 2015, 3:19 pm

    om,, ada yg jual canon eos 600D baru harga 1.200.000 itu memang harganya atw barang palsu ya om??

  • Okta December 29, 2015, 6:43 am

    Om.. aku minat beli canon 600d ada rekomendasi toko yang bagus ga??? Thx

    • Enche Tjin December 29, 2015, 8:46 am

      Rekomendasi dari saya ranafotovideo.com toko ini saya kelola sendiri bersama istri ha ha ha. Atau kontek 0858 1318 3069

  • putri December 27, 2015, 7:51 pm

    Bang,kalo buat video pemula bagusan canon 760D ato nikon D5500?

    • Enche Tjin December 27, 2015, 9:59 pm

      Bagus Canon 760D untuk video.

  • Wahyu December 27, 2015, 9:10 am

    7d kok ga ada ya? Om saya dapet warisan 7d, itu cocok dipakai untuk kegiatan apa ya koh. Saya cmn tau speednya tinggi itu aja.

    • Enche Tjin December 27, 2015, 10:17 am

      Biasanya buat foto aksi dan olahraga

  • fajar December 26, 2015, 2:15 am

    ko, lebih bagus 1200D apa 600D..
    thx sarannya..

    • Enche Tjin December 26, 2015, 8:39 am

      Canon 600D lebih bagus

  • Laily December 24, 2015, 10:50 am

    Om, bagus mana nikon D5200 apa nikon D5500?

    • Enche Tjin December 24, 2015, 7:22 pm

      Nikon D5500 jauh lebih baguss

  • Tjin soei December 21, 2015, 6:02 am

    Met pagi Enche Tjin, saya may beli Nikon D7200 bisa minta rekomendasi toko yang bagus harga Dan barangnya terimakasih

  • ramon December 20, 2015, 5:34 pm

    Bang saya mana yang saya pilih canon 1200D atau nikon d5200. Trims sarannya

    • Enche Tjin December 21, 2015, 6:12 am

      Nikon D5200

  • Zaenuri December 20, 2015, 9:09 am

    Saking banyakny model dlsr dan berbagai merk jadi bngung..
    Kalo beli baru uangny belum ckup kalo second berapaan ya kondso msih bgus buat pemula tapi buat ftografi pmndangan fto objek..fto” gitu bagusny apa ya??trimakasih

  • jokek December 19, 2015, 6:12 am

    Bang ada kamera bekas buat pemula kagak bang.,kalau ada tolong kirim email ya bang,tipe n harga’y.,
    Terimakasih banyak bang

    • Enche Tjin December 19, 2015, 8:46 am

      Baik, saya kontak ya.

  • iman December 18, 2015, 4:24 pm

    bang abang punya barang BM g bang ….. badget saya cuman punya 2jt tapi pengend kamera SLR canon …..

    • Enche Tjin December 19, 2015, 1:29 am

      Wah gak punya tuh, mungkin cari kamera bekas saja.

  • ari December 16, 2015, 9:03 pm

    Bang kamera nikon yang D5500 di itc roxy lebih murah jkt apa surabaya

    • Enche Tjin December 16, 2015, 11:14 pm

      Wah kurang tau karena gak ngecekin satu2 toko haha..

  • Dziki December 15, 2015, 10:32 am

    Om klo canon 600D yg bekas om jual ga yh

    • Enche Tjin December 15, 2015, 10:56 am

      Maaf, kosong 🙁

  • Hidayat ansori December 8, 2015, 11:27 pm

    Anda lebih menyarankan membeli Kamera DSLR pemula yang cukup baik untuk foto dan video : Canon 700D dan 760D.
    Kamera DSLR untuk foto-video, multifungsi atau kamera back-up profesional: Canon 70D. Tetapi saya belum sanggup untuk membeli kamera diatas 8jtan . jadi pertanyaan saya apakah saya lebih memilih 600d atau 60d . atau menyarankan saya untuk bersabar membeli kamera rekomendasi anda ?

    • Enche Tjin December 9, 2015, 3:18 am

      Tergantung seberapa pentingnya. Kalau belum dibutuhkan bisa tunggu. Tapi kalau sudah perlu, boleh 60D atau 600D.

  • Riho December 8, 2015, 8:00 pm

    Malem bang,saya mau beli d7200 online tp takut dapet yg palsu,minta tolong dong rekomendasiin toko online yg bagus yg ga boong.

    • Enche Tjin December 8, 2015, 10:57 pm

      Boleh, saya e-mail ya.

  • gilang putu December 7, 2015, 8:36 pm

    Ko bagusan mna Canon 1100d atau 40d untuk pemula?

    • Enche Tjin December 7, 2015, 8:55 pm

      Canon 1100D

  • iqbal December 7, 2015, 7:38 am

    mas enche rencana saya mau beli kamera ni NIKON D7100 lewat online, kira kira ad rekom ngk mas harga bersahabatlh, no tipu tipu..
    trmakasih

    • Enche Tjin December 7, 2015, 9:46 am

      Beli barang online gak boleh sembarangan karena banyak barang palsu/tidak bergaransi dll. Boleh pesan lewat saya / ranafotovideo.com. Sms/telp 0858 1318 3069 / infofotografi@gmail.com. Garansi resmi dengan harga yang bersahabat. Trims.

  • Errox December 3, 2015, 5:33 am

    Mas,
    Mending Canon 7D Mark ii atau Nikon D7200

  • farid December 2, 2015, 8:51 am

    Bang ini skrg pengen beli nikon d7200 . Tp bingung beli dimana yang agak murah kualitas sip trus gak boong . Tp online nih dimana ya

    • Enche Tjin December 3, 2015, 12:29 am

      Saya bisa bantu kalau berminat. E-mail telah saya kirim.

      • fanfir December 18, 2015, 6:17 pm

        bang saya rencana ingin membeli nikon d7200 kirimkan tempat bli yg recom ke email saya juga. thx

        • Enche Tjin December 19, 2015, 1:29 am

          Ok diperiksa ya e-mailnya, boleh kontek 0858 1318 3069 *sms/wa Trims.

  • Errox December 2, 2015, 2:41 am

    Mas,
    Apa dasarnya mas Enche membedakan kamera yg mas enche rekomendasikan menjadi untuk fotografer pemula dan untuk fotografer mahir. Apakah kamera yg mas enche rekomendasikan untuk pemula semata2 lebih mudah mengoperasikannya dibanding yg untuk fotografer mahir, Atau secara kualitas hasilnya yg untuk pemula lebih jelek?

    Trims
    Erry M

    • Enche Tjin December 2, 2015, 5:06 am

      Lebih ke kemudahan penggunaan, contoh: kamera pro sebagian gak punya mode full otomatis/scene modes. Coba baca artikel ini supaya lebih paham lagi.

      • Errox December 2, 2015, 10:43 am

        Trims

  • Sandi December 1, 2015, 5:08 pm

    Mau tanya, kalau saya ada budget 15juta (body only), rekomendasi kalau nikon seri apa dan kalau canon seri apa?

    kebutuhan saya lebih banyak untuk mengabadikan moment saat traveling dengan keluarga..

    Rgds,

    • Enche Tjin December 2, 2015, 5:16 am

      Nikon D7200 dan Canon 70D

  • danisa November 29, 2015, 11:29 pm

    Mau tanya..mending nikon d3300 atau canon d600 ya?

Leave a Comment