≡ Menu

Monochrome Mode : Kapan makainya?

Di setiap kamera, tentu ada mode monokrom yang bisa kita set, atau bisa juga kita foto warna dulu, lalu di edit menjadi hitam putih (B&W) melalui software (Lightroom, Photoshop/snapseed dll). Saya biasanya menyarankan ke murid-murid untuk motret warna dulu baru di edit untuk mendapatkan hasil terbaik (Tentunya teknik editnya harus dikuasai terlebih dahulu).

Ini jalan setapak melalui hutan ke danau Plitvice. Di pagi hari matahari masih rendah dan membuat bayangan pohon yang panjang. Kondisi ini cocok untuk monokrom karena pemirsa foto dapat lebih fokus ke tekstur, terang gelap, dan pola subjek foto. Huawei P20 Pro mampu menangkap detail dengan baik di area terang dan gelap.

Pengecualian saat memotret Huawei P20 Pro, karena memiliki modul kamera+lensa monokrom tersendiri, saya lebih menganjurkan mengunakan mode monokrom-nya secara langsung. Menurut pengamatan saya kualitas fotonya lebih tajam, detail dan kualitas gradasi abu-abunya lebih kaya. Spesifikasinya modul Monochromenya juga keren, 20 MP B/W, f/1.6, 27mm (wide), 1/2.7″, OIS, PDAF/Laser AF. Resolusinya cukup untuk cetak besar, bukaan besar dan ukuran sensor tidak kalah dengan kamera digital compact dedicated.

Pertanyaan lanjutannya kapan memotret hitam putih? Pertanyaan klasik ini tidak mudah dijawab, karena ada yang memang sukanya hanya memotret dengan mode Monochrome saja, tapi saya sendiri sukanya beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang ada.

Foto di dalam area taman nasional Plitvice ini adalah salah satu favorit foto saya di Plitvice karena lapisan-lapisan pohon dan daun yang harmoni dan gradasi abu-abunya dapat tertangkap dengan baik.

Jalan-jalan di pinggir danau Plitvice panjang dan kadang melelahkan, tapi pemandandangannya bisa jadi berantakan, tapi kalau kita atur sedemikian rupa komposisinya dan dengan mode yang oke bisa menarik juga.

Katedral Cologne ini saya foto dalam kondisi backlight, alias mataharinya dibelakang Katedral, tapi gradasi abu-abu dan detail Katedral masih baik. Aspek ratio yang saya pilih di kamera yaitu 1:1 (7MP).

Yang sering mengikuti Infofotografi tau saya suka foto sepeda, tapi kalau tiap kali jumpa sepeda saya foto, nanti harddisk saya penuh dong. Yang ini menarik karena highlight – shadow-nya 🙂

Demikianlah beberapa tips saya dalam mengunakan Huawei P20 Pro Monochrome mode. Mudah-mudahkan kita bisa hunting bareng dalam tour foto Infofotografi atau kegiatan lainnya.

  • Foto-foto Monokrom lain dengan ponsel ini bisa dilihat di halaman ini.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment