≡ Menu

Dampak Virus Corona terhadap fotografi

Saat ini kita tengah diresahkan oleh sebuah pandemi yang global, yaitu menyebarnya virus Covid 19 atau yang lebih dikenal dengan Corona. Saat tulisan ini dibuat, penyebaran virus ini sudah meluas sampai ke Eropa, Amerika dan juga di tanah air. Dampak langsung dan tidak langsung dirasakan banyak pihak, khususnya setelah beberapa negara mengumumkan lockdown, isolasi dan membatasi aktivitas hingga pandemi virus ini berlalu.

Dalam kaitannya dengan fotografi, Corona sudah memberi dampak pada proses produksi kamera global, karena banyak spare part yang dibuat di Asia khususnya China. Ini akan mengganggu rantai pasok (supply chain) komponen kamera yang bisa menyebabkan keterlambatan produksi, hingga terlambat sampai ke konsumen. Bahkan bisa jadi produsen kamera akan menunda pengumuman produk baru yang semestinya dirilis tahun ini.

Aktivitas yang mengumpulkan banyak orang juga berpotensi menyebarkan virus Corona, maka banyak acara yang mengumpulkan banyak orang harus dibatalkan, misalnya sepakbola (liga Inggris, Italia dsb), pameran hingga kegiatan ibadah. Di bidang pameran, setidaknya sudah ada pengumuman untuk menunda (atau membatalkan) acara besar fotografi seperti Camera & Photo Imaging Show 2020 yang semestinya diadakan di Yokohama 27 Februari lalu. Di Vegas nanti NAB juga ditunda, dan belum jelas nanti Photokina di Jerman. Di dalam negeri, acara pameran yang sudah dijadwalkan oleh salah satu toko besar juga terpaksa dibatalkan.

Kami di infofotografi tidak bisa menampik bahwa kami pun terdampak akibat ini semua. Sebutlah misalnya kegiatan fotografi yang sifatnya tour luar kota atau luar negeri, memang harus dibatalkan atau ditunda, seperti ke China, ke Bukittinggi dan Borobudur. Juga kegiatan foto di sekitar Jakarta akan terganggu akibat penutupan tempat wisata yang kerap jadi hunting ground kami, misal Ancol, Kota Tua, Monas dsb. Bahkan kegiatan review gear dan produksi konten Youtube juga mau tidak mau mesti menyesuaikan dengan keadaan, bahkan bila perlu dilakukan hanya di indoor saja.

Tapi terlepas dari itu semua, kita tentu berharap bahwa situasi ini akan segera membaik, dan pandemi virus ini akan berakhir. Sambil kita menjalani hari-hari sulit ini, teruslah menjaga kesehatan dengan mencuci tangan, termasuk membersihkan kamera kita dengan alkohol supaya lebih steril, dan menghindari keramaian orang banyak. Kami masih terbuka untuk kelas belajar fotografi yang sifatnya privat atau semi privat, atau bila mau secara online kami juga sudah lama memiliki kelas online via email. Semoga badai ini cepat berlalu..

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 1 comment… add one }

Leave a Comment