≡ Menu

Fujifilm X vs Panasonic Lumix G – Mana yang lebih bagus?

Belakangan banyak pertanyaan yang masuk menanyakan bagus kamera Fujifilm X-T3 dengan Panasonic Lumix G9, atau X-T30 dengan G95. Kalau saya perhatikan tidak ada kamera yang terbaik, tapi setiap merk dan type ada kelebihannya masing-masing.

Panasonic G9

Kelebihan dari Lumix G yaitu model G9 dan G95 terletak di dua hal, yaitu punya image stabilization di body, sehingga memotret subjek diam di kondisi gelap atau merekam video tanpa stabilizer (tripod/gimbal) sangat memungkinkan. Kelebihan kedua adalah Lumix G9 dan G95 punya weathersealing anti air dan debu yang kuat. Ketiga mungkin ini bukan kelebihan tapi perbedaan. Lumix punya layar yang bisa di lipat dan putar ke depan sedangkan Fuji bisanya ditekuk ke atas dan kebawah.

Rata-rata kamera Lumix G punya layar yang bisa dilipat ke segala arah, termasuk ke depan untuk mempermudah vlog/selfie

Di sisi Fuji X, ada beberapa keunggulan juga, yaitu ukuran sensor yang 1 stop lebih besar (APS-C vs Four thirds), sehingga lebih jernih (sedikit noise) di ISO yang lebih tinggi, misalnya ISO 400 di Lumix kualitasnya sama dengan ISO 800 di kamera Fuji. Yang kedua adalah punya phase detect autofocus sehingga saat mengikuti subjek bergerak (terutama untuk video) lebih mulus dan cepat. Ketiga mungkin ini lebih ke karakter, yaitu desain Fuji yang seperti kamera film mungkin terlihat lebih trendy saat ini.

Fuji X-T3, terlihat profesional dengan battery grip tambahan

Memang ada banyak lagi perbedaan-perbedaan kecil diantara Fuji X-T3/X-T30 dan G9/G95 contohnya: G9 ada high res mode, yaitu mampu membuat gambar 80MP dengan memanfaatkan sensor shift stabilization. G9 juga punya baterai yang kapasitasnya lebih besar dari X-T3.

Lumix G95 punya kelebihan seperti bisa rekam video tanpa batas waktu, tapi saat rekam 4K ada crop 1.28x, sedangkan X-T30 tidak ada crop saat rekam video 4K.

Fuji X-T30 : Desain seperti kamera film menjadi daya tarik tersendiri. Seri Fuji X-T biasanya punya layar yang bisa ditekuk ke atas/bawah, kecuali Fuji X-T4 yang bisa diputar kedepan

Kesimpulan

Dari plus minus diatas bisa saya simpulkan kalau Panasonic Lumix kamera-kameranya mantap untuk outdoor, terutama untuk foto & video. Karena adanya stabilizer, jadi mudah dan ringan tanpa harus direpotkan bawa gimbal misalnya.

Sedangkan kalau Fuji X lebih cenderung bagus untuk yang banyak foto dan video di kondisi yang sangat gelap misalnya indoor atau malam, dan juga yang membutuhkan subjek tracking yang sangat cepat seperti merekam foto video aksi olahraga atau satwa liar.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 3 comments… add one }
  • Steve November 3, 2020, 2:28 pm

    Rencana minang G95 om, cuman mw nanya..klo after sale seperti part2 nya gmn ya om? Apakah sulit

  • Arya Dwitama March 28, 2020, 4:42 pm

    untuk variasi lensa lebih banyak mana ya om?

    • Enche Tjin March 29, 2020, 4:22 pm

      Micro four thirds pilihan lensanya lebih banyak karena sudah lebih awal dan bisa pakai lintas merk spt dari Olympus jg.

Leave a Comment