≡ Menu

Keunggulan dan kelemahan sistem kamera DSLR : Canon, Nikon, Sony, Pentax dan Olympus

Banyak yang menanyakan apa keunggulan dan kelemahan suatu sistem kamera DSLR. Pada umumnya, semua kamera DSLR hampir sama: memiliki sensor berukuran besar lebih besar dari kamera saku/ponsel, memiliki fungsi manual dan otomatis. Yang membedakan biasanya adalah desain, fitur dan koleksi lensa dan aksesorisnya.

Sulit mengatakan sistem mana yang terbaik karena masing-masing punya keunggulan dan kelemahan. Selain itu juga tiap model berbeda-beda dan punya keunggulan-kelemahan sendiri pula.

Menurut pengamatan saya selama dua tiga terakhir ini, saya akan ulas secara singkat beberapa keunikan sistem kamera DSLR yang populer.

canon-1000d

Canon 1000D, salah satu kamera pemula termurah saat ini

Canon: Salah satu sistem kamera DSLR kamera yang paling populer di dunia. Canon memiliki koleksi lensa yang lengkap dari yang berkualitas rendah sampai tinggi. Kamera-kameranya juga lengkap dari untuk pemula sampai yang sangat canggih untuk profesional kelas atas.

Saya menyukai kamera-kamera pemula merek Canon dibandingkan dengan merek lainnya karena kamera pemula Canon seperti 1100D, 600D dan 650D saya pikir mudah digunakan, antar muka dan menunya juga sangat rapi dan terorganisasi dengan baik. Kekurangan kamera pemula Canon yaitu bahannya agak murahan dan tidak begitu enak gengamannya.

Satu-dua tahun terakhir ini, Canon lebih fokus dalam pengembangan kamera DSLR yang bisa merekam video clip. Sampai saat ini, hampir semua kamera DSLR Canon melampaui pesaingnya dalam urusan merekam video. Link pembelian kamera Canon : Bukalapak | Lazada

Nikon D3S, kamera canggih idaman fotografer, terutama yang untuk event atau photojournalistik

Nikon D3S, kamera canggih idaman fotografer, terutama yang untuk event atau photojournalistik

Nikon: Sama seperti Canon, sistem Nikon bisa dibilang cukup komplit. Banyak lensa Nikon yang berkualitas tinggi dan lebih mahal dari Canon. Saya menyukai kamera Nikon terutama yang canggih (D700, D3s) karena auto fokusnya bekerja sangat baik, mungkin yang terbaik dibandingkan merek lain. Pengendalian noise di ISO tinggi juga sekelas diatas merek lain, sehingga cocok digunakan untuk foto di kondisi ruangan yang gelap.

Tidak seperti Canon, saya tidak begitu menyukai kamera pemula Nikon (D40, D60, D3000, D3100) karena antar mukanya saya pikir kurang baik. Contohnya menu yang susunannya kurang rapi dan juga tombol-tombol yang tersedia kurang untuk mengakses settingan yang sering dipakai. Selain itu, kamera pemula Nikon tidak memiliki motor auto fokus sehingga untuk beberapa lensa lama, tidak bisa mengunakan auto fokus (hanya manual). Bukalapak | Lazada

Sony: Sony adalah pendatang yang relatif baru, tapi teknologinya mengunakan teknologi Konica Minolta yang di akuisisi Sony beberapa tahun yang lalu. Sony cukup agresif dan banyak mengeluarkan model-model baru setiap tahunnya, tapi model-model kamera tersebut mirip-mirip. Sony juga memiliki deretan model kamera dari yang untuk pemula sampai untuk yang profesional, meski yang untuk profesional tidak secanggih dan sebanyak Canon & Nikon.

sony-nex-5

Sony NEX-5, kamera mirip SLR yang dikembangkan Sony satu tahun terakhir ini

Ada beberapa keunikan di kamera-kamera Sony dibanding Canon dan Nikon. Misalnya kamera-kameranya ada fitur built-in steady shot yang membantu mencegah foto blur karena getaran tangan kita (kalau Canon & Nikon fitur ini terletak di lensa). Lalu banyak kamera Sony juga memiliki dua sensor auto fokus sehingga auto fokus saat mode live view (seperti kamera saku) jauh lebih cepat daripada kamera merek lain. Selain itu, banyak model kamera Sony yang memiliki layar LCD yang bisa di putar sehingga memudahkan komposisi foto diatas kepala atau dibawah kaki.

Dalam perkembangannya, kamera pemula Sony tidak begitu berubah dalam fiturnya, paling hanya desain yang sedikit berubah. Untuk pilihan kamera canggihnya, Sony tidak menawarkan banyak, A700 dan A900 sudah cukup lama belum di perbaharui.

Di pihak lain, Sony gencar dalam memproduksi kamera-kamera mirip DSLR seperti Sony A55, A33, dan Sony NEX-5, NEX-3 dst.  Bukalapak | Lazada

Pentax: Pentax bisa dibilang pemain kecil di kancah kamera DSLR, tapi desain kamera Pentax sebenarnya cukup baik. Fokus Pentax dalam beberapa tahun terakhir adalah tampil beda (Be Different). Kamera DSLR Pentax seperti km, kx kecil tapi kokoh dengan fitur yang cukup bersaing. Keunikan kamera ini adalah memakai batere AAA universal, sehingga kalau kehabisan batere, bisa langsung membeli di toko terdekat. Pentax k-x juga tersedia dalam berbagai warna seperti putih dan merah.

Warna warni Pentax k-x hanya tersedia di Jepang

Warna warni Pentax k-x. Sebagian besar hanya tersedia di Jepang

Lalu Pentax juga memiliki K5, yaitu kamera SLR canggih yang berukuran tidak begitu besar, tapi tahan di cuaca yang buruk, termasuk di kondisi sangat dingin. Secara sistem, koleksi lensa Pentax tidak sebanyak the big three (Canon, Nikon, Sony) tapi Pentax memiliki lensa – lensa prime/fixed yang sangat kecil dan berkualitas tinggi seperti Pentax 70mm f/2.4, 31mm f/1.4 dan sebagainya. Seperti Sony, semua model kamera Pentax juga terdapat built-in peredam getar. Bukalapak

Olympus: Keunikan sistem DSLR Olympus terletak pada ukuran kamera dan lensa yang relatif lebih kecil dan kurus. Hal ini karena Olympus memakai sensor 4:3 (four thirds), yang lebih kecil dari DSLR yang ada diatas. Akibatnya kualitas foto maksimal dari sensor 4:3 ini agak kurang terutama di ISO tinggi. Namun demikian, kualitas foto Olympus jauh lebih baik dari kamera saku. Meski kecil, kamera Olympus kecuali model E-420, juga terdapat fitur built-in peredam getar.

Olympus E-620 termasuk salah satu kamera DSLR termungil

Olympus E-620 termasuk salah satu kamera DSLR termungil

Tahun lalu adalah tahun yang kurang menggembirakan dalam perkembangan sistem DSLR Olympus. Di tahun itu, Olympus mengumumkan akan mengkonsentrasikan diri ke pengembangan micro four thirds (kamera mirip DSLR yang berukuran lebih kecil) dan menghentikan pembaharuan lensa untuk DSLR.

Demikianlah sekilas pandang sistem kamera yang ada di pasaran saat ini, semoga bisa jelas dan membantu. Bukalapak

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 895 comments… add one }
  • Enche March 9, 2011, 11:16 am

    Tidak terbersit sedikitpun untuk merendahkan produk lain, saya pikir setiap produk ada keunggulan kekurangannya sendiri-sendiri.

  • Rizal alqadri March 9, 2011, 11:11 am

    maaf jd pnjg lebar, tapi saya senang kok dgn membaca review mas dan pendapat rekan2 diatas.Saya jadi banyak masukan bagaimana sebaiknya mereview sebuah produk tanpa merendahkan produk yang lain.

  • Enche March 9, 2011, 11:10 am

    Blog post ini dan sebagian besar artikel2 yang ada di Info Fotografi berisi pendapat berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya, dan mungkin bisa digunakan sebagai bahan pertimbangkan bagi yang sedang memilih sistem kamera atau hal-hal yang lain.

  • Rizal alqadri March 9, 2011, 11:07 am

    berarti review yg mas tulis diatas tujuannya untuk apa?

  • Enche March 9, 2011, 11:04 am

    Intinya memilih kamera/alat foto memang tidak mudah dan memerlukan banyak riset, kalau bisa coba sendiri dulu sebelum membeli, karena setiap fotografer (termasuk saya) tentu memiliki preferensi akan satu merek/sistem kamera berdasarkan kebiasaan, dana dan jenis foto yang digeluti.

    .

  • Rizal alqadri March 9, 2011, 10:37 am

    “Mengenai apakah pembaca setuju dengan pendapat saya atau tidak, bukan menjadi masalah.”

    Kadang yg sprti ini yang menyesatkan pemula seperti saya untuk membeli sebuah kamera.. Kamera yang mas unggulkan belum tentu saya bisa pakai

  • Enche March 9, 2011, 10:29 am

    Di tiap gambar, coba mouseover (tempatkan mouse di foto yang besar) kemudian click “I” nanti keluar info kameranya.

  • Rizal alqadri March 9, 2011, 10:27 am

    galeri diambil pakai kamera merk apa-apa saja?

  • Enche March 9, 2011, 9:47 am

    Kamera yang diambil macam-macam dari kamera saku, kamera DSLR berbagai model, dari yang pemula sampai canggih.

    Saya sendiri ga sependapat sih, menurut saya review kamera harus berdasarkan pendapat pribadi jangan pendapat orang lain yang disadur.

    Mengenai apakah pembaca setuju dengan pendapat saya atau tidak, bukan menjadi masalah. Yang penting saya jujur mengemukakan apa pengalaman saya.Saya pikir itu lebih ada manfaatnya.

  • Rizal alqadri March 9, 2011, 9:28 am

    Thx udh ngasi galerinya.Di galeri diambil pakai kamera apa aja?
    Mnrt saya sebaiknya mereview sebuah kamera bkn dr pendpt pribadi,bisa aja saya yg gak bs pakai nikon d90 saya blg itu kamera jelek.pdhl klo yg terbiasa dgn nikon gak bgt.
    Jd jgn sampai mas gak bs pakai sony,olympus dll lgsg bilang gak bgs. Peace..

  • Rizal alqadri March 9, 2011, 9:09 am

    Foto yg baik gmn sih mas,minta link galeri mas enche dong,yg hsl asli dr kamera tnp edit.siapa tau saya bs terinspirasi dgn hsl karya mas.
    Saya salut sekali dgn ulasan yg mas bikin,apakah mas prnh mencoba semua kamera yg mas review? Atat cm menulis dr pendapat orang lain?

    • Enche March 9, 2011, 9:14 am

      photo gallery saya di http://www.enchetjin.com sebagian besar tidak diedit, tapi ada juga yang di edit misalnya jadi hitam putih dll. Tapi saya tidak memanipulasi foto dengan mengubah isi foto secara drastis.

      Sebagian besar kamera DSLR yang saya pernah coba, baik pakai sendiri maupun pinjam dari teman. Yang saya utarakan di blog ini murni pendapat saya bukan orang lain.

  • Enche March 9, 2011, 1:45 am

    Manual sebenarnya dirancang untuk menjelaskan fungsi2 tombol2 dan setting kamera, tapi tidak menjelaskan bagaimana membuat foto yang baik.

    Kalau baru pertama kali pakai kamera SLR, saya sarankan untuk ikut kursus untuk belajar dan latihan teknik dasar2 fotografinya.

  • Rizal alqadri March 9, 2011, 1:41 am

    Wah,ada tehniknya ya.pdhl sdh ikutin manualnya.jd yg salah kamera atau tehniknya ya??

  • Enche March 9, 2011, 12:06 am

    hehe, ada tekniknya2 bikin foto bagus di malam hari, coba baca2 di bagian teknik dasar fotografi. Itu kamera mantap kok,

  • rizal alqadri March 9, 2011, 12:02 am

    Tp asli waktu prtm ngetes foto malam saya kecewa dgn hsl d90 lihat di kamera bgs pas masuk komputer parah sekali gambarnya,mesti diedit sana sini.Padahal niatnya pengen jadi fotografer eh kok jadi fotoshoper 🙂

  • rizal alqadri March 8, 2011, 11:53 pm

    Maaf mas sblm beri keterangan lbh baik mas Enche hubungi nikon indonesia dl daripada beri keterangan gak bnr,saya barusan beli Nikon D90 dan tanya di nikon indonesia katanya udh discontinue. Jd hrs beli dr dealer aja stock lama.dan saya dapatnya di camera.co.id

    • Enche March 8, 2011, 11:59 pm

      thanks buat infonya Rizal. Mudah2an masih ada stok sampai akhir tahun ini.

  • Divo March 7, 2011, 8:47 am

    Mas enche, santer tersiar kabar kalau Nikon D90 akan di discontinue. Menurut mas kapan kira kira D90 tersebut di discontinue? minta saran dong. Saya (pemula) sangat berminat sama Nikon D90 + kit. Tapi duit saya baru cukup di pertengahan tahun (bulan Agustus) untuk membelinya. D7000 kemahalan buat kantong mahasiswa seperti saya. Makasih mas. Saya pembaca setia blog ini ..

    • Enche March 7, 2011, 8:53 am

      Halo Divo, saya pikir Nikon D90 masih akan terus diproduksi setidaknya sampai tahun depan. Alasannya ya kurang lebih karena D7000 itu harganya cukup jauh dengan harga D90 dan juga jauh dari D5000/D5100 (penggantinya) maupun D3100. Jadi saya pikir sampai Agustus nanti masih bisa membeli Nikon D90. Terima kasih sudah setia membaca blog ini 🙂

  • fahru March 2, 2011, 4:20 am

    oy mau tnya dun
    kta tmn saya canon ada virus dri kemra tersebut yah??? bnr apa gak

  • yoga March 2, 2011, 2:26 am

    bg alamt yg abg kasi ni http://www.bhinneka.com/ bisa dipercaya gk, aku mau beli kamera canon eos 1000D, karna aku mash pemula, dan blum pernah transaksi diinternet sbelumnya???
    mhon petunjuknya

    • Enche March 2, 2011, 2:28 am

      Bisa dipercaya si, itu toko online udah lama sekali. Tapi harganya kadang2 masih bisa di tawar. Jadi cobalah tawar dan bandingkan dulu dengan toko lainnya.

  • Enche February 24, 2011, 10:05 pm

    Fluktuasi harga sering terjadi pas ada kamera baru sih atau pas ada cuci gudang karena model kamera itu udah mau tidak di produksi.

    Misalnya waktu itu Canon 60D dijual 10 jutaan pas baru keluar, ehh pas muncul Nikon D7000 (saingan beratnya), harganya tinggal 8 jutaan. D7000 sampai sekarang masih diatas 11 juta (tidak ikut turun).

    Soal edit si mestinya ga masalah, karena pas dibawah komentar Pak Hadi langsung ada komentar saya dibawahnya yang menandakan memang ada kesalahan di artikel dan sudah diperbaiki.

    Kalau soal purna jual ya sebenarnya simpel si, biasanya yang punya market share gede, seperti Canon dan Nikon tentunya lebih gampang jual dan nilainya lebih tinggi daripada sistem DSLR lainnya. Bukankah begitu?

  • ET Hadi Saputra February 24, 2011, 4:00 pm

    Btw, kalau artikel aslinya jangan di edit dong Mas, mohon dikasih pencerahan di comment aja, supaya saya bisa ikutan belajar…. 😀
    kita sama-sama belajarlah. comment2 saya yg duluan muncul sebelum diedit jadi keliatan seperti ‘komentar tolol’ karena ga nyambung sama artikelnya yg udah diedit.

  • ET Hadi Saputra February 24, 2011, 3:57 pm

    IMHO harga kamera ga ada yang fluktuasi. Contohnya yang mana?
    Kalau ada turun naik, pasti semua mengalami dengan perbandingan yg sama. maksudnya kalau nikon turun harga, yg lain juga pasti segera turun harga.
    Som value for money ga ada kaitan dengan fluktuasi harga.
    Btw, yang pak Anif maksudkan ‘value for money’ apakah termasuk harga jual kembali, ataukah hanya pas investasi beli kameranya aja?
    kebetulan saya pakai 3 merek kamera, dan tiga2nya punya value for money yang sangat jauh bedanya…..
    (dulu terlanjur beli karena diracunin temen….hehehe)

  • Enche February 24, 2011, 2:39 pm

    Ulasan pilihan camera yang best value for money yang menarik, tapi juga sulit karena adanya fluktuasi harga. Jadi bila hari ini saya tulis, lalu besok harga tiba2 berubah tajam, artikel saya jadi tidak relevan dalam waktu singkat he he he.Tapi topik ini mungkin saya akan tulis tentang itu di masa depan.

    Kalau soal ulasan di artikel disini yang ga mendetail, tentunya memang tujuan penulisan hanya berupa ulasan singkat saja, menyentuh hal-hal yang saya anggap penting untuk diperhatikan calon pembeli kamera DSLR.

  • Anif Putramijaya February 24, 2011, 1:42 pm

    Koq ulasan Olympusnya hanya E420…?tapi gambarnya E620
    secara saya masih newbie ….sedang belajar motret pakai E620 & E5,….

    Coba dibahas jg value for moneynya serta kelemahan lain yang suka error di body serta lensa, Termasuk picture style,Picture control dan artfilternya.

    Semoga ini bukan berdasarkan pengalaman pribadi saja,….

  • ET Hadi Saputra February 24, 2011, 12:43 pm

    saya ga mau berdebat masalah opini orang lain, saya hanya mempermasalahkan artikel anda diatas.
    lain kali di edit lagi ya Boss… sebelum ditayangkan. pernyataan2 Om diatas banyak yang kontradiktif, silahkan dibaca lagi deh. jangan sampai menyesatkan.

    (btw, comment yg ini ga perlu di approve).
    Salam jepret.

  • rocknrollswindle February 24, 2011, 12:26 pm

    keterbatasan sensor kecil memang di iso tinggi,tapi generasi saat ini iso tinggi sensor kecil sudah bisa menyamai kamera ber sensor APS
    kenyataan nya tidak begitu, sensor kecil memiliki kepadatan pixel yang tinggi, bisa dikatakan 2x kepadatan sensor besar..jadi sebenernya tidak ada croping factor (seperti APS) di sensor kecil nya olympus, yang ada itu faktor kesetaraan..jadi sebelum menulis,sebaiknya pelajari dulu masing2 sistem dengan benar dan coba dulu

    • Enche February 24, 2011, 12:35 pm

      Daripada berdebat soal hal ini, coba cek di DXOmark, dimana ada test kualitas sensor secara kuantitatif antara Olympus seri terbaru E-5 dengan kamera segenerasi seperti Nikon D7000 dan Canon 7D.

  • ET Hadi Saputra February 24, 2011, 9:10 am

    Izin koreksi ya Gan, banyak yang salah info tuh mungkin khilaf menyimpulkan. Antara lain;
    – DSLR punya sensor besar? ga salah tuh.
    – memiliki fungsi Manual dan Digital? maksudnya gimana Om? DSLR itu kependekan dari Digital Single Lense Reflex. Jelas-jelas digital ya, jadi bisa manual dalam artian gimana?
    – Kamera DSLR punya fitur video hanya sebagai tambahan, jadi ga termasuk nilai plus untuk bersaing, lha wong kamera photo kan? bukan video?
    – Model Sony DSLR ga ada yg mirip2… silahkan simak spesifikasinya.
    – kalimat “Ada beberapa keunikan di kamera-kamera Sony….” semua yang disebutkan kayaknya kayanya salah deh. Semua kamera DSLR punya fitur yang disebutkan, walau ‘penyebutannya’ berbeda2. Kalau mau disebut unik, justru ada di Olympus; misalnya a). 8 tahun yang lalu sudah memasukan fitur SSWF, suatu jenis pembersih debu otomatis dipermukaan sensornya. b). Pertama menggunakan sensor 4/3 yg berukuran kecil tapi ternyata menghasilkan image quality yg lebih bagus, sehingga akhirnya diikuti Leica, Panasonic, bahkan sekarang Carl Zeiss dan lainnya. c). Kamera DLSR tua Olympus sudah punya swivel monitor dan live view.
    – hati2 kalau bilang hasil “kualitas foto maksimal dari sensor 4:3 ini agak kurang terutama di ISO tinggi”, apa jadinya Canon 7D diadu ama Olympus E3 atau Leica M?
    Masih banyak deh, tapi stop disini dulu… just wondering if I am in the right track or not… Salam.

    • Enche February 24, 2011, 9:44 am

      Halo thanks buat inputnya, saya setuju yang point 1-2 karena kurangnya konteks dan kesalahan ketik (sudah diperbaiki). Kamera DSLR merupakan kamera dengan sensor relatif besar dibanding dengan kamera saku/cellphone (yang lebih banyak dipakai orang awam).

      – Yang kedua maksudnya adalah fungsi manual dan otomatis.

      – Yang ketiga saya pikir ini merupakan keunggulan juga meski memang ga semua orang menghargainya.

      – Model kamera DSLR Sony secara spesifikasi memang tidak sama semua, tapi mirip-mirip, contoh: A200-A290-300-350, ada pula A330-A380-A390, A500 yang mirip dengan A550, A850 mirip dengan A900.

      – Yah SSWF ga bisa disebut unik lagi dong karena semua udah ada fitur tersebut. Demikian juga swivel lcdnya kamera Olympus yang lama. Saya sebut unik disini dikarenakan di tilt-lcd screen Sony banyak ditemukan dari kamera pemula sampai tingkat menengah, disaat yang sama, kamera merek lain hanya memiliki 1-2 DSLR yang memiliki layar LCD putar.

      – Bukannya kenyataannya memang begitu? inilah keterbatasan sensor gambar yang berukuran kecil.

  • intan February 24, 2011, 3:34 am

    Hallo,aku intan,13thn suka sama photography,mau nanya nih. Aku kan skrg pake sony a230. Pengen ganti, kalo pentax k-x sama canon 550D harga relatif dijakarta skrg brapa ya? Info yaaa makasiih:)

    • Enche February 24, 2011, 5:06 am

      Halo intan, soal harga abang kurang tau. Coba cek di toko online seperti bhinneka.com, focusnusantara.com, jpckemang.com atau yang lainnya.

  • Jefri February 23, 2011, 4:00 pm

    Pak, mo tanya lagi,,Di nama produk eos, knp ada yang 500d/Kiss X3, apa artinya “Kiss X3”? Lalu untuk di beberapa toko kamera online, menawarkan kamera dengan store warranty. Apakah ada perbedaan kualitas jika dibandingkan dengan membeli yang garansi pabrik? Menurut Bapak, secara pribadi, lebih baik membeli yang garansi toko/pabrik??Terima kasih

    • Enche February 23, 2011, 7:34 pm

      Kiss X3 itu penamaan model untuk kamera itu di Jepang. Spesifikasinya saja dengan 500D.

      Saya kurang begitu tau soal garansi yang mana yang lebih baik. Tapi feeling saya mengatakan garansi pabrik lebih baik karena mereka sparepartnya lebih lengkap dan pasti original. Sedangkan garansi toko, ya tergantung tokonya, kalau tokonya memang lengkap dan besar, mungkin oke, tapi kalau tidak bisa agak lama servisnya atau bisa jadi kurang memuaskan.

  • fahru February 23, 2011, 12:29 pm

    mas mau tanya neh

    saya kepengen beli kamera di daerah batam dan saran menurut mas gimana dan saya harus melihat apa-apanya biyar tidak salah/ di bohongin dari penjual mas???

  • Bob February 22, 2011, 2:38 pm

    Mf nih mas sblm ny kq stiap yg tny antra nikon ato canon sll dsaran plh canon tp mas ny gk ad ksh tw alsannya knpa?
    Ap dsni dspnsori m merk trtntu?
    Soalny sy jg dlm kbmbngan dlm mlh canon 60d or nikon d90?

    • Enche February 22, 2011, 9:42 pm

      Gak ada yang sponsorin sih. Alasannya memang kamera Canon 60D lebih baik dari Nikon D90. Kalau modelnya lain lagi, contohnya Nikon D7000 dengan Canon 60D, saya lebih merekomendasikan Nikon D7000 dan seterusnya.

  • Benny February 21, 2011, 9:48 pm

    Ada dua pilihan camera yg mau saya beli, Canon 550D dan 1000D, pilihan saya jatuh pada 1000D, tetapi pertanyaannya apakah 1000D bisa rekam Video Klip sama seperti Canon 550D?

    Terima kasih.

    • Enche February 21, 2011, 9:50 pm

      tidak bisa

  • Jefri February 16, 2011, 2:33 am

    Betul Pak , skrg sy jg nimbang2 untuk beli lensanya yang all in untuk pemula lebih baik tipe yg mn ya?18-55 atau 15-85 atau 70-200.Maaf nh saya bnr2 buta masalah ini..Untuk range harga berapa ya Pak?Lalu ada saran untuk beli di toko mana?Terima kasih banyak

  • Jefri February 16, 2011, 12:48 am

    Selamt siang pak, mo tanya, saya mo bli DSLR, pengennya sh 550D, tpi om saya nasehatin, mndingan beli body 1000D + lensa. Kl untuk lensa bagusnya yg mn y?Kl bs sh yg all in.Palingan dipake pas liburan aja sh..hehe
    Makasih banget pak

    • Enche February 16, 2011, 1:19 am

      Mungkin maksud Oommu dengan membeli kamera 1000D yang lebih murah, Jefri bisa beli lensa atau aksesoris yang lebih baik. Menurutku cukup bijak sih, karena kamera harganya turun dengan pesat, dalam 2 tahun harganya tinggal setengah harga beli saja. Sedangkan kalau lensa atau akseksoris yang baik bisa dipakai sampai bertahun-tahun dan harga jual nya juga jauh lebih baik.

  • toni February 15, 2011, 9:29 am

    @ refan : pentax memang minoritas di indonesia, tp kita ada komunitas-nya koq….di kaskus ada desa pentax, di fb ada pentax-indonesia, terus ada jg millis-nya….yg jelas biar minoritas tp solid koq….hehehehe…..

  • idho February 15, 2011, 3:31 am

    mas mau minta pendapatnya aja ini,,,
    CANON 550d, 50d, 60d ….
    lebih baik mana untuk kelas menengah ( lagi tahap belajar )

    • Enche February 15, 2011, 5:21 am

      Saya rekomendasikan Canon 60D untuk tahap menengah.

  • pangeran dandan February 14, 2011, 4:51 am

    Saya mah prosumer ajah
    HS 10 udh cukup ok buat saya

  • trebor February 10, 2011, 12:59 pm

    gan ane mw minta saran nih,ane mw beli 60d tp takut soal fiturnya yg jarang ato ga bakal ane pake(videonya),kalo d90 ada yg bilang walaupun kluaran taon 2008 tp kualitas gmbarnya lumayan . . .
    menurut agan ane harus beli yg mana?

    • Enche February 12, 2011, 11:30 am

      Gak masalah sih kalau ga pakai videonya, untuk fotografi biasa juga bagus. Saya usulkan sih Canon 60D 🙂

  • ettie tatiana February 9, 2011, 11:24 pm

    aq lgi nyari camera yg pas u moto bunga dg ukuran mini, kira2 yg cocok apa ya … ???? thank’s…………

    • Enche February 12, 2011, 11:39 am

      @ettie kameranya apa ya?

  • refan February 9, 2011, 7:04 pm

    user dslr pentax klau di indonesia udah banyak ka??

    • Enche February 11, 2011, 1:09 am

      Jarang terlihat sih, mungkin ada komunitas nya.

  • satria putra February 7, 2011, 11:25 am

    mas,pengn tanyk mas…?

    aku punya canon 1000D,trus pengn bli lensa,tapi bnyk temn yg nyrani…
    “minding ganti kamera ja ysng canon 550D”al’a fasilitas yang ada di 1000D kurang lengkap………
    nurut mas gmn ya…?

    • Enche February 9, 2011, 4:15 am

      Bagi saya lebih baik ganti lensa karena Canon 1000D sudah cukup baik sebagai kamera. Lensa bisa membuat fotonya berbeda. Dan apakah memang Satria sendiri sudah memanfaatkan semua fitur 1000D dan merasa kekurangan fasilitas?

  • asror February 5, 2011, 7:38 pm

    kira2, canon 1000D, jual kembalinya bisa kembali 50% g ya???

    • Enche February 5, 2011, 9:18 pm

      Tergantung kondisi kamera dan tentunya kapan penjualan kembalinya? 1 tahun?, 2 tahun?

  • soni February 2, 2011, 10:52 am

    mas saya mau beli nikon d90 atau canon 550d atau sony a33 keperluan untuk pribadi aja foto keluarga sukur sukur bisa berkembang thanks mas

  • Aulia Rahmani January 30, 2011, 4:37 am

    mas, nikon D80 sama canon 550D mahal mana? dan bagus mana buat pemula?
    thankz…. . .

    • Enche February 1, 2011, 2:06 pm

      Wah kurang tau sih mahal yang mana, tapi dua-duanya oke buat pemula. (okean 550D dikit sih hehe)

  • Sendy January 30, 2011, 1:54 am

    Mas Enche untuk kamera Nikon D300s apakah pengendalian noise di iso tinggi yg baik masih tetap berlaku bila kita menggunakan lensa seperti SIGMA atau TOKINA? Terima kasih sebelumnya…

  • soni January 27, 2011, 9:55 am

    saya baru mau mulai nih thanks mas

  • soni January 27, 2011, 9:51 am

    mau tanya bagus mana canon550d nikon d3100 apa sny a33

    • Enche January 29, 2011, 4:20 am

      Untuk keperluan apa dulu ya. Secara umum Canon 550D yang terbaik, tapi masing-masing kamera memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Misalnya Sony A33 memiliki lcd putar dan mengunakan jendela bidik elektronik (bukan optik seperti Canon 550D atau Nikon D3100).

  • Nila January 27, 2011, 12:48 am

    Akhirnya, mas Enche bicara Sony juga… hehehe.. 🙂
    thanks mas.

  • Fania January 26, 2011, 11:26 am

    Mau nanya nih..
    Saya sekarang punya budget sekitar 8 juta. Nah rencananya saya mau beli CANON. Cuma masih bingung mau ambil yang 1000D atau 550D.
    Saya sih lebih tertarik sama yang 550D, cuma setelah saya tanya sana sini banyak yang ngasih saran saya sebaiknya ambil yang 1000D aja karena masih pemula, selain itu 1000D kayaknya bentuk body lebih bagus. Kalo menurut mas gimana ya? Saya memang masih pemula (belum pernah pegang kamera DSLR sama sekali), jadi lebih bagus ambil 1000D atau 550D supaya ntar ga rugi?
    Oh iya terus apa aja kelebihan dan kelemahan antara dua kamera itu? Makasih infonya ya 🙂

  • Danen January 26, 2011, 9:31 am

    Wah pengasuh ini plg suka sekali dengan merk Canon, kalau aku pertimbangannya dari segi ketahanan dan jual kembali, kualitas dan ketersediaan lensa di pasaran, pilihan aku jatuh pada merek Nikon dari pada canon, Nikon D100, D 200, D70 dulu pake analog Nikon FM, Nikon FM2, Nikon FE, Nikon F 5 rasanya mantap dech..sekarang aja masih aku pake selagi film masih di jual nggak aku lupakan dan kalo dijual lagi harga nggak jatuh, dari segi bandel rasanya D 1000 kurang alias ringkih (maaf_) kalo pillihan tetep nikon, tapi aku ingin coba melirik Soni Alpha dengan pertimbangan harga murah dengan kualitas baik katanya sebab blm pernah coba…

  • teddy kristiyan January 22, 2011, 7:14 pm

    trims to ENCHE yang sudah banyak menulis dan berbagi pengalaman dengan kita semua..
    sekedar berbagi pengalaman..
    pada awalnya saya jatuh cinta dengan canon dslr pemula, karena banyak temen saya memakainya.. namun begitu mengetahui kualitas ketajaman foto yang dihasilkan, saya patah hati (solusinya adalah mengambil dengan format RAW, tapi tidak semua org mau repot2 etk mengedit dsb, dan lagi ukuran filenya yang borors).. saya pribadi membandingkan canon eos 500d dan nikon d40x (indoor dan outdoor, membandingkan file jpg fresh from camera).. mgkn emang nikon d lengkapi lensa kit yang diatas rata2 kualitas lensa kit merk lain (hampir semua fotografer setuju akan hal ini), tapi kualitas sensor image juga tidak kalah menentukan hasil akhir sebuah gambar.. kelemahan nikon adalah harganya yang lmyn mahal dan Megapixelnya yang sedikit (d crop dikit dan abis) dan sensor gambarnya yang kekuningan (coba deh foto tembok putih dengan seluruh pengaturan standar).. sampai akhirnya saya skrg memakai sony A580, kamera yang cukup lumayan dengan budget terbatas, ketajaman cukup baik (beberapa org mengatakan terlalu tajam shg berkesan kasar), kaya fitur (HDR, DRO, Auto ISO dgn multi shoot, FPS yg cukup baik, auto fokus cepat dll).. memang lensa kit nya jelek, tapi toh dengan tambahan lensa Zeiss 16-80, total harganya masi d bawah nikon d7000..
    yeah, ini hanya pengalaman pribadi saya, tidak bermaksud promosi satu merk tertentu… CMIIW

    • Enche January 23, 2011, 2:06 am

      @Teddy: thanks buat sharingnya, saya pikir Sony A580 memang kamera yang mantap, sensornya sama dengan kamera yang lebih mahal seperti Nikon D7000 atau Pentax K-5

  • Aldi January 22, 2011, 3:27 am

    mas. mana yang lebih baik
    budget 10 jt
    antara kamera nikon D90 atau canon 60D
    terima kasih mas atas masukan nya

    • Enche January 23, 2011, 2:06 am

      @Aldi: bagus Canon 60D

  • icha January 20, 2011, 12:54 pm

    mas kalo canon d550 sama nikon d3100 mending ya mana ya ?

    • Enche January 23, 2011, 2:05 am

      @icha : Mending Canon 550D

  • Hand January 20, 2011, 8:09 am

    Mas, untuk Canon 1000D apa juga ada fitur untuk merekam video ? trims

    • Enche January 20, 2011, 8:28 am

      Gak ada Hand

  • Enche January 20, 2011, 3:51 am

    Paling murah, cakap dan baru ya Canon 1000D dengan 18-55mm IS dan 55-250mm IS. Kalau tidak, cari kamera/lensa bekas, mungkin bisa dapat diskon yang lumayan.

  • tri January 20, 2011, 3:43 am

    kalo gitu, pilihan kamera yang bagus budget minim yang dapat 2 lens (biasa + tele) apa dong … tks lagi

  • Enche January 20, 2011, 3:11 am

    @dior

    Canon 550D memiliki fitur untuk merekam video clip, Sony tidak ada.
    Sony A500 memiliki LCD yang bisa diputar ke atas kebawah, auto focus nya cepat waktu mengkomposisikan foto dengan layar LCD. Sony juga ada built-in peredam getar yang dinamakan steadyshot.

    Di lain pihak, Canon 550D memiliki resolusi foto yang lebih besar 18mp vs 12 mp. LCD 550D ga bisa diputar tapi resolusinya lebih tinggi (910k vs 230k). Interface (antar muka) penempatan tombol-tombol dan susunan menu Canon 550D sedikit lebih baik dari Sony A500.

    Secara umum, dua-duanya merupakan kamera yang cukup cakap.

  • Enche January 20, 2011, 2:59 am

    @andiarso dan tri

    Kekurangannya dibandingkan dengan DSLR Canon atau Nikon terletak pada ukuran sensor yang lebih kecil, sehingga kualitas foto juga sedikit dibawah mrk. Sedangkan kelebihannya adalah ukurannya sedikit lebih kecil dan ringan. Lensa-lensanya juga kecil dan lebih pendek daripada lensa-lensa Canon atau Nikon. Di dalam bodi kamera juga ada built-in image stabilizer, jadi setiap lensa yang dipasangkan dapat menikmati fasilitas ini.

    Kelemahan lainnya yaitu Olympus tidak akan mengembangkan lebih lanjut sistem ini, tidak seperti Canon, Nikon, Pentax, Sony. Olympus sibuk dengan sistem micro four thirds seperti Olympus E-PL2.

  • tri January 20, 2011, 2:21 am

    mohon infonya, saya ada niat banget beli olympus E-450, hanya saja saya ingin tahu detail kelebihan dan kekurangannya. trus apa kekurangannya itu bisa ditutupi dengan bagaimna teknik memotret dan mensetting kamera? thank you

  • dior January 20, 2011, 1:17 am

    mas, numpang nanya. Mana yang lebih canon d 550 ato sony a 500 … apa kelebihan dan kekurangannya di setiap kamera ?? terima kasih mas enche atas jawabannya ….

  • Taufiq January 19, 2011, 9:32 pm

    mas,mau tanya,,saya pemula dan ingin membeli kamera DSLR…budget 4-5 juta saja…kira2 bagusnya beli kamera apa mas?

    • Enche January 20, 2011, 1:05 am

      Canon 1000D

  • andriarso January 19, 2011, 8:56 pm

    Saya tertarik utk beli olympus E-450 karena murah dan bisa dpt 2 lens sekaligus. Mhon bantuan sharing dari yang ahli perihal keunggulan dan kelemahannya apa aja yach… Apa kalo ada kelemahan bisa kita tutupi dengan teknik motretnya atau pengaturan menu. Apa yg mas enche bilang kalo olympus ga bagus di ISO tinggi jg terjadi di tipe E-450. Tks infonya

  • joni January 19, 2011, 10:55 am

    saya ada rencana mau beli kamera baru, pilihannya jatuh pada merek canon, tapi saya masih bingung milih antara 1000D sama 550D. mohon advise nya ya….

    • Enche January 23, 2011, 8:25 am

      @joni: kamera Canon 1000D termasuk kamera digital yang paling murah saat ini dengan teknologi yang cukup baik. Sedangkan yang 550D, punya teknologi yang lebih baik juga bisa merekam video clip. Saya pikir kalau memiliki dana yang besar, 550D adalah pilihan yang cukup baik, tapi kalau pas-pasan (kurang dari 7 juta), lebih baik 1000D, lalu sisanya beli lensa tambahan atau aksesoris.

  • Deny January 19, 2011, 12:12 am

    Kalo Nikon D80 kelemahannya & kelebihannya apa ya…

    • Enche January 19, 2011, 12:48 am

      dibanding kamera apa Den?

  • Enche January 18, 2011, 8:44 am

    @Ida, Nikon D70S itu sebenarnya sudah cukup lama, tepatnya tahun 2005. Soal harga, lumayan baik sepertinya, karena lensanya sekitar 1 juta masing2. maka kameranya hanya 3 juta. Hanya takutnya kameranya sudah sering dipakai selama 5 tahun belakangan jadi masa hidupnya sudah tidak lama.

    Sebagai kamera keluaran 2005, D70s tentunya banyak kelemahannya, misalnya layar LCD yang hanya 2 inci, sedangkan kamera sekarang kebanyakan 3 inci. Resolusi gambar juga hanya 6 megapixel sedangkan yang baru-baru sekitar 12-18 megapixel.

    Dibandingkan kamera pemula saat ini, D70S punya kelebihan yaitu punya layar LCD diatas kamera dan dua kontrol dial. Lensa kitnya, 18-70mm juga termasuk lensa yang cukup baik untuk ukuran kit lens.

  • ida January 18, 2011, 8:33 am

    mas, aq mau nanya nich…
    keunggugulan nikon D70S, dimananya ya… & apa pula kelemahannya??
    Oh, iya kan aq baru beli Nikon D70S, lensa 18-70mm + 70-300 mm +aksesoris yg lain, dg hrg 5 jt menurut mas, kira2 itu kemahalan ato uda segitu hrganya.
    barang tsb baru dibeli seorang tmn thn 2010 kmrn.

  • Enche January 18, 2011, 7:58 am

    @Angga, dengan dana 7 jt agak terbatas untuk membeli kamera yang agak canggih dengan beberapa lensa. Jadi saya sarankan untuk ambil kamera Canon 500D dengan kit lens 18-55mm IS dan juga lensa 50mm f/1.8

  • ekki January 17, 2011, 8:24 am

    mas enche
    saya punya budget 6jt
    mw coba belajar DSLR
    kira-kira beli kamera merk n seri berapa y???

  • CH7 January 16, 2011, 8:54 am

    Mas Ence,aku baru mau blajar,udah beli Canon7D,lensa yg baik untuk Model dan Foto pemandangan apa yah.kalau bisa satu lensa untuk dapet 2 fungsi.mohon pencerahannya

    • Enche January 18, 2011, 7:52 am

      Di dunia SLR, jarang lensa yang memiliki banyak fungsi. Kalau foto pemandangan biasanya yang dicari adalah lensa lebar, seperti Canon 10-22mm f/3.5-4.5, kalau potret biasanya Canon 50mm f/1.4 atau 85mm f/1.8

  • Michael January 16, 2011, 7:58 am

    bro.. w tny klo nikon d90 masih termaksud kamera pemula gak?
    soalnya w pake d3000 udah bosan.. menunya kurang byk..
    tapi sih w puas pake nikon karena nikon gambarnya tajam bgt dri pada canon..
    menurut bro ne mau tukar ke d90 atau d7000 nikon ne bro? thx

    • Enche January 18, 2011, 7:53 am

      Nikon D90 termasuk kamera mid-range alias berada diantara pemula dan canggih. Demikian pula D7000. Kalau yang canggih model2 seperti Nikon D300s.

  • Angga January 16, 2011, 6:00 am

    mas enche, maaf saya ikut nimbrung
    sama seperti pertanyaan dodi, saya jg seorang pemula yg ingin membeli kamera + kombinasi lensa yg kira2 bisa saya pake beberapa waktu ke depan untuk out door maupun indor serta dana yang tersedia sekitar 7 jt-an, kl blh diperinci kombinasi apa yg disarankan mas enche
    terimakasih untuk pencerahan nya mas

  • Farizal January 14, 2011, 11:24 pm

    Mas Enche, apa manfaat lain USM pada Lensa Canon selain fokus yg lebih cepat dan suara yg lebih lembut ? apa ada beda kualitas lensa diantara keduanya ???

  • Enche January 14, 2011, 11:21 am

    Fer, keunggulannya di ada steady shot di bodi kamera, jadi lensa apa saja yang dipasang dapat menikmati fasilitas anti-blur ini. Simpel, dan cocok buat pemula, dan gak terlalu keras bunyi saat jepret.

    Kekurangannya menurut saya si desainnya kurang ergonomic, ga gitu pas ditangan jadi kalau lama2 megangnya jadi agak pegel.

  • Ferry Amuriawan January 14, 2011, 11:14 am

    Bagaimana dengan Sony A 230 bang….?

  • mario January 14, 2011, 1:40 am

    kalau sama2 punya dana 8 jutaan, mending beli DSLR entry level atau four third? saya baru belajar foto dan belum punya kamera

  • dody January 13, 2011, 9:48 pm

    mas maaf mau tanya nih saya pemula tapi saya pengen beli camera yg ok buat out door or indor jadi sekalian invest gitu baiknya pake apa mas??
    terimakasih

    • Enche January 15, 2011, 8:31 am

      Anggarannya berapa dod?

  • jay sonjaya January 10, 2011, 11:05 pm

    thanks infonya mas..
    sy pemakai sony alpha A550 dan sangat beruntung memilih sony selain teknologinya sudah canggih sony bisa memakai lensa2 dari konica minolta yang terkenal dengan ketajamannya hehehe..

  • Rizal Djohan January 10, 2011, 8:48 am

    Ulasan mengenai perbedaan2 utama dari masing2 merknya terkesan seadanya, sangat kurang mengena. Tidak dijelaskan bahwa untuk kelas middle entry, kualitas 4/3 olympus sama saja kualitasnya dengan APSC, tentang ketajaman nikon yang paling baik di antara semua merk dengan semua lensa nikon, ketahanan nikon dan olympus di atas canon dlm hal cuaca, akurasi olympus dlam warna yang di atas semua merk, tentang kebeningan lensa olympus zuiko yang luar biasa walaupun sensor DSLR yang lebih kecil, canon yang cenderung lemah dalam akurasi focus namun tonal dan ketajaman yg lembut sehingga lebih disukai banyak pihak utk memotret model namun baik dalam low lite terutama di kelas fullframe, dll dll

  • Dicky Ahmad January 10, 2011, 6:13 am

    Hmmm, keren infonya, berarti ini merupakan akhir dari perjalanan 4:3 sensor dari Olympus yah?? Padahal saya suka warna hasil jepretan dari Olympus.

    • Enche January 11, 2011, 1:38 am

      Belum berakhir, tapi berubah bentuk jadi kamera seperti Olympus E-P1, E-PL1, dan kamera-kamera Panasonic seperti GF1, G2 dst.

      Olympus masih memproduksi lensa dan kamera yang sudah ada, tapi tidak akan diperbaharui lagi.

  • Roenhalz January 10, 2011, 5:18 am

    Om enche, kalo liat di price list kamera leica punya harga yang relatif mahal diatas yang lainnya, emang apa kelebihan leica ?
    thx

  • pemblajar January 9, 2011, 8:03 am

    mohon pertolongan dr temen2 yg sangat pinter2……
    komentarnya di atas mengulas jenis2 kamera /nikon canon/ pentax/ dll, dll……..
    saya agak ngeganjel dr komentar2 yg ada….. ko semua ga ngasih tau kelebihannya apa OR kekurangannya apa…..
    bisa ga saya di spesifikasikan kekurangan dan kelebihanya………….

  • ananta January 9, 2011, 4:38 am

    salam kenal mas..
    kalau indoor mas, eos 550d plg ciamik pakai lensa jenis apa..? thx b4..

  • lulu January 8, 2011, 1:41 pm

    informasi yang sangat bagus mas,
    terima kasih atas pencerahannya…
    saya selalu mengikuti update infofotografi karena bagi saya sangat bermanfaat…

  • Rulli January 8, 2011, 11:26 am

    mas mau nanya nich………….
    saya bingung pa beda camera crop sensor dengan full frame
    tu maksudnya bodi or lensanya??????

    • Enche January 8, 2011, 11:28 am

      bodinya, tepatnya ukuran sensor kameranya.

  • nurlian January 8, 2011, 9:30 am

    klo sy pake sony 330 ok jg kok gambar nya

  • isan January 8, 2011, 1:36 am

    mas ..
    mau nanya nih ,,,
    klau nikon gmana ,,,,??
    saya mau beli antara canon 100od atau nikon d3000
    . pilih yg mana mas???

    • Enche January 8, 2011, 9:42 am

      Dua-duanya cukup baik untuk pemula, tapi kalau harus memilih saya cenderung Canon 1000D.

  • ory January 7, 2011, 7:12 am

    ada nya paket itu sih mas enche… haha , ok brarti cukup worth it kan yah dengan 7 juta kurang ambil kit yang ini ? hehe.. klo beli kit lalu tambahan lensa 50-200 kena nya diatas 7 juta.. haha.. tapi emang bener yah klo lensa kit itu emang kualitas nya dbawah klo kita beli terpisah ? secara image quality gitu yah ? ato secara built doank ? hehe.. thx lagi loh mas..

  • arahutara January 7, 2011, 6:36 am

    salam kenal,….
    saya mau tanya pendapat mas ence,.. kira2 perbeda’an yg signifikan, apabila saya mau ganti gear dg nikon D3 /D3s ? sekarang saya masih pakai D700. dan apakah lensa yg saya pakai (12/24 – 24/70 – 70/200 ) akan berfungsi lebih maksimal?
    terima kasih banyak atas ulasan2nya…

    • Enche January 8, 2011, 9:45 am

      Hasil fotonya mirip-mirip, terutama D700 dan D3. D3s itu lebih baik sedikit di ISO tinggi. Tapi tidak akan berbeda secara signifikan. Yang beda cuma kualitas bodi kamera dan kecepatan performa kamera.

  • Enche January 6, 2011, 2:27 pm

    Sip sip 🙂 Kenapa gak dengan Pentax 55-200mm? Kayaknya lebih bagus dealnya, murah, ringan dan maksimum bukaannya lebih besar sedikit di 55mm.

    55-300mm juga bagus, cuma lebih mahal dan berat, di kamera kx, 200mm itu sudah cukup jauh loh jangkauannya.

    Soal servis Pentax saya kurang tau sih, tapi jangan kuatir juga soalnya shutternya kan udah di tes sampai puluhan ribu, jadi cukup lama umurnya apalagi gak begitu sering dipakai.

  • ory January 6, 2011, 12:47 pm

    6,8an yang double kit k-x…
    ehmm klo lensa 55-300 nya gmana ? termasuk kategori baik kah untuk lensa tele secara kualitas , konsistensi , build quality , dll ?
    ato mending ambil pentax kx kit biasa ajah ? sekitar 5.2 juta an.. lebih murah beberapa ratus ribu dari 500d kit..
    saya kepincut gara-gara fitur2 yg dtawarin pentax sih, hehe.. lebih banyak fitur untuk dipelajari dibandingkan canon ato nikon..
    oh iyah klo masalah shutter button kan harus dganti klo udh mencapai shutter count tertentu , misal pentax di indonesia ni bisa dganti ke tempat2 servis biasa ga yah ? kan kebanyakan pentax yg masuk ke indo tidak melalui distri resmi nya.. thx bos enche..

  • Umar January 6, 2011, 4:14 am

    mas Jabrix
    Nambahin usul, gimana kalau body kameranya pakai yg 1st entry aja, 1000D atau 450D (2nd) dan cari lensa yg cukup cakupannya shg bs utk sehari-hari. Mungkin Tamron 17-50mm f/2.8 VC jadi total sekitar 7jt an.
    Dengan demikian langsung bisa beraksi dengan mantab..
    Maaf kalau berlebihan, sekedar saran…

    • Enche January 6, 2011, 5:08 am

      Salah pikir ide yang baik sih, jangan habiskan sebagian besar uang untuk kamera atau lensa saja, perlu juga pertimbangkan aksesoris seperti tripod dan lampu kilat, dan juga ongkos belajar foto.

  • jabrix January 6, 2011, 12:36 am

    alhamdulillah ada tambahan budget 2 jeti neh mas…
    klo yg 7 jt rekomend dari mas enche apa neh???
    mohon masukannya mas… 🙂
    maaf klo banyak nanya…

  • ory January 5, 2011, 11:36 am

    mas , klo pentax k-x sama d5000 dan 500d mending mana ? ada rencana beli pentax k-x double kit sama 18-55 dan 55-300, worth it ga yah ? thx..
    *reply ke email jg boleh klo sempet..hehe..

    • Enche January 6, 2011, 5:06 am

      Berapa tuh beda harga dengan Canon? Pentax kx pada umumnya kamera yang sangat baik, terutama untuk pemula. Tapi kalau harganya lebih mahal, mendingan Canon 500D. Ada pula concern saya terhadap Pentax di Indonesia adalah tentang pelayanan purna jualnya yang mungkin ga sebanyak Canon/Nikon atau Sony.

  • ayumi yamasaky January 5, 2011, 10:05 am

    suka dengan infonya mas,,,mkshh…

  • Enche January 5, 2011, 2:23 am

    Bagus 450D dong

  • jabrix January 5, 2011, 1:38 am

    oh sori lupa 5 jutaan mas… saya sih cenderung k canon…
    klo Canon EOS 1000D sama Canon EOS 450D, kira2 bagusan en enakan mana ya mas???
    thanx

  • jabrix January 5, 2011, 1:19 am

    info yg sangat bermanfaat… kebetulan saya newbie yg tertarik dengan fotografi…
    jadi kalo menurut saran Mas Enche… buat pemula seperti saya cocoknya pake yg mana ya???

    • Enche January 5, 2011, 1:30 am

      anggarannya berapa jab?

  • Enche January 4, 2011, 11:02 pm

    objektif kali maksudnya hehe

  • tukangpoto January 4, 2011, 8:32 pm

    Sebuah informasi yang lugas dan jujur dari oom Enche, subyektif dan nggak ada unsur promosi..cool!

  • kurniawan January 4, 2011, 3:06 am

    kalau untuk panasonic gimana mas? kan lensanya kebanyakan pake punyanya leica ya??

    • Enche January 4, 2011, 3:09 am

      Panasonic mengembangkan sistem baru (bukan DSLR) yang lebih kecil, namanya micro four thirds. Untuk lensanya terutama yang berkualitas, Panasonic bekerjasama dengan Leica.

Leave a Comment