≡ Menu

Keunggulan dan kelemahan sistem kamera DSLR : Canon, Nikon, Sony, Pentax dan Olympus

Banyak yang menanyakan apa keunggulan dan kelemahan suatu sistem kamera DSLR. Pada umumnya, semua kamera DSLR hampir sama: memiliki sensor berukuran besar lebih besar dari kamera saku/ponsel, memiliki fungsi manual dan otomatis. Yang membedakan biasanya adalah desain, fitur dan koleksi lensa dan aksesorisnya.

Sulit mengatakan sistem mana yang terbaik karena masing-masing punya keunggulan dan kelemahan. Selain itu juga tiap model berbeda-beda dan punya keunggulan-kelemahan sendiri pula.

Menurut pengamatan saya selama dua tiga terakhir ini, saya akan ulas secara singkat beberapa keunikan sistem kamera DSLR yang populer.

canon-1000d

Canon 1000D, salah satu kamera pemula termurah saat ini

Canon: Salah satu sistem kamera DSLR kamera yang paling populer di dunia. Canon memiliki koleksi lensa yang lengkap dari yang berkualitas rendah sampai tinggi. Kamera-kameranya juga lengkap dari untuk pemula sampai yang sangat canggih untuk profesional kelas atas.

Saya menyukai kamera-kamera pemula merek Canon dibandingkan dengan merek lainnya karena kamera pemula Canon seperti 1100D, 600D dan 650D saya pikir mudah digunakan, antar muka dan menunya juga sangat rapi dan terorganisasi dengan baik. Kekurangan kamera pemula Canon yaitu bahannya agak murahan dan tidak begitu enak gengamannya.

Satu-dua tahun terakhir ini, Canon lebih fokus dalam pengembangan kamera DSLR yang bisa merekam video clip. Sampai saat ini, hampir semua kamera DSLR Canon melampaui pesaingnya dalam urusan merekam video. Link pembelian kamera Canon : Bukalapak | Lazada

Nikon D3S, kamera canggih idaman fotografer, terutama yang untuk event atau photojournalistik

Nikon D3S, kamera canggih idaman fotografer, terutama yang untuk event atau photojournalistik

Nikon: Sama seperti Canon, sistem Nikon bisa dibilang cukup komplit. Banyak lensa Nikon yang berkualitas tinggi dan lebih mahal dari Canon. Saya menyukai kamera Nikon terutama yang canggih (D700, D3s) karena auto fokusnya bekerja sangat baik, mungkin yang terbaik dibandingkan merek lain. Pengendalian noise di ISO tinggi juga sekelas diatas merek lain, sehingga cocok digunakan untuk foto di kondisi ruangan yang gelap.

Tidak seperti Canon, saya tidak begitu menyukai kamera pemula Nikon (D40, D60, D3000, D3100) karena antar mukanya saya pikir kurang baik. Contohnya menu yang susunannya kurang rapi dan juga tombol-tombol yang tersedia kurang untuk mengakses settingan yang sering dipakai. Selain itu, kamera pemula Nikon tidak memiliki motor auto fokus sehingga untuk beberapa lensa lama, tidak bisa mengunakan auto fokus (hanya manual). Bukalapak | Lazada

Sony: Sony adalah pendatang yang relatif baru, tapi teknologinya mengunakan teknologi Konica Minolta yang di akuisisi Sony beberapa tahun yang lalu. Sony cukup agresif dan banyak mengeluarkan model-model baru setiap tahunnya, tapi model-model kamera tersebut mirip-mirip. Sony juga memiliki deretan model kamera dari yang untuk pemula sampai untuk yang profesional, meski yang untuk profesional tidak secanggih dan sebanyak Canon & Nikon.

sony-nex-5

Sony NEX-5, kamera mirip SLR yang dikembangkan Sony satu tahun terakhir ini

Ada beberapa keunikan di kamera-kamera Sony dibanding Canon dan Nikon. Misalnya kamera-kameranya ada fitur built-in steady shot yang membantu mencegah foto blur karena getaran tangan kita (kalau Canon & Nikon fitur ini terletak di lensa). Lalu banyak kamera Sony juga memiliki dua sensor auto fokus sehingga auto fokus saat mode live view (seperti kamera saku) jauh lebih cepat daripada kamera merek lain. Selain itu, banyak model kamera Sony yang memiliki layar LCD yang bisa di putar sehingga memudahkan komposisi foto diatas kepala atau dibawah kaki.

Dalam perkembangannya, kamera pemula Sony tidak begitu berubah dalam fiturnya, paling hanya desain yang sedikit berubah. Untuk pilihan kamera canggihnya, Sony tidak menawarkan banyak, A700 dan A900 sudah cukup lama belum di perbaharui.

Di pihak lain, Sony gencar dalam memproduksi kamera-kamera mirip DSLR seperti Sony A55, A33, dan Sony NEX-5, NEX-3 dst.  Bukalapak | Lazada

Pentax: Pentax bisa dibilang pemain kecil di kancah kamera DSLR, tapi desain kamera Pentax sebenarnya cukup baik. Fokus Pentax dalam beberapa tahun terakhir adalah tampil beda (Be Different). Kamera DSLR Pentax seperti km, kx kecil tapi kokoh dengan fitur yang cukup bersaing. Keunikan kamera ini adalah memakai batere AAA universal, sehingga kalau kehabisan batere, bisa langsung membeli di toko terdekat. Pentax k-x juga tersedia dalam berbagai warna seperti putih dan merah.

Warna warni Pentax k-x hanya tersedia di Jepang

Warna warni Pentax k-x. Sebagian besar hanya tersedia di Jepang

Lalu Pentax juga memiliki K5, yaitu kamera SLR canggih yang berukuran tidak begitu besar, tapi tahan di cuaca yang buruk, termasuk di kondisi sangat dingin. Secara sistem, koleksi lensa Pentax tidak sebanyak the big three (Canon, Nikon, Sony) tapi Pentax memiliki lensa – lensa prime/fixed yang sangat kecil dan berkualitas tinggi seperti Pentax 70mm f/2.4, 31mm f/1.4 dan sebagainya. Seperti Sony, semua model kamera Pentax juga terdapat built-in peredam getar. Bukalapak

Olympus: Keunikan sistem DSLR Olympus terletak pada ukuran kamera dan lensa yang relatif lebih kecil dan kurus. Hal ini karena Olympus memakai sensor 4:3 (four thirds), yang lebih kecil dari DSLR yang ada diatas. Akibatnya kualitas foto maksimal dari sensor 4:3 ini agak kurang terutama di ISO tinggi. Namun demikian, kualitas foto Olympus jauh lebih baik dari kamera saku. Meski kecil, kamera Olympus kecuali model E-420, juga terdapat fitur built-in peredam getar.

Olympus E-620 termasuk salah satu kamera DSLR termungil

Olympus E-620 termasuk salah satu kamera DSLR termungil

Tahun lalu adalah tahun yang kurang menggembirakan dalam perkembangan sistem DSLR Olympus. Di tahun itu, Olympus mengumumkan akan mengkonsentrasikan diri ke pengembangan micro four thirds (kamera mirip DSLR yang berukuran lebih kecil) dan menghentikan pembaharuan lensa untuk DSLR.

Demikianlah sekilas pandang sistem kamera yang ada di pasaran saat ini, semoga bisa jelas dan membantu. Bukalapak

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 895 comments… add one }
  • Saras September 9, 2011, 5:00 am

    kalo untuk pemula lebih bagusan Canon 550D atau Nikon D3S ?

    • Enche September 9, 2011, 10:24 pm

      @Saras Canon 550D. D3s terlalu rumit buat pemula

  • jay September 2, 2011, 4:39 am

    aq mau tnya bang

    apakah semua kamera DSLR tu bisa buat video ???
    tipe2 ap aja yang bisa dan tidak bisa ???

    terima kasih bang

    • Enche September 2, 2011, 5:53 am

      Satu dua tahun terakhir hampir semua kamera DSLR yang dikeluarkan bisa merekam video.

  • Rizal August 27, 2011, 9:06 am

    Sorry, kl gitu saya yg ketinggalan beritaa…. terima kasih infonya. Kita liat dulu spec A77 dan A65 di mr google.

  • Rizal August 27, 2011, 5:16 am

    Perkembangan kamera dslr sepanjang tahun 2010-2011 bagi saya kurang menggairahkan, tengok saja 3 raksasa canon, nikon dan sony tidak banyak mengeluarkan kamera baru, berbeda dr tahun-tahun sblmnya.

    • Enche August 27, 2011, 5:19 am

      Sony baru mengeluarkan beberapa kamera baru andalan, yaitu A77, A65, NEX7 dan NEX5N

  • Gede Arya August 14, 2011, 6:01 pm

    Terima kasih Gan …infonya .
    Gimana komentarnya untuk Panasonic , terutama untuk Pemula dibanding yang tiga besar tadi ?
    Terima kasih Gan

  • Himawan August 8, 2011, 9:10 am

    kalau foto trus blakangnya kayak nge blur gitu pake apa yaa?
    pake kamera slr bisa g?
    kalau ngedit males ahh, g alami gitu.
    n kalau yg belakangnya ngeblur gitu nmanya apa?
    blasnya k email aku aja himawan_aby@yahoo.co.id.
    trima kasih

    • Enche August 8, 2011, 9:22 pm

      Pakai kamera SLR bisa, terutama ketika di padukan dengan lensa berbukaan/diafragma besar.

  • Reinhard Christianwar August 4, 2011, 11:42 am

    wah bagus banget infonya. makasih ya buat infonya kak

  • arief July 28, 2011, 10:13 pm

    nice info…

  • wawan udjianda July 27, 2011, 5:18 pm

    aku mau beli Canon EOS 60 D,…18/200mm,..banyak kelebihannya ga ya….

  • imran July 25, 2011, 1:44 pm

    Salam buat semua

  • ocen July 22, 2011, 9:12 pm

    ada tips gak untuk pemakaian camera canon pada saat di ruangan gelap…supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal

  • handi July 19, 2011, 5:37 am

    minta reviewnya lagi dunk buat kamera dslr nikon ma canon yang buat pemula. biar bisa lebih detail. thanks.

  • doetsz July 18, 2011, 11:40 pm

    Makasih pencerahannya
    Mau tanya Koh, klo beli kamera dan lensa Nikon (DSLR) terus ada pilihan :
    1) lebih murah , tapi garansi toko (toko terkenal)
    2) agak mahalan (di toko lain, toko terkenal juga), garansi dari Alta Nikindo
    Dengan mempertimbangkan kualitas barang dan pelayanan purna jual nantinya, kita pilih yang mana ya ?
    Mohon pertimbanganya
    Trims

    • Enche July 20, 2011, 1:47 am

      Kalau mau dijual dalam waktu kurang dari satu tahun tentunya yang garansi Alta Nikindo lebih dihargai tinggi, tapi kalau lewat 1 tahun biasanya sama saja.

  • maulia July 14, 2011, 10:43 am

    wah bagus sekali infonya, untuk bahan pertimbangan, maklum, masih pemula…

  • wahyu July 13, 2011, 12:01 am

    wahhh.. kalo gitu sya harus lbih giat lagi nih ngumpulin uang saku sya..
    thx ya bang infonya..

    sukses selalu bang enche.. 🙂

  • Enche July 12, 2011, 11:55 pm

    lima juta lebih

  • wahyu July 12, 2011, 11:53 pm

    DSRL paling murah berapa bang ?
    trims..

  • wahyu July 12, 2011, 11:47 pm

    bang.. sya pengen nanya nih.. kira – kira kamera yang harganya terjangkau n bagus buat pemula ky sya cam yg mana yah ? budget cuma skitar 4jt-an..

    trims.. 🙂

    • Enche July 12, 2011, 11:48 pm

      Kamera DSLR atau compact? kalau DSLR agak susah budget 4 jutaan, paling cari yang bekas

  • thya July 4, 2011, 9:28 pm

    klo menurut sya merk bukan masalah yg penting cara qt , MENGENALI KAMERA BERKREATIFITAS, CHAYA, DAN UPGRADE LENSA tentunya.hehehe. sya sndiri pk pentax k-x yg umumnya jrg yg gunain n umumnya org awam jarang ada yang tau merk ini (kecuali orang awam yg lahir jaman dulu cz pentax dlu jg msk the best analog camera). contoh kecil:sya pernah membandingkan hasil jepretan dengan canon 60d milik teman. tp bukan bermaksud smbong hsl tonal lebih tajam dr tmn sya. krna tmn sy msh awam dengan kameranya sendiri. br bisa menggunakan fitur basic kamera. jd yg pnting kenali kamera yang km punya, tunjukkan kretifitas yang ada, gunakan cahaya maksimal mungkin, dan klo udah kenal kmra sndiri jgn lupa upgrade lensa. hehehe..

    no offense

  • ardian July 4, 2011, 11:30 am

    mas,saya pemula banget nih dan pengen punya DSLR,lebih baik pilih apa ya??(budget 7 jutaan lah)….

    • Enche July 4, 2011, 3:07 pm

      Bagaimana kalau Nikon D5100? atau Canon 550D? juga oke 🙂

  • Toni June 29, 2011, 9:57 pm

    baru dapet bukunya nih bro…..mantap sih
    tapi rasanya masih banyak yg belum ter”ulas”…..
    menurut saya jika seorang ingin belajar lebih dalam praktek langsung dan bandingkan hasil anda dengan para master di fotografi….
    #soal peralatan sesuaikan dengan buget lah…….!
    #soal hasil tergantung kemampuan kita lah…!
    #soal karya tergantung kreatifitas ….!

  • kezia June 28, 2011, 5:55 am

    mau tanya bung bro, kalo keunggulan sama kekurangannya canon 550 D ituh apa yo?? n canon 550 D ada motor autofocus nya ga??

    • Enche June 28, 2011, 10:18 am

      kezia: susah ulas kelebihan kekurangan kalau ga ada pembandingnya. pertanyaan kedua: ada

  • ndandoe June 28, 2011, 2:48 am

    bang kalo nikon d90 itu bgus n cocok g si bwt pemula ky saya,,n cocok g bwt sharihari,,klo g cocoknya itu apa??thakz

    • Enche June 28, 2011, 2:58 am

      Lumayan cocok, tapi ada yang lebih cocok dan mudah digunakan, yaitu Nikon D3100

  • mawar June 26, 2011, 11:20 am

    oiya dan kalo pentax k-x kemahalan apa yang cocok?

  • mawar June 26, 2011, 11:07 am

    ka , aku masih masih pemula, dan aku pke kamera pocket canon, waktu study tour aku bawa tuhkamera, tapi pas mau pulang tiba2 kameranya mati tanpa sebab padahal batrenya masih banyak, kira2 itu kenapaya? dan aku pengen beli lagi tapi kata ortu nabung dulu soalnya masih kelas 1 smp! nah aku tertarik sama kamera pentax k-x harganya kira2 berapa ya ? sama ada di indonesia warnaya gaklengkap? maaf kalo saya nanyanya ngaur dan kepanjangan. tolong di jawab ya ka.

    • Enche June 28, 2011, 2:53 am

      Kamera saku memang gak tahan lama, tapi saya pikir kalau pentax kx masih kemahalan, coba cari tukang reparasi kamera. Kalau komponen yang rusak diganti mestinya bisa pakai lagi.

  • Gilank June 26, 2011, 10:02 am

    Kalau menurut saya Nikon adalah produk yang memfokuskan dirinya pada Camera saja… apa ada Nikon Printer,NIkon Mesin cuci pasti gak ada.. jadi kalau saya mending Nikon sudah jelas Hanya fokus pada Camera saja.. Itu artinya Nikon sudah sangat berpengalaman..

    saya pendatang baru kira-kira baru 3 bulan pake NIkon D3100 kaya fitur…
    pengalaman juga ketika hunting bareng temen sama-sama pemula ketika sama-sama memotret temens saya kaget kog bisa cuma fokus dalam satu gambar saja.. backgroundya blur… padahal saya juga baru pemakai… tetapi di dalam Nikon D3100 terdapat User Guide untuk memudahkan Kita.. Akhirnya sekarang pesanan numpuk untuk foto wedding…

    itu pengalaman saya sorry kalau ada kata-kata yang kurang enak

  • Agus June 21, 2011, 4:40 am

    Saya pemula dan awam tentang fotografi saya ingin bertanya, Sebaiknya untuk pemula kamera jenis apa yang harus saya punyai apakah SLR atau DSLR dan merek apa yang direkomendasikan untuk pemula. Satu lagi apa perbedaan SLR atau DSLR, apakah kamera jenis SLR menggunakan pita film atau dalam bentuk digital. Terimakasih penjelasannya.

    • Enche June 21, 2011, 11:43 am

      Sebenarnya SLR dan DSLR itu sama mekaniknya, cuma yang Digital mengunakan sensor gambar tapi kalau yang bukan digital itu memakai media film.

  • bella June 21, 2011, 1:10 am

    itu kamera nya brp mp kak???? minta alamat facebook kakak dong!

  • rika June 20, 2011, 11:03 am

    mas, sy lagi cari2 dslr yg hargany sekitar 6 jutaan, dan ditunjukin canon 1100D ama D3100, kira2 menurut mas kualitas jepretannya lbh mending yg mana?
    trus kalo buat foto2 outdoor lbh cenderung ke yg mana? *maklum saya anak hutan*
    trus mas, yg terakhir! punya tutorial2 fotografiny?
    maaf kalo sy banyak tanya.. >___<

    • Enche June 21, 2011, 11:21 am

      Dari kualitas gambar dan teknologinya, Nikon D3100 lebih bagus.

  • bella June 17, 2011, 6:54 am

    kak, aku masih belajar, dan hobi fotografi aku gak didukung ortu,, jadi gak dibeliin kamera 🙁 aku masih smp kelas 1,, bagus a kamera slr ap yang kualitas mirip dslr dan harga terjangkau???*nabung 😛
    semntara ini, pake kamera hp nokia 8mp , tapi sudah bisa dapet autifokus, ya mirip kamera slr gitu. mohon masukannya 😀

    • Enche June 17, 2011, 7:13 am

      Hi Bella, saya sarankan kamera saku canggih yang punya fungsi manual seperti Canon S95, harganya sekitar 3.5 juta

  • tian June 17, 2011, 2:48 am

    klo saya lgi pake 1000d gan , , , y wlpun rada minder kebirit2 liat temen2 pke kmera dan asesorisnya yang bikin kiamat smakin dekat, its ok lah, mereka kan mampu, tp saya percaya kekuatan bkan dtg dr alatnya tp orangnya , ,wkwkwkwk

  • asun June 11, 2011, 4:21 am

    saya pakai Nikon D3100 , hasil nya lumayan bagus bagi saya seorang pemula … hehehhe dan mudah di gunakan bagi pemula seperti saya

  • ito June 9, 2011, 4:37 am

    mas enche,maaf jika saya salah..menurut saya. untuk seorang PRO atau ada yang konsultasi, lebih baik tidak membicarakan merk siapa yang bagus, siapa yang kurang..karena semua kembali ke inti semua topik..yaitu fotografi. dan menurut saya fotografi itu adalah seni melihat melalui bantuan cahaya..kritikal point adalah cahaya bukan GEAR yang digunakan saja.

    jadi pahami dulu untuk semua, jika CAHAYA yang ada sangat cukup, dijamin anda pake compact(ISO 50/ ISO100) pun hasilnya tajam..

    Salam,

    Ito

  • ito June 9, 2011, 4:16 am

    Saya baca banyak yang nanya kamera bagus itu apa…kata “BAGUS” itu relatif..

    Bagus dalam hal battere?
    Bagus dalam hal grip?
    Bagus dalam hal kualitas gambar?
    Bagus dalam hal dukungan after sales?
    Bagus………..etc.

    Kalau dibilang semua bagus, ya memang bagus..tapi semua juga ada sisi negatifnya. untuk pemula NIKON, CANON, SONY, OLYMPUS, DLL semua menurut saya tidak ada bedanya..bedanya hanya anda sanggup untuk belajar memahami kemampuan dan kelemahan kamera anda atau tidak.

    kalau menurut pengalaman pribadi untuk low end..
    N***N: best sharpness on standard lens 18-55 VRII.
    C***N: blur in standard lens, best price, more feature and more megapixel.
    SONY: best price, more feature.

    kualitas low end..terlihat di lensa awalnya, tapi tetap anda tidak akan puas kalau dibandingkan dengan lensa2 L Series, N Series, Carl Zeiss..

    semakin tinggi anda merencakan membeli GEAR, makin tinggi pula biaya yang akan anda keluarkan..itu tidak sebanding lagi dengan perkataan awal beli kamera “aku hanya pakai biasa-biasa saja”.

    tapi ingat, GEAR no. 2…No.1 tetap berlatih, berlatih dan berlatih….jadi biaya yang anda keluarkan untuk latihan mungkin lebih besar daripada membeli gear…

    Pribadi: aku pakai Nikon D90 dan D300..D90 suka ringannya, D300 gripnya the best tapi kerasa pegel kalau sudah 30-60menit..D90 tonal lebih baik dari D300..

    Salam,

    Ito

  • Johannes June 7, 2011, 11:29 pm

    Saya minta tolong tanya dalam specs tercantum processor Nikon D5000 : Expeed & Canon 500D : Digic 4, mohon penjelasan fungsi & pengaruhnya, Terima kasih.

  • Newbie June 4, 2011, 4:37 am

    Pilih merek dan type apa ya buat Pemula denga Budget <7jta
    dilihat dari alat2 lainnya misal baterai,charger , Lensa yg kalau kita mau Upgrade MURAH …
    apakah canon , nikon ,sony ,olympus dll??
    mohon pencerahannya

  • kiki June 3, 2011, 1:06 pm

    Malam..sy sdg belajar fotografi, mau tanya nih mas, menurut mas enche bagus mana antara Camera Canon 550 D,60 D dan Nikon D 7000..terima kasih atas jawabannya 🙂

    • Enche June 3, 2011, 1:09 pm

      Yang paling baik adalah Nikon D7000, tapi Canon 60D juga merupakan kamera yang cukup baik, kelebihannya di lcd putar dan antar muka yang menurut saya lebih bagus. Coba saja di toko dan lihat yang mana yang paling pas dan disukai.

      Canon 550D itu juga kamera yang baik, untuk pemula yang menginginkan kamera yang mudah digunakan dan berukuran tidak terlalu besar.

  • Ratih June 3, 2011, 12:18 pm

    trimaksih banyak ya Mas Enche.., sekarang sedikit lega menentukan pilihan :D.., sukses selalu buat Mas Enche.

    Salam

  • Ratih June 3, 2011, 12:10 pm

    Mas Enche .., saya mau beli kamera tapi bingung milihnya , minta tolong rekomendasinya donk.., antara Nikon D300s & Nikon D7000 & Canon 7D mana yang hasilnya lebih baik dan paling memuaskan…,sebelumnya trimakasih banyak ya Mas Enche buat pencerahannya.

    Salam

    • Enche June 3, 2011, 12:14 pm

      Masing-masing ada plus minusnya.

      Dari segi kualitas foto, sepertinya Nikon D7000 paling unggul, disusul Canon 7D dan D300s
      Dari kualitas bodi kamera, Nikon D300s unggul disusul Canon 7D.
      Dari ukuran dan berat, D7000 paling kecil dan ringan, Canon 7D dan D300s hampir sama beratnya.
      Dari kecepatan dan kinerja auto fokus, D300s dan 7D imbang, disusul D7000.

      Untuk yang baru mulai fotografi, saya rekomendasikan Nikon D7000, kameranya tidak terlalu besar dan berat, tidak terlalu susah digunakan dibandingkan Canon 7D dan Nikon D300s, yang biasanya ditujukan oleh fotografer yang lebih berpengalaman.

  • gabriel June 2, 2011, 11:32 am

    mas enche.. saya ingin beli kamera antara 2 ini ; nikon d3100, canon 550d.. kira2 rekomendasi yang lebih bagus apa ya? terimakasih sebelumnya..

    • Enche June 2, 2011, 11:34 am

      Saya rekomen Canon 550D

  • leeeee June 1, 2011, 7:59 pm

    klok saya masih ngincer d3x kapan yach ..bisa digeghaman…

  • Baim Tan June 1, 2011, 10:25 am

    gue dah 3 kali ganti DSLR Nik dan Can,
    now gue pake D7K from Nikon … anda tidak akan nyesel, teman ! Trust me ! harga lagi turun tuch

  • arif May 31, 2011, 8:02 am

    saya sangat sepakat dengan saudara ady… saya salah satu orang yang tidak suka barang2nya harus sama dengan orang lain,

    awal ingin beli kamera dslr, dengan budget yg apa adanya saya rencanaya akan beli canon1000d, murah, dan tidak di ragukan lagi “Merek” nya. tapi setelah mendapat perbandingan dengan sony alpha 330 pada waktu itu, nah loh… kok canon nya sangat2 sederhana banget grip nya, karetnya mulusss banget. dan membandingkan dengan sony alpha 330, sangat2 jauh bedanya (padahal sama2 kamera pemula) dimana sony, gripnya lebih bagus, layarnya bisa di naik turunkan.

    tapi, diluaar itu, saya akhirnya memilih sony, karena sony masih sedikit yang punya… dan di kampusku mungkin hanya 2-3 yang punya kamera sony alpha. tapi justru itu yang buat saya bangga… hahahhahaa

    😀

  • kikie May 28, 2011, 9:26 pm

    Mas tolong pencerahannya dong ada rencana mau upgrade camera…skrng pake canon 1000D….budget 3jtan dpt baru syukur dpt second tp type yg mantaps gapapa…bs cocok jg untuk lensa 18-55,55-250 dan 50mm F/1.8…tolong sarannya yaa..baik nya ganti ke canon type apa biar upgradenya ga sia2…ditunggu sarannya yaa..thanks..

  • Nanang Suhendar May 28, 2011, 1:29 am

    Bos, terus terang ane baru mo coba2 belajar pake dslr, yg mo ane tanya gini, bagus Nikon D3100 apa D5000? dari model ane seneng yg D5000, mohon konfirmasi, trims ya.

    • Enche May 30, 2011, 10:38 am

      Hampir sama saya rasa, perbedaan utama terletak pada layar LCD yang bisa diputar atau tidak, dan sedikit perbedaan pada resolusi gambar.

  • Mario May 27, 2011, 2:44 am

    Bagaimana dengan kamera dslr nikon D5000??? apakah kualitasnya bagus?

    • Enche May 27, 2011, 8:20 am

      tergantung dibanding apa

  • ady May 26, 2011, 7:50 am

    menurut saya kalau anda memilih kamera bukan melihat teman anda memakai apa. cobalah berani tampil beda. karena semisalnya anda mempunya merek yang sama dengan teman pasti hasilnya juga tidak jauh dengan teman anda.

    contohnya :
    saya berada di teman” yang menggunakan merk nikon & canon. dan saya memberanikan membeli merk sony karena kualitas sony selain harganya cukup terjangkau bagi saya sony juga mempunyai kualitas foto yang bagus. saya membeli sony alpha a550. suatu saat teman” saya mengajak saya hunting foto untuk pameran foto hari kartini. mereka tertawa terbahak-bahak melihat kamera sony yang saya pakai. salah satu teman saya berkata “apaan tuh sony kaya merk mesin cuci aja”. sambil tertawa. saya pun menantang adu kamera antara sony a550 dan canon 60D punya teman saya. dan singkat cerita hasilnya keluar dan di pindah ke laptop tanpa edit dan hasilnya terlihat. dengan lensa yang sama 18-55 tetapi kamera berbeda hasilnya sony lebih unggul dari pada canon 60D. dan akhirnya teman saya itu meminta maaf atas kejadian saat itu.

    cerita di atas adalah kisah nyata saya saat saya ingin tampil berbeda dengan orang lain.

    jangan sekali” anda berfikir anda membeli kamera yang sama dengan teman agar bisa “pinjam” lensa punya teman. karena menurut saya jika anda meminjam lensa masih bersyukur lensa yang anda pinjam keadaannya masih utuh. namun jika rusak mau tidak mau anda harus mengganti lensa bekas itu dengan lensa baru yang anda beli di toko.

    maaf saya bukan bermaksud untuk menjelekan merk lain tetapi cobalah anda pilih kamera DSLR yang sesuai dengan kebutuhan dan uang saku anda.

    CATATAN :
    “pilihlah kamera yg berkualitas dan cocok dengan tangan, mata, hati anda”

    sekian & trimakasih

  • Om Gree May 21, 2011, 7:32 am

    kayaknya bakalan cocok nih sama NIKON, hehe

  • Dafie May 16, 2011, 11:43 am

    Pgn bgt punya kamera DSLR, tp budget minim. Kira-kira yg bagus u/ pemula yg msh “Amatir” tp pgn mahir macam saya itu kamera DSLR merk apa? Diantara pilihan ini, yg menurut anda bagus & cocok u/ saya ; Nikon D90, Canon 600D, Nikon D5100? Atau mgkn ada pilihan yg laen? Trims atas pencerahannya..

  • yayamaya May 16, 2011, 10:50 am

    jadii mending canon apa sony.??

  • albert May 14, 2011, 4:15 am

    Saya ngincar Canon Eos 60D… trlalu canggih dan terlalu mahal g buat Mahasiswa?

    • Enche May 14, 2011, 11:25 am

      Ga juga si, mahal gak mahal tergantung masing2

  • Nikko May 9, 2011, 2:05 am

    Kalau masalah membeli batere yang tdk original, apakah berpengaruh pada performance dan daya tahan kamera itu sendiri? Apakah beresiko merusak kamera dengan membeli batere yang tidak original dari Sony?
    Terima Kasih

  • jefri May 8, 2011, 11:31 am

    Koh, tanya lagiiii..Antara EOS 1100D dgn 500D bagusan mana ya koh?Harganya mirip2 nih.. Fiturnya jg mirip2 koh.
    Thx

    • Enche May 9, 2011, 2:09 am

      @jefri bagusan 500D

  • Nikko May 5, 2011, 1:43 am

    Saya dulunya cukup paham menggunakan kamera analog, tetapi di era digital saat ini saya belum pernah memaksimalkan fitur2nya dan kebanyakan hanya pakai kamera poket, mau nanya dikit, saya sangat tertarik untuk membeli kamera Sony Nex 5 dengan pertimbangan bisa menggantikan fungsi handycam, jadinya lebih hemat dibanding beli kamera biasa aja dan kualitas video yg kurang. Apakah pertimbangan saya sudah benar?
    Toko resmi Sony jual dgn harga Rp.8.550 jt, toko kamera yg garansi resmi Rp. 7.620 jt, kalau saya membeli di toko kamera yang jual barang BM, garansi toko setahun (tdk 2 th spt Sony) dengan harga Rp. 6.800jt (minus free SD Card 4GB) beresiko tidak ya?

    • Enche May 7, 2011, 2:20 pm

      Yang pasti kamera seperti Sony NEX tidak dioptimisasi untuk video, jadi gak bisa menggantikan fungsi handycam. Ada keterbatasan misalnya baterainya cepat habis, waktu rekam jauh lebih pendek dari handycam biasa. Soal membeli kamera di BM, nah itu memang resiko, maka dari itu harganya lebih murah. Tapi banyak juga memang yang mengakui kalau kualitasnya setara dengan asli. Tapi kalau kita lagi sial ya, mungkin ya bisa-bisa malah rugi.

  • IRwan May 4, 2011, 2:03 pm

    mas mau tanya … saya punya DSLR sony alpha A230 dengan lensa standart!!!…saya memang kadang minder …karena itu termasuk kamera low level ….
    tp saya ingin tau bagaimana cara pengaplikasian kamera saya ini…agar maksimal dan bisa powerfull dengan keterbatasannya…

  • Edo May 3, 2011, 6:47 am

    http://www.dxomark.com/index.php/Camera-Sensor/Compare/Compare-sensors/%28appareil1%29/664|0/%28appareil2%29/693|0/%28appareil3%29/645|0/%28onglet%29/0/%28brand%29/Nikon/%28brand2%29/Canon/%28brand3%29/Canon

  • crack May 3, 2011, 3:56 am

    kalo nikond3100 vs canon1100d bagusan yg mana yah mas?

  • Edo May 2, 2011, 11:39 am

    Kit 1 550D + lensa 18-55 IS
    Kit 2 550D + lensa 18-135 IS

    Harusnya lebih baik beli [ 550D + 18-55 IS (Kit 1) ] + 55-250 IS + 50 f/1.8 + 1flash + 1 trigger
    Kalau ada dana sekitar 10jt

  • Haryo May 2, 2011, 4:34 am

    Mas Enche.. saya baru mau beralih ke DSLR. Namun bbrp hari ini terus terang saya bingung untuk memilih kamera. Setelah saya banyak membaca dan membandingkan, dengan mempertimbangkan budget pilihan saya jatuh diantara Canon 600D dan 60D (memang cenderung untuk cari yg keluaran terakhir).
    Pertanyaannya sebagai pemakai yg benar2 pemula seperti saya, saya mohon advice dari mas Enche, mana yang kira2 lebih mudah untuk proses belajar diantara 2 type kamera tersebut? Selain itu menurut mas Enche dari sisi value (perbandingan harga dengan performance), mana yang lebih bagus diantara 2 kamera tersebut? Mohon pencerahannya mas.. terimakasih banyak…

    • Enche May 4, 2011, 4:47 am

      60D dikhususkan untuk yang memerlukan kecepatan/kinerja kamera tinggi, misalnya untuk foto kegiatan olahraga, satwa liar dll. Kalau 600D itu lebih pelan, tapi kualitas fotonya sama dan harganya lebih murah. Diatas kertas 60D lebih baik. Karena 600D masih baru, harganya masi tinggi, jadi kalau di liat, valuenya Canon 60D sekarang lebih tinggi.

      Tapi ada yang valuenya lebih mantap lagi, yaitu 550D, lebih murah 3 jutaan tapi tidak jauh beda dengan 600D, beda utamanya cuma layar LCDnya yang bisa diputar.

  • Enche May 2, 2011, 2:06 am

    Mantap ni ulasannya Edo 😀

  • Edo May 2, 2011, 1:54 am

    Canon mempunyai ketajaman outline yg lebih dibanding Nikon.
    Canon mempunyai keistimewaan di harga yg murah, itulah mengapa low class Canon tampak luar biasa. Tipe bagus pada Canon yaitu 550D, 60D dan 7D. Sedangkan kamera istimewa pada Canon justru terletak pada 5D Mk II, bukan pada 1D Class, karena justru 5D lah yg mengusung format full frame pada Canon.
    Nikon mempunyai keistimewaan kualitas barang yg sangat kuat, dan aku rasa Nikon sedikit lebih mampu memilah cahaya pada objek dibanding Canon.
    Tipe bagus pada Canon adalah D5100, D7000, D700, D3, D3x. Sedangkan tipe istimewa pada Nikon adalah D3s, karena kamera full frame ini mempunyai kekuatan iso terhebat diantara semua tipe dan kamera yg pernah ada hingga saat ini.

    Sedangkan untuk lensa:
    Canon memakai Fluorite Crystal Coat pada tipe L nya, yg kegunaannya adalah mempertajam gambar.
    Nikon memakai Nano Crystal Coat pada tipe G Nano Series, yg kegunaannya adalah mencegah terjadinya flare.

    Untuk Flash:
    Canon mempunyai 580ExII yg mempunyai GN yg besar, yaitu 58.
    GN besar berarti semakin terang.
    Nikon mempunyai SB900 yg mempunyai GN 48, tetapi lebih mempunyai banyak menu daripada 580ExII Canon.

    Maaf, untuk Merk lain saya kurang begitu paham, tetapi saran saya, jika ingin membeli kamera, perhatikan juga lensa dan flashnya.
    Cari juga kendala2 yg biasa ada pada fotografer dan kameranya juga.
    Karena toh hobby atau kebutuhan akan pekerjaan ini membutuhkan biaya yg besar, jadi harus benar2 di cek dengan teliti alat2 maupun juga tipe foto seperti apa sih yg kita inginkan.

  • Edo May 1, 2011, 11:37 pm

    Menurutku, yg benar2 dapat meredam noise lah yg menang, tentu dengan ketajaman dan dynamic range yg mumpuni.
    Sebab kita tidak akan bisa selalu memaksakan diri bekerja di iso rendah (100-400).
    Saya pribadi beberapa kali menggunakan iso 4000-5000 pada waktu malam hari, hal ini juga patut dipertimbangkan, yaitu mengenai sebebas apa kamera dapat berbicara.
    Noise memang bisa dihilangkan melalui proses pengeditan, tetapi dengan efek samping gambar menjadi sedikit pudar atau blur, tidak setajam file aslinya.

  • sophie April 30, 2011, 8:46 am

    pak enche saya mau nanya bedanya kit sama body di kamera Canon itu apa ? Dan jika saya beli kamera, kamera apa yang cocok untuk pemula dengan fungsi yang tidak kalah saing dengan kamera DSLR professional? Apa bedanya Canon 550d Kit1 dengan Canon 550d Kit 2? Thanks

    • Enche May 1, 2011, 10:10 pm

      Kamera yang cocok untuk pemula saya sarankan Canon 550D, maksudnya kit1 dan kit2 apa ya?

  • didi April 30, 2011, 5:47 am

    Thanks buat reviewnya, yang menurut gw agak sedikit memihak ya. Ini sedikit info yg gak bakalan penulis di atas cantumin karena , well, sdh di endorse ma merk lain sih penulisnya.

    Pentax sudah lebih dulu ada dr canon, dan pentax bukan pemain kecil ya. Pliss deeh mas cek lagi history pentax di internet ya !! anggota beatles dan ratu inggris saja sdh pake pentax dr dulu dan keluarga kerjaan kalo nyebut kamera bukan camera, tapi “pentax”. Dan range lensa nya banyak sekali. (plis cek lagi yaaaa) Keunikan nya lensa2 tua masih bisa d pake d body camera baru. Bahkan sekarang byk org pemakai merk lain mengejar2 lensa2 manual pentax yg sekon karena kualitasnya yg bagus tp harga miring. cek di kaskus. Kalo merk lain, ganti body ya ganti lensa. Sukur2 ada adapter mount nya. Cape deeehhh!!
    Beberapa camera2 pentax sudah memenangkan banyak penghargaan. Cek aja d internet. (Yg begini pasti gak bakal d infokan)

    Tapi kalo sdh bicara selera, ya no koment deh. kebetulan selera nya penulis ya satu merk itu.

    Cuma satu kelemahannya! Pentax kalah pasar aja sekarang. Ngiklan nya gak terlalu getol kayak merk lain. Jadi agak susah mencari asesories nya d indonesia. Tapi kalo kamu k singapore, thailand, apalagi philipina, lain cerita nya. Tapi kan skrg sdh ada toko online.

    boleh2 saja menonjolkan satu merk, tapi jangan merendahkan merk lain2 nya dong.

  • rian April 30, 2011, 3:34 am

    Makasih mas Enche…
    kayaknya 550D aja deh plus beli lensa 50/1,8
    trims penjelasannya..

  • rian April 29, 2011, 8:00 am

    Terimakasih Mas Enche. web yang sangat berguna bagi yang baru tertarik photographi seperti saya..
    mau bertanya sedikit nih Mas… saya berencana membeli kamera Canon tapi dengan budget cuma 7 – 8 jt … setelah searching2… diharga segitu didapat Canon 50D BO second ato 550D Kit … mendingan mana ya?
    mohon pencerahannya ?

    Terimakasih

    • Enche April 30, 2011, 1:49 am

      Keputusan yang lumayan sulit sih, ini tergantung dari kebutuhan juga, kalau sukanya foto hal-hal yang bergerak cepat, saya sarankan 50D, kalau banyakan yang tidak bergerak saya sarankan 550D, lebih hemat dan sudah dapat lensanya.

  • ciplek April 24, 2011, 8:23 pm

    cukup informatif… ijin share ke temen2 yang pengen beli kamera ya?? thanks…

  • gogo April 23, 2011, 10:36 pm

    1000D itu masih ready stock gak y??

    • Enche April 28, 2011, 12:12 am

      Tergantung tokonya si, mestinya masih ada karena 1100D baru keluar

  • fajar wahyu rosadi April 20, 2011, 11:47 pm

    gan aq minat untuk kursus nih gmna hubunginya ? trs kursusunya brp bulan bis ajdi foto grafer nih gan?tolong infonya kirim email ya gan??????trims

  • merry April 17, 2011, 1:18 pm

    Halo…
    Nama saya merry, saya rencana beli alpha 55, tapi kata teman saya lebih bagus Nikon D3100 dan atau Canon 550, emang gitu ya, tolong dong bantu agar aku ga salah beli…. Makasih ya

    • Enche April 28, 2011, 12:20 am

      Masing-masing ada keunggulan kekurangannya si Mer

  • history22education April 15, 2011, 1:38 am

    tanya nich..apa memang DSLR Olympus tuh g bisa menampilkan gambar pada monitornya sebelum di jepret. Cuman bisa ngelihat hasil jepretan pada monitor ?
    Kalo bisa tolong solusinya….makasih

    • Enche April 15, 2011, 12:14 pm

      Tergantung modelnya. Kalau modelnya lama punya mungkin ga bisa.

  • Calvin April 13, 2011, 6:49 am

    mo minta sarannya nih!!
    kalo canon 550D di bandingin sama Sony a550 , mending ambil yg mana ya ??
    ane masi pemula agan”… tolong masukkannya

    • Enche April 15, 2011, 12:27 pm

      Secara teoritis, Sony A550 itu kamera yang lebih bagus, secara di lapangan, komunitas Sony tidak begitu besar dan lensanya juga agak sulit di dapat. Pilihan yang sulit juga.

  • ito April 6, 2011, 5:00 am

    hmm..nice idea tapi kamera compact saya kadang merasa kurang cepat prosesing imagenya, delay next shoot terlalu lama..btw, makasih infonya..ntar coba cek review lainnya..

    salam

  • Enche April 6, 2011, 4:54 am

    Halo lagi Ito, saya malah suka pakai kamera saku kalau street photography sendiri gitu, jalan2 terus snap2 hehe..

    Ya memang bukan kamera saku biasa, yang saya pakai Ricoh GRD III.
    Lensanya 28mm f/1.9, warnanya hitam, bodinya dari magnesium alloy, sayangnya di Indonesia sulit sekali mencari kamera ini.

    Kenapa kamera saku ? karena ruang tajamnya luas banget, jadi salah fokus sedikit ga masalah, semua masih tajam. Kalau DSLR an salah fokus sedikit kesalahannya langsung terekspos.

    Selain itu juga tidak memancing perhatian kalau kita pake kamera saku. Kalau pake kamera DSLR kan dikirain profesional gitu, jadi kadang kita foto di daerah tertentu malah dihampiri satpam/polisi.

    Kembali lagi, semua berbalik pada masing2 orang. Kalau ada kesempatan harus coba beberapa kamera, sampai menemukan yang paling pas.

    Ohya sebenarnya kualitas foto mirrorless yang SONY NEX-5 itu sudah bagus sekali, setara dengan kebanyakan kamera DSLR di pasaran.

  • ito April 6, 2011, 4:38 am

    hmmm…satu lagi kekurangan mirrorless. Leica sendiri sudah pernah coba Dynamic rangenya luar biasa, tapi hasil sama saja selama tidak menggunakan lensa2 top class..mungkin ada rekomen kira2 kamera yg enak digunakan untuk street hunting tanpa menarik perhatian objek yg difoto…

    salam

  • ito April 6, 2011, 4:29 am

    Ijin koreksi dikit dan bantu jawab atas sepengetahuan saya ya..karena saya suka baca review kamera di dpreview, DXOMarks, CNET

    Izin koreksi ya Gan, banyak yang salah info tuh mungkin khilaf menyimpulkan. Antara lain;
    – DSLR punya sensor besar? ga salah tuh.
    (DSLR sensor lebih besar dari pada kamera 4/3, compact, handphone, dsb. DSLR Full Frame memiliki sensor setara kamera film. tapi bukan yang terbesar, karena masih ada kamera sekelas Hasselblad, Mamiya, Leica yang pengunaannya lebih khusus)

    – memiliki fungsi Manual dan Digital? maksudnya gimana Om? DSLR itu kependekan dari Digital Single Lense Reflex. Jelas-jelas digital ya, jadi bisa manual dalam artian gimana?
    (Manual dalam arti semua setting dikamera sampai pada fokus dilensa bisa dimanual, jadi jgn dikonotasikan ke manual kamera analog. banyak teman saya menggunakan kamera digital tapi lensa manual, karena mereka masih mencintai sistem analog)

    – Kamera DSLR punya fitur video hanya sebagai tambahan, jadi ga termasuk nilai plus untuk bersaing, lha wong kamera photo kan? bukan video?
    (setuju, saya sendiri sudah coba..video di DLSR cukup bagus, tapi masih banyak pekerjaan rumah buat produsen, terutama autofokus yg tidak bekerja)

    – kalimat “Ada beberapa keunikan di kamera-kamera Sony….” semua yang disebutkan kayaknya kayanya salah deh. Semua kamera DSLR punya fitur yang disebutkan, walau ‘penyebutannya’ berbeda2. Kalau mau disebut unik, justru ada di Olympus; misalnya a). 8 tahun yang lalu sudah memasukan fitur SSWF, suatu jenis pembersih debu otomatis dipermukaan sensornya. b). Pertama menggunakan sensor 4/3 yg berukuran kecil tapi ternyata menghasilkan image quality yg lebih bagus, sehingga akhirnya diikuti Leica, Panasonic, bahkan sekarang Carl Zeiss dan lainnya. c). Kamera DLSR tua Olympus sudah punya swivel monitor dan live view.
    (kurang setuju, saya sendiri juga sudah pernah pakai Olympus E3..Olympus memang cukup bagus di teknologi..tapi lowlight jgn harap banyak, sensor 4/3 tidak dapat sinar yg cukup banyak akibatnya shutter makin lambat, dan noise makin tinggi. tapi ke depan, naksir kembali ke 4/3 hanya untuk street fotografi, tapi untuk wedding tetap full frame yg terbaik.{kembali tergantung kebutuhan fotografi anda}. SONY Sweep Panorama, HDR merupakan fitur yg cukup bagus, dan NEX5 saya kagum, ISO 6400 no noise..bravo SONY. moga2 Nikon juga tertantang untuk kamera kecil dan noiseless.)

    – hati2 kalau bilang hasil “kualitas foto maksimal dari sensor 4:3 ini agak kurang terutama di ISO tinggi”, apa jadinya Canon 7D diadu ama Olympus E3 atau Leica M?
    (Kembali ke how image to be made, gambar di sensor terjadi karena banyaknya cahaya yang masuk ke sensor. jadi makin kecil lensa, makin kecil sensor pasti noise, nga ada ampun..jd jgn di adu 7D sama E3. beda kelas coba aja cek review tempat lain. satu lagi Olympus coba minta produksi 18-24MP tanpa memperbesar sensor..sampai botak juga tidak bisa, karena noise yg terjadi tidak karuan, Canon 7D sendiri sudah mengalami pembesaran sensor, coba bandingkan 50D dengan 7D..)

    Salam…

  • ito April 6, 2011, 4:01 am

    Nanya dikit..apakah sistem mirroless lebih boros baterai dibanding dengan DSLR?mengingat sistem mirroless menambah pemakaian baterai ke jendela bidik elektronik..

    buat bung Rizal, sepertinya salah artikan penggunaan kamera sama kursus fotografi..penggunaan kamera tidak perlu kursus, ada di manual book masing-masing kamera. kalau fotografi lebih ke arah technical, tata cara, proses untuk menghasilkan sebuah foto..

    review hanya sebuah informasi tambahan buat kita, bukan informasi mutlak yg ditelan mentah-mentah..terus terang saya pengguna Nikon..tapi saya suka Canon 7D dan 5D Mark II, Sony Nex5, Sony Alpha 900, Panasonic dan Olympus..masing-masing merek bukan yang terbaik, juga bukan yang terburuk..semua kembali ke “what u need?”, “where u need it?”, and “how to use it?”..

    semoga berkenan..

    • Enche April 6, 2011, 4:13 am

      Iya karena sistem mirrorless sangat tergantung dengan layar LCD baik (jendela bidik maupun bukan), maka konsumsi tenaganya lebih besar dibandingkan kamera DSLR. Selain itu, diperparah dengan sebagian besar batere kamera mirrorless yang ukurannya lebih kecil dan kapasitasnya juga lebih kecil untuk menyesuaikan dengan badan kamera. Yang pasti kalau ada kegiatan foto-foto yang cukup intensif 1 hari itu, minimal memerlukan satu atau dua batere tambahan.

  • deliana April 2, 2011, 3:12 am

    Mas Enche,,, mo tanya lebih bagus mana kamera dengan mirror less system kyk sony Nex5 dengan DSLR biasa seperti Canon 550D,dll…secara fungsi, menu, hasil dan ergonomisnya…thanks

    • Enche April 2, 2011, 3:51 am

      Perbedaan utama sistem mirrorless adalah tidak ada cermin di dalam kamera, jadi tidak ada jendela bidik dimana kita bisa lihat apa yang akan diambil langsung dari lensa. Tapi apa yang kita pakai adalah LCD ataupun jendela bidik elektronik (tampilannya seperti di LCD).

      Karena tidak ada cermin, dan jendela bidik, maka ukuran sistem mirrorless jauh lebih kecil (tapi tetap lebih besar dari kamera saku). Itulah salah satu keunggulannya, yaitu ukuran yang lebih kecil.

      Sistem mirrorless bisa dibilang cukup baru, jadi koleksi lensa dan aksesorisnya masih sedikit, jadi tidak sefleksibel sistem kamera DSLR yang sudah ada. Kecepatan auto fokusnya juga tidak seakurat kamera DSLR, tapi kualitas fotonya setara atau mirip dengan kamera DSLR.

      Secara antar muka, ini berpulang kepada fotografernya masing2. Kalau yang hanya mengunakan mode full Auto, maka antar muka sistem mirrorless yang kebanyakan simple tidak masalah, tapi kalau untuk fotografer berpengalaman yang membutuhkan ganti setting dengan cepat, maka kurang memadai.

      Secara ergonomis, kamera mirrorless yang kecil cocoknya kalau kita pakai lensa kecil yang ga bisa zoom, kalau kita pakai lensa zoom, terutama yang agak panjang, maka ergonomisnya ga gitu baik karena bobotnya berat di depan.

      Intinya adalah, kalau ukuran penting bagi Deliana, sistem mirrorless adalah suatu pilihan yang baik, tapi kalau kecepatan dan keakuratan auto fokus, kelengkapan lensa dan aksesoris yang dicari, maka sistem kamera DSLR masih unggul.

  • novtrian March 31, 2011, 11:12 pm

    Artikel dari para pengguna yang fanatik atau yang hanya memakai kamera yang biasa mereka pakai tidak bisa dijadikan acuan untuk mempertimbangkan kualitas semua kamera.
    Apalagi membandingkan kamera yang tidak sebanding.
    Bandingkanlah dengan kamera dan lensa yang sebanding, dan objek serta pencahaan yang sama. Apple to apple!

    Penulis artikel ini sepertinya hanya membandingkan kamera dari BENTUK FISIK saja. Grip? Susunan tombol? Bahan? Swivel LCD?
    Anda membandingkan kamera atau membandingkan hasil dari kamera itu sendiri?

    • Enche March 31, 2011, 11:42 pm

      Bentuk fisik dan antar muka, termasuk bagian kamera, menurut pengalaman saya, cukup menentukan dalam memotret di lapangan. Misalnya bila kameranya gak ada tombol ISO, maka kita harus masuk ke menu dan itu akan makan banyak waktu.

  • jay sonjaya March 28, 2011, 1:54 am

    bagi saya yang terbaik adalah SONY di padukan dengan lensa2 lawas MINOLTA
    Fitur yang di miliki oleh kamera semi pro milik merk lain SONY memberikan fitur tersebut di kamera2 entry levelnya selain itu dengan steady shoot di body sony tidak memerlukan lgi lensa2 yang memiliki image stabilizer atau VR.
    thanks.. 🙂
    Proud be Alpharian

  • Enche March 9, 2011, 11:42 pm

    Salam kenal juga, sukses dengan fotografinya

  • Rizal Alqadri March 9, 2011, 11:34 pm

    Btw,banyak manfaat dr pembicaraan ini,dan senang bisa mengenal anda

  • Rizal Alqadri March 9, 2011, 11:33 pm

    dan bukan guru yang bijak untuk menjelaskan..

  • Enche March 9, 2011, 11:30 pm

    Bapak berhak berpendapat demikian

  • Rizal Alqadri March 9, 2011, 11:24 pm

    reivew yang tidak jelas berdasar pengalaman pribadi ying tidak bisa pakai semua sistem kamera..

  • Enche March 9, 2011, 11:18 pm

    bagian mana yang bertentangan ya? Sepertinya masih ada salah paham

    Mungkin saya perlu jelaskan kembali dengan kata-kata lain.

    Di kursus fotografi yang saya adakan, saya mengajarkan teknik dasar fotografi secara umum. Dengan demikian, peserta yang menguasai teknik dasar fotografi akan bisa memaksimalkan hasil di kamera manapun.

    Kalau yang saya ajarkan mengunakan 1 merek atau 1 model kamera saja, seperti Nikon D90 atau Olympus E-620 saja, maka yang terjadi adalah saat peserta tersebut memakai kamera lain / upgrade atau ganti kamera, maka peserta tersebut bisa bingung dan harus belajar lagi.

    Kalau dikaitkan dengan tulisan diatas, setiap sistem/model kamera memiliki variasi-variasi dan ada kekurangan kelebihannya sendiri-sendiri. Setiap alat ada keterbatasan tertentu, ini penting untuk diketahui supaya tidak salah pilih. Dan bila sudah memiliki kamera, kita bisa memaksimalkannya dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan merek/model kamera tersebut.

    Intinya adalah, kita diharapkan bisa memaksimalkan hasil foto berdasarkan boundary (keterbatasan) alat fotografi (kamera, lensa) kita.

  • Rizal Alqadri March 9, 2011, 10:38 pm

    “Belajar teknik dasar fotografi dengan kamera DSLR merek apapun bisa.

    Seperti yang saya utarakan sebelumnya, Kalau menguasai teknik dasar fotografi, kita bisa memaksimalkan hasil foto dengan kamera apapun.”

    Sangat bertenytangan dengan pernyataan mas sendiri:

    “Kalau pendapat bapak artikelnya bukan membandingkan tapi merendahkan itu gak masalah. Saya berusaha menulis sejujurnya.

    Kalau nanti ada kesempatan bapak bisa cek apakah benar apa yang tulis diatas. Tentunya dengan mencoba berbagai sistem kamera.”

  • Enche March 9, 2011, 9:14 pm

    Belajar teknik dasar fotografi dengan kamera DSLR merek apapun bisa.

    Seperti yang saya utarakan sebelumnya, Kalau menguasai teknik dasar fotografi, kita bisa memaksimalkan hasil foto dengan kamera apapun.

  • Rizal alqadri March 9, 2011, 8:41 pm

    Dan saya, mungkin juga pembaca yang lain yang punya kamera tapi yang bukan biasa mas pakai (masnya tak bisa pakai) atau mas unggulkan akan berpendapat sama,ngapain ngabisin uang kursus dengan mas,tapi hasilnya gak maksimal trus kamera yang dipermasalahkan..

  • Rizal alqadri March 9, 2011, 8:18 pm

    Mgkn saya tdk seberuntung mas yg bs coba semua jns kamera (cb kamera murid2nya ya?)
    Cm sampai sekarang saya berharap mendapat pelajaran dr berbagai tulisan tentang cara memaksimalkan kamera bkn dr merk.berhubung mas sebagai pengajar,saya brhrpnya jg bgt.bkn mereview kamera dgn pengalaman pribadi.lain hal kalo emang mas di sponsorin brand tertentu.ingat,mas itu pengajar.harusnya sdh siap menghadapi berbagai sistem kamera. .

  • Enche March 9, 2011, 12:50 pm

    Kalau pendapat bapak artikelnya bukan membandingkan tapi merendahkan itu gak masalah. Saya berusaha menulis sejujurnya.

    Kalau nanti ada kesempatan bapak bisa cek apakah benar apa yang tulis diatas. Tentunya dengan mencoba berbagai sistem kamera.

  • Rizal alqadri March 9, 2011, 12:45 pm

    membandingkan atau merendahkan dan meunggulkan??

  • Enche March 9, 2011, 12:42 pm

    Iya itu kamera bagus, tinggal mengoptimalkanya.

  • Enche March 9, 2011, 12:41 pm

    Bapak salah paham berarti, tulisan ini membandingkan sistem dan jenis kamera yang ada di pasaran, bukan menyalahkannya.

  • Rizal alqadri March 9, 2011, 12:40 pm

    seperti saya yang menyalahkan nikon d90,padahal sayanya aja blm bener motretnya.. 😛

  • Rizal alqadri March 9, 2011, 12:38 pm

    Yang menyalahkan alat review anda

  • Enche March 9, 2011, 12:36 pm

    hehe iya itu trendnya pak. Jadi kalau udah memahami dan menguasai teknik dasar fotografi, memang kamera apapun kita bisa gunakan seoptimal mungkin. Mudah2an yang menyalahkan alat, itu makin berkurang.

  • Rizal alqadri March 9, 2011, 12:33 pm

    takutnya kelar belajar hasil blm bgs kamera yg disalahkan .. dibilang emang kameranya cuma diatas dikit sama kamera saku,jd gak bs dpt hasil maksimal..

  • Enche March 9, 2011, 12:29 pm

    Di kursus kilat fotografi yang saya adakan membahas tentang teknik dasar fotografi. Jadi memang semua kalangan bisa ikut juga ga peduli apakah pakai merek /sistem apa, dan kamera yang pemula atau yang canggih. Ada variasi2 antar kamera dan sistem, tapi dasar fotografinya tetap sama.

  • Rizal alqadri March 9, 2011, 12:20 pm

    Menurut saya lagi,lebih bijak mas mereview bagaimana mengambil gambar yang baik dengan berbagai macam kamera yang mas sbt diatas,dari pada mereview kelebihan dan kekurangannya.
    Saya yakin kalau ada yang mau ikut les foto pasti dari berbagai kalangan,dan berbagai jenis kamera yg sesuai dengan tingkat ekonomi dan kebutuhannya..

Leave a Comment