≡ Menu

Fuji X-A10 vs Canon EOS M10, duel kamera selfie murah meriah

Segmen kamera selfie murah meriah mungkin luput dari atensi kita, apalagi saat banyaknya pengumuman kamera baru yang harganya selangit. Padahal segmen ini cukup disukai baik untuk pemula, penyuka selfie atau seorang vlogger, atau untuk yang sensitif harga. Disini saya sajikan dua kamera mirrorless yaitu Canon EOS M10 yang lebih duluan hadir, serta penantangnya yaitu Fuji X-A10. Keduanya tentu dengan fasilitas layar yang bisa dilipat ke depan untuk potret diri sendiri 🙂

fuji-vs-canon

Kedua kamera ini punya banyak kesamaan. Dari namanya, sama-sama pakai angka 10, kebetulan? Lalu dilihat dari ukuran fisik, ukuran sensor (APS-C), harganya pun hampir sama, dan juga uniknya (sayangnya) sama-sama tidak menyediakan dudukan lampu kilat / flash hot shoe. Bahkan kalau dilihat dari alasan kenapa mesti ada produk ini, sepertinya ada kesamaan latar belakang juga. Canon EOS M10 adalah versi basic dari EOS M3 (untuk fotografer saya selalu sarankan pilih EOS M3 saja karena selisih harganya sedikit) sementara Fuji X-A10 juga merupakan versi basic dari X-A2 atau X-A3 (sama seperti diatas, saya lebih menyarankan X-A3 untuk mendukung hobi fotografi yang lebih serius). Okelah, anda mungkin heran kenapa EOS M3 dan Fuji X-A3 yang nota bene adalah kamera kelas pemula masih perlu dibuatkan produk dengan kelas dibawahnya lagi? Ini tentu karena persaingan dan upaya meraih banyak pembeli, sama seperti mengapa di Nikon ada D5000 series dan D3000 series, atau di Canon ada EOS 700D series dan EOS 1000D series.

fuji-vs-canon2

Kedua kamera ini dirancang dengan konsep desain yang sederhana, berbahan plastik yang ringan, tidak begitu banyak tombol atau tuas kendali yang membuat bingung para pemula. Tapi hebatnya, keduanya punya dua roda yang berfungsi untuk mengganti setting dengan lebih cepat, satu roda di bagian atas dan satu roda di belakang. Hanya saja khusus di EOS M10 tidak menyediakan roda mode fisik (lihat perbandingan di atas), jadi misal mau pindah mode dari mode A ke mode M jadi bakal agak lama karena mesti sentuh layar. Tapi pengguna kamera di segmen ini mungkin juga akan jarang pakai mode M dan lebih terbantu oleh mode otomatis yang ada. Kelemahan utama Fuji X-A10 boleh jadi adalah tidak adanya layar sentuh, mungkin untuk menekan ongkos produksi. Tapi sebagai kamera kekinian, keduanya tentu sudah menyediakan fitur video HD untuk penyuka Vlog dan fitur WiFi supaya penggunanya bisa segera berbagi foto di dumay (dunia maya).

fuji-vs-canon3

Dari keduanya, saya tidak melihat satu lebih unggul dari lainnya. Disini EOS M10 sebagai yang lebih dulu hadir punya beberapa keunggulan seperti :

  • megapiksel lebih banyak (18 MP vs 16 MP)
  • layar sentuh
  • phase detect AF pada sensornya (walau hanya yang versi Hybrid CMOS II)
  • creative assist (membantu pemula mengedit di kamera)
  • bisa pasang lensa Canon DSLR bila pakai adapter
  • harga lebih terjangkau (5 jutaan)

Tapi Fuji yang hadir belakangan tentu sudah mempelajari kekuatan lawan, maka itu Fuji X-A10 hadir dengan berbagai kelebihan yang membantu diantaranya :

  • masih ada roda mode PASM
  • ada electronic shutter up to 1/32.000 detik
  • shoot kontinu lebih cepat (6fps vs 4.6fps)
  • Classic chrome film simulation khas Fuji
  • otomatis masuk ke mode Eye AF saat layar dilipat selfie
  • bisa di cas via USB

Dari uraian diatas semakin jelas kenapa tidak ada pemenang nya, tapi bila memang anda mencari kamera mirrorless paling basic, terjangkau, bisa selfie dan tentunya memberi hasil foto yang sebaik DSLR, maka baik Canon EOS M10 maupun Fuji X-A10 ini layak dipertimbangkan. Anda sendiri suka yang mana?


Info : kami secara rutin menggelar agenda Kupas Tuntas Kamera Digital, ikuti untuk lebih mengenal kamera dan settingnya.

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 19 comments… add one }
  • Ari September 17, 2018, 11:31 am

    Untuk kualitas video antara X-A10 sama M10 bagusan mana???

  • Dhina April 29, 2018, 11:16 pm

    Mas mau nanya, sebenarnya yg lebih cocok buat fotografi yg mana? Saya terbiasa pakai cannon 550D skrg mau ganti ke mirror less.

  • Anasthasia Adila October 10, 2017, 7:26 pm

    Minta saran mas.. klo utk pengambilan hasil makeup bagusan canon m10 atau X-A10 ya? Terimakasih..

  • Vio dira August 30, 2017, 10:13 pm

    Mas mau tanya nih, fuji xa-10 sama cannon eos m3 lebih prefer kemana? Penggunaan untuk foto outfit gitu

  • Bulb mode August 23, 2017, 8:55 pm

    Ko pembahasannya masih kurang untuk eos m10, menurutku fitur bulb mode perlu dibahas juga. Untuk canon eos m10 tidak memberikan fitur bulb mode, menurutku ini perlu jadi bahan pertimbangan bagi calon membeli eos m10, saya sendiri kecewa kenapa tidak ada fitur bulb. Thanks

  • Firdan August 19, 2017, 7:27 pm

    Canon m10 sama nikon j1 prefer yang mana bos

  • Yayat July 22, 2017, 9:06 pm

    Bang, klo canonnya untuk foto orang, bisa nggak dicetak untuk seukuran baliho tinggi 6 mtr x 3 mtr. Makasih sebelumnya.

    • Enche Tjin July 25, 2017, 10:11 am

      Bisa saja, kalau dilihat dari jauh bagus, dari dekat ya kotak2. 😀

  • Arga July 4, 2017, 11:43 pm

    Mas erwin..kalo fuji xm1 sm fuji xa10 lebih prefer kemana mas?terimakasih

  • agung December 26, 2016, 2:09 am

    mas mau tanya kalau untuk kamera pocket layar sentuh itu apakah sudah dipastikan dapat diatur fokusnya sesuai dengan yg kita sentuh(layaknya smartphone?)
    rekomendasinya dong mas kamera pocket layar sentuh yg bersahabat harganya tapi mantap hasilnya
    #maaf masih pemula mas

    • Enche Tjin December 26, 2016, 6:47 pm

      Iya benar. Banyak juga, diantaranya Canon G7X mk II.

  • Indah NIS December 16, 2016, 8:00 pm

    ko, mau tanya nih.. kamera mirrorless yg bagus buat motret buat katalog onlineshop apa yah? yg skiranya wrnanya g brubah trlalu mencolok.. budget saya skitar 6jt.. kira” karo pake canon m10 bagus gak yah? mohon rekomendasinya hehe

  • Syahirli December 9, 2016, 6:46 pm

    minta sarannya Mas,,
    Saya punya Nikon D5300, lensa kit afs 18-55, tele afs 50-200 dan afd 50

    kira2 kalau mau upgrade yg mana dulu Mas? kamera atau tambah lensa? kalau kamera baiknya nikon ap?

    Terima kasih Mas

  • Anto December 9, 2016, 2:14 pm

    Maaf tanya di luar topik mas..saya beberapa kali motret dgn 2 body camera biasanya cm pake strap bawaan kamera tp kurang nyaman & sering kehilangan moment, ada rekomendasi saya hrs pake strap yg bagaimana dan beli di mana? Atau alternatif selain strap apa?
    Terimakasih.

Leave a Comment