≡ Menu

Berita terbaru tentang sistem mirrorless full-frame Lumix S

Hari ini ada beberapa berita menarik untuk pengguna atau calon pengguna kamera Lumix full frame. Pertama adalah hadirnya lensa Lumix S 85mm f/1.8 (tentunya dengan L-mount) yang memiliki 9 bilah diafragma, 9 elemen dalam 8 grup, ring filter 67mm, panjang 8 cm dan beratnya 350 gram. Lensa seharga $600 yang memiliki bahan magnesium-alloy ini diklaim sudah dust/splash resistance yang membuatnya lebih bisa diandalkan di outdoor.

Berita lain adalah tentang update firmware yang akan dirilis 24 November 2020 yang akan membawa banyak peningkatan fitur khususnya dalam perekaman video, misal nantinya kamera Lumix S tipe apapun bisa rekam video vertikal. Dalam sisi fotografi, peningkatan fitur auto fokus DFD dan penambahan Photo Style juga didapat dengan update firmware.

Untuk Lumix S1R dengan firmware V1.6 kini akan bisa rekam 5K 10 bit 4:2:0 (4992×3744 piksel) dan juga bisa rekam 10 bit HLG 4:2:2 via HDMI. Di jajaran Photo Style Lumix S1R akan mendapat pilihan Like 2100 HLG yang mendukung rekaman video 10 bit. Lumix S1 di masa depan (2021) juga akan bisa rekam video 5.9K C4K internal, atau 4K60p 4:2:0 10bit.

Untuk Lumix S5 seperti yang telah dijanjikan saat peluncuran, dengan update firmware V2.0 ini akan bisa merekam DCI ‘Cinema 4K’ (4096×2160 piksel, lebih lebar dari UHD biasa) dan bisa rekam 5.9K RAW video via HDMI. Pada Lumix S5 juga akhirnya mendapat Vectorscope dan Master Pedestal level. Untuk photo style-nya, Lumix S5 mendapat tambahan L.ClassicNeo dan L.Monochrome S. Dengan update ini maka Lumix S5 semakin menjadi kamera hybrid yang oke untuk foto dan video, dengan harga kamera yang relatif terjangkau.

Update firmware ini juga meliputi penyempurnaan teknologi auto fokus DFD yang akan terasa saat memotret atau rekam video, dengan algoritma pengenalan subyek yang lebih baik meski subyek bergerak cepat, khususnya bagi tipe S1 dan S1R. Menarik sekali dan kita tunggu perkembangan berita lain dari Lumix seperti penambahan lensa baru lainnya.

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment