≡ Menu

Zeiss ZX1 vs Pentax K3 III : Pertarungan kamera futuristik vs klasik

Sebulan belakangan ini, ada berita menarik dari dua perusahaan yang tidak asing lagi bagi yang mengikuti perkembangan dunia fotografi dari era film ke digital SLR. Kedua perusahaan ini termasuk yang telat beradaptasi ke digital apalagi ke era mirrorless. Tapi tidak seperti banyak merk yang sudah tidak aktif dalam membuat kamera dan lensa seperti Kodak, Rollei, KonicaMinolta dst, Zeiss dan Pentax masih membuat kamera dan lensa meskipun tidak seaktif merk yang lain.

Zeiss ZX1

Kamera dari Zeiss bukan sesuatu yang mengagetkan karena kamera Zeiss ZX1 sudah diumumkan di Photokina 2018, tepat dua tahun lalu. Kamera ini memiliki desain yang tidak biasa, yaitu mengandalkan layar 4.3 inci untuk foto dan juga editing. Di dalamnya sudah terinstall Lightroom Mobile dengan sistem operasi yang sepertinya berbasis Android dan uniknya tidak memiliki slot untuk memory card tapi punya 512GB SSD di dalam kameranya.

Di lain pihak Pentax K3 III cukup mudah ditebak karena memiliki desain dan fitur yang tidak jauh berbeda dari K3 sebelumnya. APS-C dengan K-mount. Daripada membuat kamera mirrorless seperti hampir semua merk-merk populer, Pentax memilih tetap membuat DSLR tapi dengan beberapa peningkatan dibidang desain seperti jendela bidik yang lebih besar, desain body yang lebih ergonomik, sensor yang lebih baru (26MP).

Menurut saya kedua jenis kamera ini akan sulit diterima masyarakat penggemar fotografi dan videografi tapi mungkin akan menarik bagi sebagian kecil fotografer. Zeiss ZX1 mungkin menarik bagi yang suka desain kamera dengan pengoperasian yang berbeda, perpaduan antara kamera film dan smartphone (dengan dial shutter dan aperture di lensa dengan layar besar). Di lain pihak, Pentax K3 III mungkin hanya menarik bagi loyalist Pentax, yang memiliki banyak lensa Pentax dari era film sampai era DSLR.

Saya tidak meragukan kemampuan kedua kamera ini menghasilkan gambar yang bagus, hanya saja desainnya terasa tidak cocok untuk saat ini. Tapi mudah-mudahan Infofotografi mendapatkan kesempatan untuk menguji kedua kamera ini di masa depan.

Saksikan juga livestream saya membahas kedua kamera dengan contoh fotonya.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment