≡ Menu

Kamera baru yg Terbaik dan Worth it 2021

Tahun 2021 dunia masih mengalami pandemi, banyak produksi dan pengumuman kamera baru tertunda, tapi syukurlah masih banyak kamera baru yang sangat canggih yang diluncurkan di tahun ini. Melalui pertimbangan yang mendalam kami memilih beberapa kamera yang terbaik tahun ini.

Sony Alpha One (Sony A1) – Harga Rp 92 juta

Kamera yang diumumkan di awal tahun, tepatnya tgl 26 Januari 2021 ini mengejutkan karena memiliki spesifikasi yang sangat seimbang dari kinerja, resolusi dan ukuran yang relatif compact dan ringan (737gram). Kamera ini memiliki teknologi stacked sensor, memungkinkan kecepatan autofokus dan foto berturut-turut yang sangat cepat, sampai dengan 30 foto per detik dengan elektronic shutter, dan 10 foto perdetik dengan mechanical shutter. Di ranah video, A1 mampu merekam video 8K 30p dan 4K 120p, membuat Sony A1 ini kamera yang terbaik untuk berbagai aplikasi jenis foto dan video.

Shooting Experience Fujifilm GFX100S

Fujifilm GFX100S – Harga Rp 93 juta

Ukuran yang compact menjadi kunci kesuksesan kamera mirrorless masa kini, dan Fujifilm berhasil membuat kamera dengan sensor medium format (lebih besar dari full frame) beresolusi tinggi (100MP) dalam ukuran dan berat (920g). Ergonomi dan ukurannya seperti kamera DSLR yang merupakan nilai plus bagi yang menyenangi kendali kamera profesional. Tidak seperti kamera medium format yang terkenal besar, berat dan lamban, GFX100S ini memiliki sistem autofokus yang cepat dan termasuk relatif terjangkau dibandingkan dengan kamera bersensor sama pada umumnya.

Pembahasan Sony A1 dan Fujifilm GFX100S
Shooting Experience Fujifilm GFX100S

Sony A7 IV – Harga Rp 36 juta

Kamera Sony A7 biasanya dirancang khusus untuk kamera hybrid, bagus untuk foto maupun video dengan harga yang relatif terjangkau dibandingkan dengan seri A7 yang lain seperti A7R, A7S. A7 IV ini ada peningkatan dalam resolusi gambar 33MP, video 4K 60p 10-bit dan sistem autofokus yang lebih baik dari generasi sebelumnya (A7III). Meskipun tidak lebih unggul dari A7SIII atau A7RIV dari kemampuan foto dan videonya, A7 IV dirilis dengan harga yang lebih murah, menjadikannya ideal untuk fotografer dan videografer menginginkan kamera hybrid yang fiturnya kekinian.

Pembahasan fitur A7 IV

Pentax K3 III – Harga Rp 30 juta

Pentax K3 III adalah satu-satunya kamera DSLR baru yang dirilis 2021 ini. Dibandingkan pendahulunya K3 III memberikan peningkatan yang signifikan seperti jendela bidik yang lebih luas dan terang, sistem autofokus yang lebih baik dan kualitas gambar yang didukung image sensor APS-C terbaru 25.7 MP. Seperti pendahulunya, K3 III memiliki body yang weathersealingnya sangat baik dan karena tetap mengunakan K-mount memastikan semua lensa-lensa Pentax K-mount bisa dipasang dan digunakan langsung di kamera ini.

Review Pentax K3 III

Kamera baru terjangkau tahun ini

Kamera terbaik diatas memang canggih, tapi dengan harga yang premium, mungkin hanya beberapa orang saja yang sanggup mendapatkannya. Di tahun 2021 ini juga ada dua kamera yang menurut kami memiliki harga yang relatif terjangkau, diantaranya:

Sony ZV-E10 + lensa 16-50mm – Harga Rp 11 juta

Sony ZV-E10 kamera yang dirancang untuk content creator masa kini yang membutuhkan kamera yang ringkas dengan kemampuan merekam video yang baik. ZV-E10 kami nilai terjangkau karena secara spesifikasi mirip dengan Sony A6400 yang dijual dengan harga yang lebih mahal. A6400 punya jendela bidik, tapi ZV-E10 punya layar yang bisa diputar dan built-in mic tiga arah yang membantu untuk merekam video.

Fujifilm GFX50S II – Harga Rp 63 juta

Fujifilm GFX50S II memiliki fisik yang sama persis dengan GFX100S termasuk memiliki built-in stabilization. Perbedaan utamanya yaitu sensornya 50MP dibandingkan 100MP. Yang menarik dari GFX50S ini adalah harganya yang paling murah dibandingkan dengan kamera medium format yang lain.

Kami bersyukur bahwa di tahun-tahun pandemi masih ada kamera-kamera yang keren. Mudah-mudahan di tahun 2022 pabrikan kamera lebih berinovasi lagi untuk membuat kualitas kamera yang bagus.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment